Pertimbangan Penting Saat Mengontrak Rumah Sebagai Pasangan Baru

Pertimbangan Penting Saat Mengontrak Rumah Sebagai Pasangan Baru

Pertimbangan Penting Saat Mengontrak Rumah Sebagai Pasangan Baru

Setelah menikah keputusan untuk tinggal dimana sangatlah penting. Tinggal bersama orangtua atau mertua, membeli rumah, atau mengontrak rumah? Kalau kalian merasa nyaman untuk tinggal di rumah orangtua atau mertua, dan kedua pihak sama-sama nyaman tidak masalah. Namun jika kalian ingin tinggal pisah dari keluarga namun belum mampu secara finansial membeli rumah, mengontrak bisa menjadi pilihan. Kalian jangan sampai memaksakan untuk membeli rumah jika belum mampu. Meminjam uang kepada bank dengan jaminan gaji pekerjaan yang sedang stabil adalah kesalahan besar. Mengontrak rumah bukan hal yang buruk kok. Nah, yuk simak pertimbangan apa saja yang penting jika kamu mengontrak rumah setelah menikah berikut ini

Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Mengontrak dengan tujuan untuk tempat tinggal saja atau mau menggunakannya sebagai tempat usaha? Mungkin ini bisa kalian pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan kalian saat mengontrak. Jangan sampai memilih mengontrak rumah yang akan kalian gunakan untuk aktivitas bisnis namun tidak mempertimbangkan lingkungan. Lingkungan sekitar yang sempit dan padat tentu bisa menghalangi bisnismu dan mengganggu kenyamanan tetanggamu.

Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan

Memperhatikan lingkungan sekitar terutama pada keamanannya sangat penting. Pastikan juga lingkungan tersebut akan nyaman untuk kalian berdua. Rumah merupakan tempat kalian hidup sehari hari, termasuk beristirahat. Jadi pastikan kalian akan betah di lingkungan tersebut. Karena kalian kan tidak bisa memastikan sampai kapan kalian akan mengontrak. Daripada tidak betah dan harus sering pindah sampai mampu membeli rumah, ngga nyaman lho!

Sesuai Anggaran

Bagi pengantin baru, terutama sebagai istri, mungkin akan sedikit kaget dengan rumitnya pengaturan keuangan rumah tangga. Biaya bulanan yang biasanya masih mendapat bantuan dari orangtua dan listrik serta makan gratis selama ini akan benar-benar terasa setelah kalian menikah. Kalau masih mengandalkan orangtua tentu malu, kan? Apalagi mengontrak rumah jika bulanan kalian harus selalu mempersiapkan dana rutin tiap bulan yang harus dibayarkan. Pilihlah rumah yang harga sewanya tidak akan memberatkan kalian setiap bulan. Lebih baik lagi kalau setiap bulan kalian bisa menyisihkan uang untuk tabungan membeli rumah.

Bagaimana kalau kalian adalah pasangan baru yang akan menjalani kehidupan di perantauan? Baca juga Tips Penting Bagi Pengantin Baru Hidup di Perantauan

Kondisi Rumah Yang Baik

Selain lingkungan sekitar, rumah itu sendiri perlu kalian perhatikan dengan baik. Jangan asal mencari lalu menentukan tanpa melihat kondisi rumah tersebut. Kondisi disini adalah baik atau tidaknya rumah tersebut. Apakah air mengalir dengan baik? Genteng tidak ada yang bocor, saluran pembuangan, dan segala macamnya berfungsi dengan baik. Jangan sampai keputusan yang kalian ambil mendadak justru akan membuat kalian menyesal karena harus banyak memperbaiki kondisi rumah

Lokasi Rumah

Lingkungan dan kondisi rumah sudah oke. Nah lokasi? Pertimbangkan dari anggaran transportasi harian kalian ke tempat kerja, dan lain-lain. Usahakan yang dekat dan mudah menjangkau transportasi umum. Jika kendaraan pribadi kalian tidak dapat digunakan tidak akan menjadi masalah di masa depan. Uang transportasi yang keluar terlalu banyak bisa menghambat kalian dalam menyisihkan uang tabungan lho.

 

Demikian lah pertimbangan penting saat mengontrak rumah sebagai pasangan baru. Semoga pertimbangan-pertimbangan di atas dapat membantu kalian dalam memutuskan sesuatu, ya!

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp