Seri Belajar Foto Pernikahan: Tips Pengaturan cahaya yang baik

Seri Belajar Foto Pernikahan: Tips Pengaturan cahaya yang baik

Seri Belajar Foto Pernikahan

Photography berasal dari bahasa Latin yaitu Photos dan Grafo, yang artinya melukis dengan cahaya. Maka dalam Photography tentu Cahaya menjadi unsur utama yang menentukan hasil akhirnya, tak terkecuali dalam Foto Pernikahan. Beberapa contoh Foto Pernikahan yang baik terlihat dari perngaturan cahaya yang sempurna, penggabungan komposisi dan tehnik menangkap cahaya yang maksimal. Ada beberapa cara yang dapat di lakukan untuk mendapatkan Foto Pernikahan yang baik, dengan pengaturan cahaya yang maksimal.

Maksimalkan Alat bantu Tripod untuk Intensitas Cahaya alami yang rendah dalam Foto pernikahan.

Dalam beberapa contoh Foto Pernikahan, kita mendapati lokasi yang minim akan cahaya alami. Dalam situasi ini para fotografer tentu tidak bisa menggunakan pengaturan shutter speed pada kamera dengan cepat, dengan Tripot akan banyak membatu anda untuk mendapatkan foto dengan pencahayaan yang baik tanpa harus takut gambar yang shakeing atau goyang. Pastikan anda mengatur bukaan rana terbesar pada kamera dan lensa, atur speed agar mendapatkan cahaya yang sesuai dengan yang di inginkan. Lalu maksimalkan pengaturan tersebut dengan posisi yang statis dengan bantuan Tripod sebagai peyangga kamera.

foto pernikahan

Atur ISO dan Aperture dengan baik untuk pengaturan Cahaya dalam Foto Pernikahan

Aperture adalah pengaturan besar kecilnya bukaan pada rana yang menjadi jalan keluar masuknya cahaya kedalam kamera. Semakin besar bukaan pada rana akan semakin banyak cahaya yang masuk, namun ruang focus pada gambar akan semakin sempit. Gunakan F1.8, F2.8, Atau F3.8 untuk pengaturan cahaya yang baik dalam Foto pernikahan. Dalam pengaturan kamera DSLR, ISO sangat membatu untuk menambah itensitas cahaya yang masuk kedalam gambar. Pengaturan ISO semakin tinggi angka maka semakin terang gambar yang di hasilkan, kekurangannya adalah detil pada gambar berkurang dan noise yang di hasilkan akan terlihat. Pada Foto pernikahan, utamakan gambar yang baik dengan cahaya yang cukup. Atur ISO dengan angka 800 – 1600, cahaya yang masuk cukup baik dan Noise tidak terlalu terlihat. Namun gunakan pengaturan ISO tinggi hanya dalam keadaann yang mengharuskan, karna Detil gambar juga bagian penting dalam Foto pernikahan.

foto pernikahan

Pengaturan Cahaya pada Foto Pernikahan dengan cahaya Alami, hanya bergantung pada 3 aspek yaitu Kecepatan Rana, Bukaan Rana, dan ISO. Setiap aspek memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, maka disarankan pelajari dengan baik mengenai kekuranganya dan aplikasikan pada setiap pengaturan cahaya dalam foto pernikahan yang akan anda hasilkan. [Ra]

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait: