SEBERAPA PENTING DAN MAHAL KAH MEDICAL CHECK UP PRA NIKAH? YUK INTIP!

SEBERAPA PENTING DAN MAHAL KAH MEDICAL CHECK UP PRA NIKAH? YUK INTIP!

Medical Check up Pra Nikah

Apakah Pentingnya Medical Check up Pra Nikah? Berapa Tarif Medical Check Up yaa??

Mari kita bahas pertanyaan-pertanyaan terkait medical check up pra nikah dalam artikel alienco.net kali ini. Medical check up pra nikah merupakan serangkaian tes kesehatan yang dilaksanakan oleh sepasang calon pengantin sebelum melaksakan pernikahan. Bagi orang awam, medical check up sebelum nikah ini dianggap hanya membuang – buang uang saja. Namun bagi mereka yang telah memiliki pengalaman medical check up pra nikah, rangkaian tes kesehatan ini sangat dirasakan manfaatnya.

Pernikahan merupakan awal dari sebuah kehidupan baru bagi setiap pasangan, untuk itu medical check up pra nikah dibutuhkan untuk mendukung persiapan kehidupan yang bahagia dan sehat. Medical check up pra nikah dilakukan sedini mungkin sebagai usaha preventif atau pencegahan atas kemungkinan adanya penyakit bawaan dari masing-masing keluarga, yang tentunya harus dapat disikapi dengan baik dan bijaksana oleh kedua belah pihak. Dan tes kesehatan ini juga sebagai upaya untuk mencegah hal-hal yang diindikasikan dapat menyebabkan keguguran kehamilan atau kelainan pada keturunan nantinya. Selain itu, medical check up juga sebagai salah satu persiapan mental bagi kedua mempelai pengantin.

Medical check up pra nikah Jakarta, kini dapat dilakukan di berbagai rumah sakit yang menyediakan fasilitas medical check up. Bagi anda warga Tangerang, Paket Medical Check Up Pra Nikah yang difasilitasi oleh Rumah Sakit Awal Bros Tangerang memberikan harga paket medical check up pra nikah, yakni tarif medical check up pra nikah untuk wanita senilai Rp 2.900.000 dan untuk medical check up pra nikah pria senilai Rp 1.250.000.

medical check up untuk wanita by alienco
google image

Perbedaan tarif tersebut, dikarenakan adanya perbedaan tahapan pemeriksaan antara mempelai wanita dan pria. Pemeriksaan pra nikah wanita diantara lain: pemeriksaan fisik dan konsultasi dokter umum, konsultasi dokter spesialisasi kebidanan dan kandungan, poli kebidanan: USG kebidanan tanpa foto, radiologi: thorax AP/PA, Laboratorium: Hematologi (Golongan Darah ABO/Rhesus, Hematologi Lengkap), Hepatitis (HbS Ag, Anti HBs), Urinalisa (Urine lengkap), Diabetes (Glukosa Puasa + 2 Jam PP), Fungsi Hati (SGPT/ALT, SGOT/AST), Fungsi Ginjal (Ureum. Creatini, Asam Urat), Profile Lemak (Cholesterol Total, HDL Cholesterol, LDL Cholesterol, Trigliserida), Serologi (VDRL/RPR), Torch (Toxoplasma lg G, Toxoplasma lg M, Rubella lg G, CMV lg G, CMV lg G, CMV lg M, HSV-2 lg G, HSV-2 lg M)

Sedangkan pemeriksaan pra nikah pria antara lain pemeriksaan fisi dan konsultasi doketer umum, konsultasi dokter spesialis andrologi, radiologi (thorax AP/PA), laboratorium : Hematologi (Golongan Darah ABO/ Rhesus, Hematologi Lengkap), Hepatitis (HbS Ag, Anti HBs), Urinalisa (Urine Lengkap), Diabetes (Glukosa Puasa + 2 Jam PP), Fungsi Hati (SGPT/ALT, SGOT/AST), Fungsi Ginjal (Ureum, Creatini, Asam Urat), Profile Lemak (Cholesterol Total, HDL Choresterol, LDL Choresterol, Trigliserida), Serologi (VDRL/RPR).

Harga medical check up sebelum nikah setiap penyelenggara tes kesehatan bisa jadii berbeda-beda tergantung pada fasilitas yang disediakan dan pemeriksaan yang dilaksanakan. Namun hal yang pasti sama adalah fungsi dan manfaat dari medical check p pra nikah itu sendiri. Karena dengan melaksanakan serangkaian tes kesehatan tersebut, dari awal masing – masing mempelai mengetahui kondisi kesehatan pasangannya. Sehingga rasa pengertian dan perhatian telah dibina sejak awal niat pernikahan. Maka biaya medical check up pra nikah tidak lah jauh berharga ketimbang kesehatan dan kebahagia pasangan.

Semoga artikel tarif medical check up pra nikah  ini bermanfaat untuk anda dan pasangan. Selamat berbahagia. [LS]

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp