Pilih Mana? Aksesoris Original atau Aksesoris Third Party

Pilih Mana? Aksesoris Original atau Aksesoris Third Party

Pilih Mana? Aksesoris Original atau Aksesoris Third Party

Ketika kita dibingungkan dengan berbagai macam pilihan kamera DSLR, ternyata kita juga masih dibingungkan dengan memilih aksesoris yang original atau Third Party. Kegalaun itulah yang sering dijumpai pada seorang fotografer terlebih bagi merka yang masih pemula dan belum banyak pengalaman di bidang aksesoris DSLR. jika itu terjadi pada sobat, jangan khawatir pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai aksesoris Original atau Third Party Untuk Kamera DSLR kita.

Apa itu Aksesoris OEM dan Third Party

Secara garis besar aksesoris yang ada di DSLR itu dapat dibedakan menjadi dua macam yakni OEM dan Third Party. OEM atau singkatan dari Original Equipment Manufacture merupakan pembuat aksesoris yang dibuat pihak pertama atau aksesoris bawaan yang dibuat oleh perusahaan yang memproduksi merk dari kamera tertentu (seperti halnya Nikon, Canon, Sony dll). Sementara itu yang dimaksud dengan aksesoris Third Party adalah aksesoris yang mana biasanya perusahaan tersebut tidak membuat kamera tersendiri. Kedua jenis aksesoris ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing- masing yang bisa menjadi bahan pertimbangan sobat.

Kelebihan Membeli Aksesoris OEM

Kelebihan membeli aksesoris OEM ada dua macam yakni Kualitas dan Kompatibilitas. Dari segi kualitas tentu aksesoris yang OEM lebih terjamin jika dibandingkan dengan aksesoris third party karena mereka memiliki brand merk dan akan mempertahankan citra mereka. Kompabilitas itu juga pasti karena meraka yang membuat kamera dan tahu benar mana perangkat tambahan yang pas dan cocok untuk peroduk mereka. meski demikian, yang menjadi kekurangan dari OEM adalah dari segi harganya yang lebih mahal dengan seri Third Partynya.

Kelebihan Membeli Aksesoris Third Party

Dari segi kualitas dan Kompabilitas Third Party memang kalah dengan OEM. Namun dalam segi harga bisa menjadi bahan pertimbangan sobat untuk memilih Third Party. Selain itu kelebihan yang dimiliki third party adalah mereka menyediakan aksesoris yang OEM- nya sendiri terkadang tidak memproduksinya.

Nah sudah jelas bukan apa yang menjadi dan kelebihan dari aksesoris OEM dan Third Party, dan pilihan tetap ada pada sobat memilih yang mana. Sekian dulu artikel Pilih Mana? Aksesoris Original atau Aksesoris Third Party, semoga bermanfaat.