Penting! Checklist Persiapan 30 Hari Menjelang Pernikahan

Penting! Checklist Persiapan 30 Hari Menjelang Pernikahan

Checklist Persiapan 30 Hari Menjelang Pernikahan

Checklist Persiapan 30 Hari Menjelang Pernikahan – Mempersiapkan pernikahan memang tidak semudah yang dipikirkan. Banyak sekali hal yang harus dipersiapkan mulai dari hal terkecil sampai yang terbesar. Tentunya persiapan ini harus dilakukan dengan matang. Biasanya persiapan pernikahan itu sendiri dilakukan dalam kurun waktu 6 bulan bahkan sampai 1 tahun, bukan waktu yang sebentar ya. Mengingat panjangnya waktu persiapan pernikahan terkadang membuat calon pasangan pengatin terlena dengan waktu yang dimiliki, sehingga membuat persiapannya tidak matang. Pastinya kamu dan pasangan tidak menginginkan hal itu terjadi pada persiapan pernikahanmu kan?

Kamu juga pasti tidak ingin pernikahanmu yang akan terjadi sekali seumur hidupmu jadi kacau karena hal-hal kecil. Seperti, kamu lupa untuk mengecek gaun-gaun yang akan dikenakan oleh bridesmaid, atau penghulu terlambat datang karena lupa dengan waktu yang sudah ditentukan. Hal-hal seperti itu bisa kamu hindari apabila kamu melakukan persiapan kembali pada H-30 jelang pernikahanmu.

Berikut ada beberapa persiapannya :

  • Melakukan Fitting Gaun Pengantin

Hal yang sering terjadi pada calon pengantin wanita biasanya naik atau turunnya berat badan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa wanita jika sedang stres bisa menambah nafsu makan atau bahkan sebaliknya. Bagaimana denganmu? Biasanya mempersiapkan pernikahan tentunya akan menguras energi dan pikiran kamu ya, jika itu terjadi stres akan mudah menyerang kamu. Maka dari itu, minimal H-30 jelang hari pernikahanmu lakukanlah fitting gaun pengantin kembali.

Memang naik atau turunnya berat badanmu tidak akan terjadi secara signifikan, jadi tidak terlalu berpengaruh pada pas atau tidaknya di badan kamu. Namun, perlu diingat kembali bahwa fitting tidak selalu tentang ukuran saja, bisa jadi ada detail-detail yang dirasa perlu ditambahkan atau dikurangi.

  • Menghubungi Para Bridesmaid & Groomsmen, Pastikan Baju Yang Akan Dikenakannya

seragam groomsmen

Selain melakukan fitting untuk gaun pengantinmu, tanyakan kembali baju-baju para bridesmaid dan groomsmen apakah sudah siap juga. Pastikan kembali jumlah dan ukuran yang akan dikenakan nantinya.

Juga, jangan lupa untuk menghubungi para bridesmaid dan groomsmen pernikahanmu. Pastikan mereka sudah fix untuk menjadi bridesmaid dan groomsmen pernikahanmu nanti. Tanyakan kembali kepada meraka apakah ukuran bajunya sudah sesuai atau belum.

  • Dinner Bersama Keluargamu

Hal ini terlihat seperti biasa saja namun, dinner keluarga ini akan menjadi spesial saat nanti kamu sudah memiliki keluarga sendiri. Nanti apabila kamu sudah memiliki keluarga sendiri, dinner bersama keluargamu akan menjadi hal yang kamu tunggu-tunggu. Maka dari itu, sempatkan waktu untuk melakukan dinner bersama keluargamu dengan adanya ayah, ibu, kakak, dan adikmu akan menjadi quality time untuk keluargamu.

Saat dinner berlangsung, usahakan untuk tidak fokus terhadap gawai masing-masing. Jadikan dinner keluarga ini menjadi kesempatan untuk mengobrol intim antar keluarga. Atau kamu bisa mengadakan tuker kado dari masing-masing anggota keluarga.

  • Romantic Dinner Untuk Terakhir Kalinya Sebagai Sepasang Kekasih Sebelum Sah

pasangan pengantin

Selain dinner bersama keluarga, adakan juga romantic dinner bersama sang pacar sebelum nantinya menyandang status suami istri. Kamu bisa melakukan romantic dinner ini sebelum dinner bersama keluarga, atau setelahnya itu tergantung kamu ya. Jadikan moment romantic dinner ini sebagai ajang untuk kamu mengenang masa-masa kalian awal bertemu sampai akhirnya akan menikah.

Tidak ada salahnya juga untuk mengenang pertengkaran-pertengkaran kecil yang sekarang ini hanya menjadi hal yang lucu untuk dibicarakan. Selain mengobrol manis kamu juga bisa mengingat kembali kenangan pahit manisnya hubungan kalian berdua. Tapi jangan hanya flashback saja ya, obrolkan juga harapan-harapan yang ingin dicapai setelah kalian sudah menikah tentunya.

  • Selesaikan Semua Urusan Dengan Vendor-vendor Pastikan Semuanya Sudah Fix

Hal penting lainnya adalah untuk menyelesaikan semua urusan dengan vendor-vendor. Dalam hal ini pastikan semua yang berhubungan dengan vendor sudah fix, jangan sampai ada hal yang masih belum pasti. Pastikan pada H-30 hari jelang pernikahanmu berlangsung semua yang berkaitan dengan vendor sudah clear. Jika semua urusan dengan vendor sudah fix maka kamu dan pasangan juga akan merasa lega, tinggal menunggu hari H-nya saja. hal ini harus benar-benar kamu lakukan ya, agar hari-H pernikahanmu berjalan dengan lancar.

  • Melakukan Wedding Treatment Sebelum Hari-H

pengantin wanita jawa

Saat ini, sudah banyak klinik kecantikan yang menawarkan treatment khusus untuk wedding. Wedding treatment yang ditawarkan juga beragam mulai dari perawatan ujung kaki sampai ujung rambut. Khusus untuk wedding treatment biasanya ada tambahan spa ratus untuk organ intim calon pengantin wanita.

Wedding treatment sendiri bisanya dilakukan pada H-6 bulan jelang pernikahan. Nah, pada H-30 Hari pernikahanmu pastikan kamu melakukan wedding treatment ini untuk mencapai hasil yang maksimal. Wedding treatment ini bertujuan untuk kesehatan kulitmu, agar nanti saat hari-h penampilanmu menjadi semakin fresh, dengan kulit yang bersinar.

Baca juga 4 Tips Tampil Cantik dan Fit di Hari Pernikahan

  • Menentukan Tanggal Cuti Dari H-1 Untuk Dijadikan Hari Tenangmu

Alangkah baiknya kamu menentukan tanggal cuti mulai dari H-1 jelang pernikahanmu. Apa kamu pernah mendengar bahwa orang tua selalu berkata pamali kepada calon pengantin untuk pergi keluar rumah jika sudah mendekati hari-H. Biasanya calon pengantin tidak percaya tentang larangan ini, namun kamu bisa mengambil hal positifnya ya. Positifnya mungkin orang tua khawatir akan terjadi hal buruk pada calon pengantin jika berpergian keluar rumah menjelang hari pernikahannya.

Kamu juga pasti tidak ingin sesuatu hal buruk menimpamu kan. Nah, positifnya lagi kamu bisa memanfaatkan satu hari ini sebagai hari tenangmu. Hari tenang bukan cuma untuk orang-orang yang akan ujian ya. hal ini berlaku untuk calon pengantin. Manfaatkan hari tenangmu untuk membuat dirimu menjadi lebih rileks agar tidak gugup di hari-H nanti.

  • Menyelesaikan Semua Urusan Pekerjaan Sebelum Cuti Nikahmu Berlangsung

Sebelum masa cuti nikahmu berlangsung, usahakan untuk menyelesaikan pekerjaanmu. Disela-sela persiapan pernikahan kamu dan pasangan, sempatkan untuk menyelesaikan semua pekerjaanmu. Jangan sampai kamu menunda-nunda secara sengaja untuk dikerjakan saat sudah kembali bekerja. Kamu pasti tidak ingin setelah melewati masa bahagia di pernikahan malah harus menerima kenyataan bahwa pekerjaanmu menumpuk. Alangkah lebih baik kamu menyelesaikan semua perkerjaanmu sebelum cuti berlangsung. Agar nantinya kamu tidak akan ditimpa pekerjaan yang menumpuk setelah masa cutimu sudah habis.

  • Membeli Hadiah Untuk Mereka Yang Sudah Membantu Persiapan Pernikahanmu

box cincin pernikahan

Sempatkan waktu membeli hadih untuk mereka yang sudah membantu dalam persiapan pernikahanmu. Dalam mempersiapkan pernikahan kamu dan pasangan tentunya tidak dilakukan oleh kamu berdua ya. Tetapi ada rekan, keluarga, saudara bahkan tetangga yang ikut andil dalam membantu persiapan pernikahan kamu dan pasangan. maka dari itu, tidak ada salahnya kamu untuk membelikan hadiah sebagai bentuk tanda terima kasihmu kepada mereka yang sudah membantu.

Tanda terima kasih memang bisa dilakukan dengan cara apapun ya. Namun dengan memberikan hadiah pasti akan memberikan kesan tersendiri. Semoga pernikahanmu nanti akan berjalan lancar dengan memprakterkan hal-hal diatas.

Simak juga 5 Cara Berterimakasih Pada Vendor Pernikahanmu

9 Hal ini wajib untuk kamu lakukan agar pernikahanmu nanti akan berjalan dengan baik dan lancar. Jangan sampai ada satu saja yang terlewatkan dan mengakibatkan kekacauan pada hari-H nanti hanya karena masalah sepele. Semoga pernikahanmu berjalan sesuai keinginanmu ya! Cek juga instagram kami untuk melihat foto hasil dokumentasi Alienco Photo bersama klien-klien kami di @aliencophoto.  Dapatkan promo menarik dengan cek website ALIENCO Photo

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp