PENJELASAN DETAIL MENGENAI TATA RIAS PENGANTIN JAWA TRADISIONAL

Rias Pengantin Jawa Tradisional

Anda sedang mencari rias pengantin jawa tradisional? Atau anda sedang mempelajari rias pengantin jawa tradisional? Artikel ini akan membahas rias pengantin jawa terbaru dan rias pengantin jawa terbagus guna menambah wawasan tentang tata rias untuk anda para pembaca alienco.net.

Rias pengantin jawa yang bagus merupakan harapan setiap pasang pengantin yang menobatkan adat jawa sebagai tema utama dalam pernikahannya. Rias pengantin adat jawa identik dengan sanggul, kebaya, dan paes ageng pada mempelai wanita, dan pada mempelai pria bertahtakan blangkon dan disematkan keris di pinggang.

Tata rias pengantin jawa untuk pembuatan paes ageng saja membutuhkan  waktu yang lama, paes ageng teah dilukis tipis pada saat malam midodareni, yakni malam dimana mempelai pria bersama rombongan datang kepada keluarga mempelai wanita untuk menyatakan kesiapannya esok hari untuk menjalankan akad nikah.  Riasan cantik mempelai wanita pada malam ini tidak dapat dilihat oleh mempelai pria, hanya kerabat dan sahabatnya yang diperbolehkan untuk melihatnya. Paes akan ditebalkan dan semakin tampak keindahannya pada saat prosesi pernikahan.

Sedangkan untuk rias pengantin jawa tradisional sanggul membutuhkan waktu agar pemasangan sanggul kencang dan tetap nyaman dikenakan oleh sang pengantin wanita. Penggunaan sanggul atau konde pada prosesi pernikahan adat jawa, hampir di setiap prosesi digunakan. Kecuali, pada prosesi siraman yang menghendaki rambut atau kepala mempelai wanita disiram dan dibasahi. Bentuk sanggul pun beraneka ragam, mulai yang berbentuk lingkaran kecil, lingkaran besar, hingga bentuk yang cenderung elips. Pengunaan masing – masing bentuk sanggul disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk acara pesta pernikahan para tamu undangan yang telah menjadi ibu menggunakan sanggul yang lebih besar dibandikan dengan mereka yang masih gadis. Sedangkan untuk sang pengantin wanita, penggunaan sanggul disesuaikan dengan penampilan dirinya.

Wanita yang memiliki wajah berbentuk bulat dalam menggunakan konde atau sanggul biasanya memiliki kepercayaan diri lebih rendah dibandingkan wanita yang memiliki bentuk wajah tirus, lonjong atau yang lainnya. Hal ini disebabkan karena bentuk sanggul yang bulat akan menambah bulat bentuk wajah wanita yang bulat. Untuk mensiasati hal tersebut, rias pengantin jawa yang cocok untuk wajah bulat akan menjadi solusinya. Tata rias pengantin jawa wajah bulat yang baik adalah dengan menegaskan polesan blush on pada tulang pipi dari arah atas ke bawah membentuk garis, hal ini akan membuat effect tirus wajah yang bulat.

Rias pengantin jawa yang cocok untuk wajah bulat lainnya adalah pemilihan bentuk sanggul yang tepat. Sebaiknya wanita berwajah bulat menggunakan sanggul yang berbentuk cenderung elips dan besarnya melebihi bagian belakang kepala. Bentuk sanggul yang besar akan memberikan effect wajah bulat menjadi lebih kecil. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat video tata rias pengantin jawa berikut.

Setelah mengamati detailnya tata rias dalam vidio rias pengantin jawa tentu penjabaran akan semakin jelas. Hal selanjutnya yang akan dibahas adalah berkenaan dengan kebaya. Baju kebaya bukan hanya menjadi identitas wanita jawa, tetapi kebaya telah menjadi identitas wanita bangsa Indonesia yang telah dikenal dunia. Pengunaan detail jenis kebaya berbeda-beda di setiap daerahnya, penggunaan kebaya tersebut melengkapi rias pengantin jawa timur (rias pengantin jawa timur ponogoro, rias pengantin jombang jawa timur, rias pengantin kediri jawa timur, rias pengantin nganjuk jawa timur) dan wilayah lainnya.

Semoga pembahasan tentang  rias pengantin jawa tradisional ini dapat bermanfaat untuk anda semua. [LS]