Pernikahan Tradisional Adat Betawi, Kekayaan Budaya Indonesia

Pernikahan Tradisional Adat Betawi, Kekayaan Budaya Indonesia

Pernikahan Tradisional Adat Yang Ada di Indonesia!

Pernikahan Tradisional Adat Betawi
@aliencophoto

Pernikahan Tradisional Adat Betawi. – Setelah kita membahas tradisi pernikahan Adat Betawi melalui pertemuan budaya dalam busana tradisional pengantin Betawi. Sekarang kami akan membahas tentang prosesi unik khas tradisi ibukota Indonesia yang kaya akan unsur budaya. Masyarakat Betawi memiliki ragam tata cara pernikahan dengan karakteristik yang cukup unik, dialog spontan, rileks, dan terkesan ceplas ceplos menjadi ciri dari masyarakat Betawi. Berikut kita akan membahas beberapa tata cara adat penikahan yang masih sering di lakukan oleh para pengantin Betawi :

Pernikahan Tradisional Adat Betawi

Ngelamar Pengantin Wanita

Sudah menjadi kewajiban di tradisi apapun, proses lamaran harus dilalui. Proses ini pada pernikahan tradisional Adat Betawi disebut Ngelamar. Ngelamar ini adalah proses pihak keluarga pria secara resmi meminta kepada pihak pengantin wanita sebelum acara pernikahan dilangsungkan. Biasanya beberapa utusan keluarga pria akan datang dengan membawa beberapa seserahan, berisi sirih embun, pisang raja, roti buaya, dan uang sembah lamaran. Jika lamaran diterima maka akan dilanjutkan dengan pembicaraan tentang mas kawin, uang belanja, dan kekundang. Kekundang ini artinya makanan kesukaan pengantin wanita.

Screenshot_62

Screenshot_63

Piare Calon None Penganten

Anda pasti tau tradisi pingitan dalam Adat Jawa, kan? Dimana calon pengantin wanita harus selalu berada di dalam rumah dan tidak boleh ditemui oleh calon pengantin pria dalam waktu tertentu. Begitu pula pada Adat Betawi, yang mana prosesi ini disebut Piare Calon None Penganten. Masa piare pengantin Betawi adalah satu bulan. Calon pengantin wanita akan dipelihara atau dijaga oleh tukang piare selama waktu tersebut. Tujuannya untuk mengontrol kegiatan, kesehatan, dan juga memelihara kecantikan calon pengantin. Tak hanya itu, calon none penganten akan melalui berbagai proses perawatan fisik. Dalam masa piare ini calon none penganten diharuskan menjalani program diet dengan pantangan makanan tertentu. Lengkap dengan diberi jamu godok juga air akar secang demi menjaga berat badan tubuh yang ideal. Meski pada masa kini, waktu satu bulan cukup sulit untuk dilakukan, kadang ada yang menyingkatnya hanya 1-2 minggu saja.

Malam Pacar

Dalam budaya Betawi, tahapan malam pacar ini menjadi malam yang cukup meriah saat pelaksanaannya lho! Karena acara ini akan dihadiri oleh kerabat serta teman-teman dekat calon pengantin wanita. Jika anda tau tentang Malam Bainai dari Padang, anda tentu tau malam Bainai adalah malam pelepasan masa lajang calon pengantin wanita. Nah pada ritual malam pacar ini dilakukan oleh Tukang Piare dan sahabat dekat dari calon pengantin wanita. Arti dari ritual malam pacar ini juga tentang pelepasan masa lajang calon pengantin wanita.

Screenshot_65

Screenshot_64

Menarik sekali kan Pernikahan Tradisional Adat Betawi! Tentu saja banyak sekali pernikahan tradisional di Indonesia yang juga menarik untuk disimak! Baca beberapa artikel Alienco terkait Pernikahan Tradisional di bawah ini :

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp