Seri bealajar fotografi : Pengertian Lengkap Tentang Shutter Speed dan Fungsinya

Seri bealajar fotografi : Pengertian Lengkap Tentang Shutter Speed dan Fungsinya

Seri bealajar fotografi : Pengertian Lengkap Tentang Shutter Speed dan Fungsinya

Ada banyak istilah yang harus sobat pahami untuk menjadi seorang fotografer profesional. Diantara banyak istilah tersebut ada beberapa istilah yang memang benar-benar sobat harus pahami, salah satunya adalah pengertian dan fungsi dari Shutter Speed. Shutter Speed wajib dipahami bagi kalian calaon fotografi profesional karena shutter speed ini masuk kedalam segitiga emas fotografi yang sangat berpengaruh terhadap hasil foto yang kita lakukan.

Mengenal Pengertian Shutter Speed

Apabila didefinisikan shutter Speed/ kecepatan rana adalah jeda waktu yang dibutuhkan ketika shutter yang ada dikamera sobat terbuka. Lebih jelasnya lagi adalah waktu dimana http://alienco.net/seri-belajar-fotografi-mengenal-lebih-dekat-iso/ yang ada dikamera kita melihat objek yang akan di foto. Terdapat banyak fungsi dari Shutter Speed ini, bagus tidaknya hasil foto yang kita lakukan akan dipengaruhi juga oleh settingan Shutter Speed yang kita lakukan pada kamera kita. Shutter Speed dalam kamera kita ditandai dengan angka 1/2 , 1/10, 1/100, dst.

Fungsi Yang Dapat Dilakukan Oleh Shutter Speed

Adapun fungsi Shutter Speed dalam sebuah kamera DSLR adalah:

  1. Menggelapkan dan Menerangkan

Untuk menggelapkan maka sobat dapat mempercepat waktu penutupan rana dengan cara meningkatkan waktu percepatannya. Sementara untuk membuat pertambahan terang maka sobat dapat mengatur percepatan rana lebih lambat.

  1. Membekukan objek serta membuat kesan gerak

Sama halnya dengan menggelapkan serta menerangkan diatas, untuk membekukan objek maka percepatan waktu penutupannya rana dengan cara meningkatkan waktu percepatanya.

Dua hal diatas merupakan fungsi dasar dari Shutter Speed / kecepatan rana, dalam apilikasinya yang nyata ada banyak teknik yang dapat dikembangkan melalui Shutter Speed ini sehingga menghasilkan sebuah karya foto yang bagus seperti halnya karya foto panning, memotret bintang agar terlihat bagus, slow speed, membuat tulisan menggunakan lampu, dsb.  Bagaimana sobat sudah paham mengenai apa itu shutter speed dan apa saja yang menjadi fungsi pokoknya! Demikianlah ulasan mengenai Pengertian Lengkap Tentang Shutter Speed dan Fungsinya, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda di dunia fotografi.

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp