Panduan Dasar Menggunakan Kamera DSLR untuk Pemula

Panduan Dasar Menggunakan Kamera DSLR untuk Pemula

Panduan Dasar Menggunakan Kamera DSLR untuk Pemula

Sobat ingin menjadi seorang fotografer profesional? Jika iya maka sobat harus memahami dasar- dasar dalam menggunakan kamera DSLR.

Pengertian Kamera DSLR

Untuk belajar fotografi mengguakan kamera DSLR sobat harus lebih tahu terlebih dahulu apa yang dinamakan dengan kamera DSLR. DSLR sendiri merupakan kepanjangan dari Digital Single Lens Reflex atau juga bisa disebut dengan kamera dasar lensa tunggal adalah kamera yang memakai sistem jajaran lensa tunggal untuk menuju viewfinder dan focal panel. Sistem atau model Kamera jenis ini memungkinkan sekali untuk menghasilkan gambar sesuai dengan apa yang sedang kita lihat. berikut mari simak Panduan Dasar Menggunakan Kamera DSLR untuk Pemula.mode kamera

5 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Dalam Belajar Kamera DSLR :

  1. Selalalu gunakan mode manual

Meski dalam kamera DSLR kamu sudah tersedia fitur auto, selalu gunakanlah mode manual untuk mengasah kemampuan dan intuisi kamu dalam mengambil foto. Jika sobat terus mengandalkan mode auto maka kemampuan sobat pun juga akan sulit berkembang.

  1. Pahami 3 elemen penting dalam kamera DSLR

Ketiga elemen penting tersebut adalah ISO, Aperture, serta Shutter Speed. ISO berfungsi untuk kepekaan cahaya pada lensa. Aperture merupakan bukaan lensa yang mengatur seberapa besar kecilnya diafragma sehingga akan berpengaruh terhadap jumlah cahaya yang akan masuk. Sementara Shutter Speed  adalah rentan waktu yang dibutuhkan ketika menekan tombol shutter sobat terbuka.

  1. Gunakan lensa kit (lensa bawaan)

Lensa kit atau bawaan sudah dapat menghasilkan jepretan yang bagus bagi seorang pemula. Setelah kemampuan sobat dirasa sudah meningkat baru sobat bisa mencoba menggunakan lensa tertentu.

  1. Selalu memotret objek yang dianggap menarik

Ini bukan zamanya fotografi menggunakan klis. Oleh karena itu jangan pelit- pelit untuk selalu menjepretkan kamera sobat. setiap ada objek yang sobat anggap menarik langsung saja diambil fotonya. Ini akan meningkatkan kemampuan serta insting fotografi sobat.

  1. Lebih bagus jika belajar bersama orang yang lebih ahli

ini akan membantu sobat dengan cepat belajar fotografi menggunakan kamera DSLR, dengan orang yang lebih tahu sobat bisa sering dan konsultasi atas hasil foto sobat.