Pesta Pernikahan di Tengah Wabah Virus COVID-19?

Pesta Pernikahan di Tengah Wabah Virus COVID-19?

Tunda atau Lanjut Pesta Pernikahan di Tengah Wabah Virus COVID-19?

Banyak yang harus dipikirkan dalam persiapan The Big Day, entah pada tanggal apapun yang kamu pilih. Namun, bagaimana jika hari pernikahan yang kamu nantikan ternyata berada di tengah Coronavirus Outbreak? Sudah pasti menambah daftar hal yang harus dipersiapkan. Menyelenggarakan pernikahan di daerahmu atau di luar negeri, tak terhitung banyaknya hal-hal yang pasti bersinggungan dengan virus COVID-19. Karena virus ini sudah ditetapkan sebagai global pandemic yang pastinya mempengaruhi wedding industry. Hal ini erat kaitannya dengan transportasi dan pengiriman, serta beberapa travel retrictions.

Persiapkan Plan B

Venue pilihanmu merupakan daerah yang terdampak virus COVID-19? Duh, bisa jadi akses menuju daerah tersebut dibatasi. Nah, karenanya kamu harus siapkan plan B nih. Misalnya, kamu bisa mencari venue pernikahan yang berada di daerahmu. Jika tamu undanganmu ada yang berasal dari luar daerahmu dan cukup sulit baginya untuk hadir, kamu bisa mensortir lagi tamu undanganmu. Kenapa? Karena untuk kebaikan bersama, mereka tidak akan kesulitan dan kamu juga tidak perlu was-was selama acara. Solusi lain adalah menyelenggarakan akad nikah di rumah.

Pertimbangkan Penundaan

Terdapat juga pilihan untuk menunda pernikahanmu, meski mungkin ini adalah pilihan terakhirmu, sebaiknya patut dipertimbangkan. Hal ini jika kamu masih ingin menggunakan venue yang berada di daerah terdampak tersebut. Walaupun penundaannya tidak dapat kamu pastikan hingga kapan, namun untuk masalah komunikasi dengan pihak venue tentu bisa dilakukan. Setidaknya menunda lebih terasa ringan daripada harus membatalkan, kan?

Baca juga,

Dampak Penggunaan Hand Sanitizer Pada Cincin Pernikahan

Berencana Berpergian atau Tamu Undangan Berasal dari Luar Daerah?

  • Pahami Aturan Pembatalan

Hal utama dan yang paling penting dari perencanaan travel adalah aturan pembatalan. Apabila memungkinkan untuk melakukan booking ulang tentu baik untukmu. Namun, jika tamu undanganmu mengalami kesulitan untuk masuk ke daerahmu, kamu harus memahami batalnya kehadiran mereka.

  • Pertimbangkan Asuransi CFAR (Cancel For Any Reason)

Jadwal honeymoon masih masuk ke dalam waktu yang ditetapkan oleh pemerintah terkait pembatasan akses travel keluar daerah? Sebelumnya lakukan reservasi ke tempat yang memiliki asuransi CFAR. Sehingga akan lebih fleksibel bagimu melakukan pembatalan atau penundaan karena berbagai alasan, terkhusus virus COVID-19.

  • Atur Ulang Guest List

Penting juga bagi kalian untuk memperhatikan mengenai travel plans dari tamu undangan kalian. Pahami jika mereka mendapatkan kendala travel untuk hadir ke pernikahanmu atau acara pra pernikahan kamu dan pasangan. Lebih baik lakukan sortir guest list ulang dengan pasanganmu ya, tentunya dengan mempertimbangkan kemudahan bagi semua pihak.

virus COVID-19

 Siap Untuk Melanjutkan Pesta Pernikahan?

Selalu Update Informasi

Siapapun yang akan menikah di tahun 2020 dan tidak berada di area yang terdampak langsung virus COVID-19, jangan lengah! Selalu siap siaga menjaga kesehatan bersama. Jangan lupa selalu cek informasi terkini melalui berbagai platform berita yang update tentang virus COVID-19.

Diskusi Dengan Vendormu

Terkadang solusi terbaik adalah mempersiapkan segala hal dengan melihat dari sisi terburuknya, sehingga kamu siap sedia dengan rencana. Diskusikan dengan vendor-vendormu terkait dengan kelanjutan pesta pernikahan, akankah lebih baik dilanjut atau tunda? Banyak kepala akan lebih baik karena akan banyak saran yang masuk karena mereka juga lah yang terlibat langsung dengan pernikahanmu. Apabila keputusannya adalah melanjutkan tentu kalian perlu mendiskusikan terkait bagaimana baiknya acara berlangsung di tengah situasi ini.

Informasikan Pada Tamu Undangan

Demi menghindari banyaknya pertanyaan berulang dari keluarga besar dan juga tamu undangan, alangkah baiknya kamu membuat situs yang berisi informasi pernikahanmu. Saat ini banyak jasa pembuatan undangan pernikahan dengan menggunakan situs sebagai medianya. Buat dan manfaatkan situs tersebut untuk berbagi informasi terkait jalannya pernikahan kalian. Pastikan juga situs yang kamu buat mudah diakses oleh semua orang. Kemudian sebarkan kepada keluarga dan melalui teman-temanmu, pastikan semua tamu undangan dapat informasinya, ya!

Berlatih Lebih Higienis

Virus COVID-19 dapat menular dengan bersentuhan secara langsung dengan penderita atau setelah menyentuh benda mati yang sudah terpapar. Langkah yang baik untuk menghindari hal tersebut adalah dengan menyemprotkan disinfektan atau menggunakan hand-sanitizer guna meminimalisir terjadinya penularan. Bagi siapapun yang tidak terbiasa dengan kebersihan ekstra tentu cukup mengganggu, namun mencegah lebih baik daripada mengobati, kan? Jika bisa hindari berjabat tangan atau menyentuh barang-barang milik orang lain juga, ya!

Pertimbangkan Menambah Video Live

Untuk tamu undangan atau keluarga yang sudah berumur dan berada pada kondisi rawan, misal memiliki penyakit atau sedang hamil tentu sulit untuk berpergian. Karena kamu sudah memiliki situs khusus pernikahanmu, pertimbangkan melakukan video live atau mungkin live di media sosial. Keluarga atau tamu undangan yang tidak bisa hadir secara fisik akan tetap bisa melihat sekaligus mendoakan hari pernikahanmu.

Baru Akan Memulai Persiapan?

Calon pengantin yang memasuki tahap awal persiapan pernikahan tentunya sedang dalam fase yang excited. Namun, di tengah coronavirus outbreak ini pastinya akan ada beberapa hal yang berubah. Kamu akan memiliki banyak pertanyaan “Bagaimana ya kalau…” tentang berbagai hal terkait persiapan pernikahanmu. Karena pernikahanmu tentunya masih beberapa bulan ke depan, tetap penting untuk mempersiapkan dan berjaga-jaga terhadap segala kemungkinan.

Beli Cincinmu Lebih Awal

Perusahaan perhiasan pastinya juga mengirim bahan-bahan baku pembuatan cincin dari luar daerah seperti pertambangan. Proses tersebut yang akan mengalami dampak signifikan dari coronavirus outbreak ini karena berkaitan dengan pengiriman. Banyak toko yang akhirnya menjual barang yang sedang ada di penyimpanan mereka karena keterbatasan. Maka kamu perlu untuk sesegera mungkin membeli cincin pernikahan selama persediaan masih ada. Kita tidak akan pernah tau kapan situasi akan berubah, jadi lebih baik berjaga-jaga dulu, kan?

Selalu Teliti Tentang Aturan Pembatalan

Venue pasti juga mengalami beberapa dampak di tengah situasi ini. Saat melakukan reservasi venue tentu kamu telah membaca terms & conditions dari venue tersebut.

“Kapan waktu pembatalan?”

“Berapa pinalti yang harus dibayar?”

Hal-hal tersebut tentu harus sudah kamu ketahui sebelum melakukan pemesanan. Jika dirasa masih memungkinkan untuk melanjutkan pemesanan, pastikan pihak venue juga menerapkan aturan berdasarkan situasi terkini. Pihak venue harus melakukan pemeriksaan kepada staff yang akan bekerja di lapangan, mulai dari pengurus gedung hingga pegawai catering. Apabila memungkinkan, penyemprotan disinfektan juga sebaiknya dilakukan.

Tunda Waktu Pengambilan Keputusan Besar

Untuk kalian calon pengantin yang masih memiliki waktu 1 tahun sebelum rencana pernikahan, disarankan untuk tidak terburu-buru mengambil keputusan. Waktumu masih panjang, mengambil keputusan-keputusan penting di tengah situasi yang di luar kendali ini tentu memerlukan waktu berpikir. Sembari menunggu keadaan membaik lebih baik kamu dan pasangan memperbanyak referensi dan diskusi. Nantinya jika waktu semakin dekat kamu tidak lagi memerlukan waktu lama untuk mengambil keputusan.