Perbedaan Kamera Mirrorless Dengan DSLR, Kamu Harus Tahu !

Perbedaan Kamera Mirrorless Dengan DSLR, Kamu Harus Tahu !

Perbedaan Kamera Mirrorless Dengan  DSLR

Perbedaan Kamera Mirrorless Dengan  DSLRDua jenis kamera yang saat ini sedang ngetrend adalah Dslr dan Mirrorless. Dua jenis kamera tersebut berbeda secara system penangkapan objek gambar. Pada kamera DSLR menggunakan pemantulan cermin untuk menangkap gambar dengan memantulkan cahaya tersebut pada sensor untuk diproses menjadi file gambar. Pada kamera mirrorless cahaya yang terjebak dalam lensa akan langsung ditangkap sensor dan kemudian diproses dengan cepat ditampilkan pada LCD kamera.

Perbandingan Efisiensi Portabilitas manakah yang lebih unggul ?

Kamera Mirrorless secara mekanisme lebih sederhana cara kerjanya tanpa menggunakan lensa dapat tampil lebih kecil dan nyaman dibawa kemana mana. Ukuran kamera mirrorless terkecil saat ini berbobot 204 gr yang sangat efisien secara portabilitas ( mudah dibawa ). Kamera DSLR yang system kerjanya menggunakan mekanisme shutter dan cermin tampil dengan bobot dan dimensi lebih besar sehingga kadang merepotkan dari segi efisiensi portabilitas.

Perbandingan Kinerja Kecepatan Akurasi Fokus

Kamera mirrorless umumnya memakai teknik Contrast Dettect Auto Focus yang berjalan lambat ( tergantung besarnya prosesor, gelap terang cahaya, dan pergerakan objek ). Bekerja dengan mendeteksi satu titik bagian objek, melakukan proses test ketajaman, kemudian melakukan proses refocus lensa, kemudian baru dapat menentukan ketajaman pada focus yang paling tepat. Kamera DSLR dengan cermin sebagai pengalih cahaya menuju ke sensor yang dikenal dengan proses Phase Detect Auto Focus. Sensor tersebut dengan cepat mengukur konvergensi cahaya dan setelah itu lensa akan segera merespon ke titik fokus.

Berikut Perbedaan Kamera Mirrorless Dengan  DSLR secara umum:

  1. Mirrorless memiliki kualitas viewfinder yang kurang nyata dan jelas karena menggunakan tampilan LCD elektronik, sedang DSLR lebih cerah dan tajam seperti melihat secara langsung.
  2. Kualitas gambar Mirrorless umumnya banyak noise karena kemampuan menangkap gambar yang rendah. DSLR menggunakan sensor yang besar dan dapat menangkap cahaya dengan lebih baik yang dikenal dengan full frame.
  3. Aksesoris lensa pada kamera mirroress lebih sedikit pilihannya, pada kamera Dslr pilihan lensa lebih banyak karena dapat menggunakan merk lensa lain dari yang paling murah dan yang paling mahal.

Demikianlah artikel tentang Perbedaan Kamera Mirrorless Dengan  DSLR.