Persiapan Pernikahan Yang Dianjurkan Dalam Katolik

Persiapan Pernikahan Yang Dianjurkan Dalam Katolik

Persiapan Pernikahan Yang Dianjurkan Dalam Katolik

Pernikahan merupakan hal yang sakral bagi umat manusia. Pernikahan juga diharapkan akan terjadi sekali dalam seumur hidup. Dalam memperingati hari yang penuh dengan keistimewaan ini setiap daerah di Indonesia memiliki caranya tersendiri. Pada setiap agama yang dianut oleh masing-masing warga Indonesia juga lho. Tentu memiliki cara tersendiri untuk menunjukan betapa berartinya sebuah pernikahan. Pada agama Kristen Katolik misalnya, sebagai salah satu agama yang resmi diakui oleh Indonesia. Kristen Katolik juga memiliki tatanan nilai untuk menuju sebuah ikatan keluarga yang harmonis dan bahagia. Yuk simak Persiapan Pernikahan Yang Dianjurkan Dalam Katolik di bawah ini :

Faktor Penting Dalam Pernikahan Kristen Katolik

Kristen Katolik mempercayai bahwa keimanan merupakan faktor penting dalam menuju pernikahan. Sebagai umat Kristen Katolik yang taat, sebaiknya memilih pasangan hidup yang seiman denganmu. Hal itu dilakukan tentu untuk menjaga agama serta menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Faktor keimanan ini sangat lah penting pada umat Kristen Katolik. Meski memang tidak semua orang yang menikah dengan pasangan yang tidak seiman akan sering bertengkar. Namun, tidak sedikit pula pasangan yang tidak seiman sering mengalami percekcokan dan berakhir pada perceraian.

Untuk itu, sebaiknya memilih pasangan yang seiman denganmu. Sehingga kedepannya akan selalu sejalan, sevisi dan misi. Selain faktor pereceraian, belum lagi nanti kalau kamu dan pasangan dikaruniai momongan. Masalah akan lebih besar lagi karena, akan dibawa kemana keyakinan anak kamu nantinya. Tentu dengan kepercayaan yang diyakini oleh hati masing-masing, akan ada pula keinginan untuk anak kamu memeluk keyakinan yang kamu percayai.

foto pernikahan wanita gereja kristiani pemberkatan highligt flare bogor depok tangerang
alienco.net

Persiapan Pernikahan Yang Dianjurkan Dalam Katolik, Sebelum Pernikahan

Selain masalah faktor keimanan tersebut, ada hal lain yang perlu kamu pahami. Mengenai persiapan apa saja yang harus dipahami menurut keyakinan Kristen Katolik, sebelum memutuskan untuk menikah, diantaranya adalah:

Pertama, tertulis dalam kitab Kejadian 2:20. Kamu harus memastikan pasangan yang kamu pilih saat ini, memang benar- benar cocok untuk diri kamu. Tolak ukur kecocokan antara kamu dan pasanganmu, bisa melalui bagaimana dia memahami dirimu. Selalu ingin memberikan yang terbaik untuk kamu. Selain itu tentunya kamu dan pasangan akan saling melengkapi dan mengisi kekurangan dari masing- masing.

Kedua, dalam Kitab Kejadian 24; 13-14. Sebelum menuju ke jenjang pernikahan, pastikan pilihan pasanganmu itu memiliki keprbadian yang baik. Seperti yang tertuang dalam kitab kejadian diatas.

Tata Cara Menikah di Geraja Katolik

Dalam pernikahan secara katolik, kamu dan pasangan harus mengikuti kursus pernikahan. Biasanya kursus tersebut dilakukan kurang lebih 6 bulan sebelum pemberkatan pernikahan. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengikuti kursus pernikahan sampai pada pemberkatan.

  • Mendaftarkan Diri

Kamu dan pasangan bisa mendatangi langsung gereja yang akan kamu jadikan tempat pemberkatan. Cukup membawa bebrapa surat seperti, Surat Pengantar dari Lingkungan Masing-masing, Fotokopi Surat Baptis, Fotokopi Akte Kelahiran, Fotokopi Kartu KK Gereja Katolik masing-masing lingkungan.

  • Mengikuti Kursus Persiapan Pernikahan Bersama Pasangan

Biasanya kursus akan dilakuakan selama tiga hari diakhir pekan. Dalam kursus tersebut akan ada materi seputar tentang pengenalan diri, ekonomi, sex, kehidupan berkeluarga, dan perencanaan masa depan. Apabila kursus telah dilewati kamu dan pasangan akan mendapatkan sertifikat. Untuk nantinya dibawa ke Gereja yang kamu pilih untuk pemberkatan.

  • Mendaftarkan Diri Untuk Penyelidikan Kanonik

Penyelidikan kanonik ini berupa wawancara dengan pastor atau romo mengenai kesiapan kedua calon pengantin. Tentunya tentang kesiapan memasuki tahap perniakahan yang sesungguhnya. Saat wawancara ini pastor atau romo akan menguji kesiapan mental dan batin kamu dan pasangan.

  • Pendaftaran Tanggal Pernikahan

Setelah semua selesai dilakukan. Maka, Tahap selanjutnya adalah pendaftaran tanggal pernikahan. Ini bisa dilakukan pada saat kamu mendaftarkan Kursus Persiapan Pernikahan.

  • Membayar Biaya Kepada Pengurus Gereja

Terakhir, adalah tahap pembayaran. Biaya yang perlu kamu keluarkan tergantung dari kebijakan masing-masing gereja ya. Namun, biasanya akan ada biaya wajib yang harus dikeluarkan. Yaitu, biaya listrik dan air conditioner. Lalu juga ada biaya persembahan pada saat misa berlangsung berupa buah,  bunga, dan bunga persembahan untuk di Goa Maria.

Baca juga,

Tips Menentukan Souvenir Pernikahan Mudah dan Hemat

Seperti itulah langkah-langkah menikah dalam Kristen Katolik. Demikianlah artikel tentang Persiapan Pernikahan Yang Dianjurkan Dalam Katolik dari Alienco. Semoga kamu mendapatkan pasangan yang seiman denganmu ya, semoga artikel ini bermanfaat!

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp