Seri Balajar Fotografi : Tips dan Trik foto Outdoor dan Indoor

Seri Balajar Fotografi : Tips dan Trik foto Outdoor dan Indoor

Tips dan Trik foto Outdoor dan Indoor

Sebagai seorang fotografer yang handal tentu kita harus bisa menyesuiakan bagaimana situasi dan kondisi objek kita berada. Kita Tidak selamanya kita disuguhkan pada setting tempat yang mendukung, Justru sering kali kita dihadapkan pada kondisi diman pengambilan gambar sangat sulit dilakukan karena komposisi pencahayaan yang tidak maksimal. Namun disinilah profesionalitas kita sebagi seorang fotografer akan diuji, apakah kita bisa menampilkan hasil jepretan yang bagus atau justru yang sebaliknya.

Tantangan Memfoto di Ruangan Indoor dan Outdoor

Dalam dunia fotografi pasti kita akan dihadapkan pada dua jenis medan pengambilan gambar yakni “indoor” dan “outdoor”. Seperti halnya namanya, penyebutan indoor dan outdoor ini diambil dari keadaan tempat yang ada. indoor berarti kita dihadapkan pada situasi yang ada di dalam ruangan yang tidak memungkinkan cahaya matahari bisa masuk. Sementara outdoor adalah situasi dimana kita dihadapkan pada sebuah objek yang berada diluar ruangan dan mendapatkan paparan sinar matahari secara langsung. Sebagai seorang fotografer pasti sudah tahu apa tantangan yang dihadapi dari kedua situasi semacam ini ketika hendak mengabadikan gambar menggunakan kamera kita. Sudah pasti yang menjadi tantangan terbesar disini adalah faktor cahaya. Karena didalam ruangan resepsi indoor pasti membutuhkan pencahayaan yang lebih atau paling tidak kita harus mecari kompoisisi yang pas bagaimana mengahasilkan jepretan yang bagus dibawah sinar bohlam (biasanya dalam indoor runaganya menggunakan pencahayaan lampu bohlam). Sementara untuk yang resepsi outdoor relatif lebih mudah karena objek akan mendapatkan pencahayaan yang bagus dari sinar matahari.

Teknik Memotret Indoor dan Outdoor

Karena kita dihadapkan dalam dua situasi yang berbeda maka teknik yang digunakan pun juga berbeda.

  1. Untuk teknik di dalam ruangan (indoor), diperlukan tata cahaya yang mumpuni, bila perlu memotret dekat dengan sumber cahaya. Anda juga bisa menggunakan blitz atau alat bantu cahaya yang sering digunakan untuk mengambil foto ditempat minim cahaya.

    contoh foto prewedd indoor cafe unik dan elegan depok jakarta bandung
    alienco.net
  2. Sementara untuk di luar ruangan (outdoor) sobat harus memperhatikan background yang ada. pastikan dibelakangnya tidak terdapat sesuatu yang bergerak atau kendaraan lalu lalang.contoh foto prewedding outdoor flare vintage kuning bunga merah muda bogor 2015

Itulah tantangan serta teknik memotret resepsi indoor dan outdoor, semoga informasi Tips dan Trik foto Outdoor dan Indoor ini bermanfaat.

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp