6 Hal Penting Sebelum Pernikahan Secara Islami

6 Hal Penting Sebelum Pernikahan Secara Islami

Penting Diingat dalam Pernikahan Secara Islami 

Pernikahan secara Islami.Perasaan gugup dan khawatir tentu dirasakan oleh seluruh orang yang akan menikah. Meski perasaan bahagia, kegugupan dan kekhawatiran hal wajar yang terkadang sult dihindari. Tak jarang pula hal tersebut cukup mengusik pikiran beberapa orang. Namun bukan berarti kegelisahan ini tidak dapat terobati. Bagi anda yang menganut agama Islam, Islam memiliki solusi sabar dan shalat sebagai penolong dalam setiap persoalan. Berdasarkan firman Allah SWT pada surat Al Baqarah ayat 153 yang berarti, “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Nah yuk simak 6 Hal Penting Sebelum Pernikahan secara Islami di bawah ini :

Meluruskan Niat Pernikahan

Dalam Islam, menikah merupakan salah satu cara beribadah dan menyempurnakan iman. Demi menghindari zina dan hubungan yang terlarang, menikah salah satu solusi yang diridhai Allah dan mendapatkan pahala. Terdapat pula hadist Rasulullah yang berbunyi, “Bahwa dua rakaat shalat orang yang beristeri adalah lebih baik daripada tujuh puluh rakaat shalat orang bujang”. Maka sepatutnya, niat pernikahan bukan karena nafsu semata tetapi ingatkan diri anda bahwa menikah adalah ibadah.

Memperbanyak Shalat Sunah

Hal-hal yang menjadi kepentingan bagi calon pengantin tentu sangat banyak. Mempersiapkan segala bentuk hajat tersebut tentu cukup berat dilalui oleh manusia. Sebagai muslim atau muslimah hanya pada Allah SWT tempat bersadar meminta pertolongan. Dalam menghadapi hajat penikahan, sujud pada Allah SWT dan meminta di sepertiga malam Nya adalah suatu kepatutan. Mengharapkan pertolongan hanya pada Allah agar seluruh prosesnya senantiasa dilancarkan.

Membaca Al Qur’an Secara Konsisten

Salah satu cara mujarab dalam pernikahan secara Islami yang berdampingan dengan shalat adalah membaca Al Qur’an. Saat hati dipenuhi rasa gelisah berpeganglah pada kitab Allah. Rajinlah membaca Al Qur’an demi mendapatkan penyejuk hati dan petunjuk terbaik melalui firman-Nya. Sebagaimana dalam Al Qur’an surat Ar Ra’du ayat 28 yang berarti : “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tentram”.

Menjaga Kesehatan

Selalu menjaga kesehatan demi penampilan sempurna di hari pernikahan tentu dijalani semua pengantin. Dalam agama apapun, begitu juga pernikahan secara Islami, kewajiban menjaga kesehatan adalah yang utama. Menjaga kesehatan bukan berarti anda harus diet gila-gilaan demi tampil langsing dan mengabaikan takaran gizi yang diperlukan. Menyiksa diri sendiri demi urusan duniawi tersebut tentu tidak dianjurkan dalam Islam. Maka dari itu jagalah kesehatan anda dengan cara yang baik dan benar-benar menyehatkan dan membahagiakan.

Menjaga Silaturrahim dengan Calon Pasangan

Dalam agama Islam menjaga silaturrahim ke sesama manusia sangat diwajibkan. Anda harus memperlakukan siapapun dengan baik, memanusiakan manusia dengan baik. Menjaga hubungan baik yang tercipta dengan kenalan anda, begitu pula dengan calon pasangan. Demi menghindari komunikasi pribadi hanya berduaan dengan pasangan tentu lebih baik menjaga silaturrahim secara luas. Salah satu caranya adalah saling mengunjungi keluarga calon pasangan anda.

Baca juga,

Tradisi Malam Bainai, Pelepasan Masa Lajang Gadis Minang

Semua itu selalu diiringi dengan doa dan usaha dengan niat pernikahan karena ibadah. Niat yang baik dengan persiapan hati yang mantap tentu akan membuat urusan anda dilancarkan oleh Allah SWT. Semoga tips pernikahan secara Islami dari Alienco ini bermanfaat ya! Selamat berbahagia!

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp