Pilih mana? 5 Alasan Pro Dan Kontra Dalam Menunda Bulan Madu

Pilih mana? 5 Alasan Pro Dan Kontra Dalam Menunda Bulan Madu

Pilih mana? 5 Alasan Pro Dan Kontra Dalam Menunda Bulan Madu

Acara bulan madu biasanya merupakan kelanjutan setelah pelaksanaan acara pernikahan. Di masa bulan madu, pasangan yang baru menikah benar-benar ingin menikmati kebersamaan hanya berdua. Dan biasanya bulan madu ini sudah direncanakan sebelumnya, jadi setelah acara pernikahan, pasangan sudah siap untuk berbulan madu ke tempat yang telah direncanakan. Namun karena satu dan lain hal mungkin juga pasangan harus menunda bulan madu ini. Bisa jadi acara pernikahan yang cukup melelahkan atau masih ada urusan yang harus diselesaikan sehingga membuat bulan madu yang terencana harus ditunda terlebih dahulu. Nah untuk masalah ini kamu bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut adalah alasan PRO dan KONTRA mengenai menunda bulan madu bagi pengantin baru :

PRO

Bulan madu lebih maksimal dipersiapkan

Jika bulan madu dipersiapkan secara khusus tentunya akan lebih maksimal hasilnya, hal ini karena persiapan untuk acara pernikahan sangat memerlukan perhatian yang lebih, jadi untuk urusan bulan madu nanti saja setelah acara pernikahan. Yang penting sudah menjadi pasangan yang sah, bulan madu nanti bisa lebih dipersiapkan secara khusus dan matang apalagi dipersiapkan bersama-sama tentu akan lebih baik, selain itu tak ada lagi persoalan dengan acara pernikahan, jadi pikiran akan lebih fokus.

 

Lebih pas dalam memilih tujuan

Tempat bulan madu yang menjadi tujuan juga akan lebih sesuai jika dipersiapkan bersama-sama. Kamu juga sudah lebih bisa saling mengenal dan memahami apa yang benar-benar diinginkan oleh pasangan kamu. Jadi nantinya pemilihan tempat tujuan bulan madu akan sesuai dengan ekspetasi dan favorit kalian berdua.

Punya anggaran lebih

Mungkin ketika merencanakan bulan madu di awal, kamu tentu juga telah mengalokasikan anggaran tertentu. Jika kamu menunda acara bulan madu, tentu waktu yang tersedia lebih panjang dan kamu bisa menambah anggaran bulan madu, mungkin dari sumbangan yang biasanya diberikan oleh tamu pernikahan, atau kamu mendapat penghasilan tambahan lain. Jadi bulan madu kamu bisa lebih longgar dalam urusan anggaran dan bisa memilih tempat yang lebih baik dengan anggaran yang lebih banyak.

Yuk simak, Tips Ampuh Gelar Pernikahan Minim Budget

Waktu cuti panjang

Kalau kamu telah bekerja tentu ada jatah waktu tertentu untuk cuti dari pekerjaan. Jika berbarengan dengan bulan madu tentunya nanti waktu yang tersedia untuk bulan madu akan lebih sedikit karena juga dipakai untuk acara pernikahan. Jika kamu mengalokasikan waktu khusus untuk bulan madu tentunya waktu yang akan disediakan juga bisa lebih panjang untuk berdua.

Manajemen stress

Stress yang timbul pada waktu persiapan dan acara pernikahan tentu masih akan terasa setelah acara pernikahan. Mungkin banyak hal dapat menyebabkannya. Diantaranya soal konsumsi yang mungkin belum sesuai harapan, soal vendor yang kurang memberikan pelayanan maksimal, atau juga kerabat dekat yang kamu harapkan ternyata tidak dapat menghadiri pernikahan kamu. Jika kamu memaksakan untuk langsung berbulan madu mungkin rasa stress akan dapat mengganggu pikiran kan? Jadi mungkin dengan menunda beberapa waktu, pikiran dan perasaan kamu bisa menjadi lebih tenang, sehingga acara bulan madu berjalan tanpa ada beban.

KONTRA

Persiapan terganggu

Jika kamu tidak segera berbulan madu, mungkin setelah menikah kamu akan lebih disibukkan oleh pekerjaan rutin yang harus kamu lakukan, pekerjaan menjadi lebih banyak karena harus ditunda oleh cuti yang kamu ambil untuk acara pernikahan, jadi daripada terhalang nantinya lebih baik sekalian saja mengambil cuti untuk berbulan madu.

Yang penting kebersamaan

Bulan madu yang dilaksanakan segera setelah pernikahan akan menjadi momen yang tepat untuk menikmati kebersamaan berdua. Sebagai ajang untuk mulai saling belajar mengenali lebih jauh satu dengan yang lain. Jadi sebaiknya dilakukan terlebih dahulu sebelum hal yang lain.

Anggaran sudah dialokasikan

Menunda bulan madu mungkin berpotensi mengurangi anggaran untuk acara ini karena mungkin ada kebutuhan-kebutuhan yang harus segera dipenuhi. Tempat tinggal yang baru, kendaraan atau  perlengkapan rumah baru juga membutuhkan anggaran tersendiri. Jadi sebelum anggaran yang sudah kamu alokasikan terpakai, lebih baik segera digunakan untuk bulan madu. Sedangkan untuk keperluan lainnya nanti bisa dipikirkan setelah acara bulan madu selesai.

Liburan cuti yang terbatas

Tidak semua kantor mengijinkan karyawannya untuk cuti agak lama beberapa kali dalam setahun. Jadi mumpung ada waktu yang lebih panjang untuk acara pernikahan, sebaiknya dimanfaatkan waktu yang ada untuk berbulan madu. Mungkin nanti akan ada banyak pekerjaan yang menyita waktu sehingga tak mendapat kesempatan untuk mengambil cuti lagi.

Nah, baca juga 5 Keuntungan Menggelar Resepsi Pernikahan Di Hari Kerja

Waktunya sudah expired

Waktu bulan madu yang tertunda mungkin akan terasa menjadi kadaluarsa karena sudah kurang terasa momennya. Memang momen yang pas adalah setelah pernikahan, jadi jangan tertunda lama, malah mungkin akan terasa seperti libur biasa.

 

Nah kamu dan pasangan sepakat dengan yang mana, nih? Yuk share di kolom komentar!

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp