Menentukan Tanggal Pernikahan, Simak Tips dan Caranya Disini!

Menentukan Tanggal Pernikahan, Simak Tips dan Caranya Disini!

Tips Menentukan Tanggal Pernikahan

Sebelum menentukan pesta pernikahan, pasti melalui proses menentukan tanggal. Saat kamu dan pasangan memutuskan untuk menikah. Sebelum melakukan proses persiapan pernikahan lainnya. Langkah berikutnya adalah menentukan tanggal pesta pernikahan akan berlangsung. Untuk memutuskan hal ini, kamu dan pasangan harus memiliki keputusan yang bijak. Karena, menentukan tanggal pernikahan bukanlah hal yang gampang dilakukan.

Menentukan tanggal pernikahan memang terdengar sederhana. Namun, hal ini bisa membuat kamu dan pasangan keribetan lho. Apalagi jika kamu dan pasangan merupakan sama-sama pekerja  kantor yang super sibuk. Disisi lain, pernikahan ini bukan hanya kamu dan pasangan saja yang mempersiapkannya. Tapi akan ada keluarga besar kamu dan pasangan juga yang akan terlibat. Maka dari itu menentukan tanggal pernikahan juga harus melibatkan kedua belah pihak. Kalau kamu masih kebingungan untuk menentukan tanggal pernikahan. Berikut ada beberapa tips menentukan tanggal pernikahan.

pasangan pengantin

  1. Perkirakan Waktu Persiapan Pernikahan Kamu dan Pasangan

Tanggal pernikahan akan berpengaruh pada waktu persiapan. Dan itu sudah dipastikan ya. Memang tidak salah mempercepat pernikahan agar cepat halal. Namun, bukan berarti kamu memilih tanggal dengan waktu yang sempit untuk persiapan.

Supaya kamu dan pasangan mendapatkan tanggal yang pas untuk pernikahan. Pastikan lebih dulu untuk memiliki waktu yang cukup untuk persiapan pernikahan. Seperti mencari vendor-vendor, venue, dan kebutuhan lainnya. Biasanya persiapan pernikahan membutuhkan waktu 6-12 bulan.

Tapi, jika kamu dan pasangan ingin mengadakan pesta pernikahan sederhana. Maka, cukup membutuhkan waktu 3-5 bulan saja. Perkirakan dulu dengan matang ya, jangan sampai kamu tergesa-gesa. Sehingga tidak mendapatkan hasil yang maksimal di hari-H nanti, kamu pasti tidak mau kan?

  1. Samakan Jadwal Saat Kedua Belah Pihak Tidak Sama-sama Sibuk

Tips yang satu ini bisa kamu pertimbangkan. Kamu dan pasangan hanya perlu mencari tanggal saat kalian sama-sama tidak sibuk. Sibuk dalam artian pekerjaan masing-masing ya. Contohnya saat mendekati hari-hari libur panjang. Seperti, hari raya idul fitri, atau hari libur panjang saat tahun baru.

Biasanya dikantor-kantor apabila mendekati libur panjang akan banyak sekali pekerjaan. Mungkin kamu merupakan pekerja bagian keuangan. Dan di akhir tahun perusahaan harus melakukan tutup buku. Hal itu pasti akan membuatmu super sibuk ya.

Nah, sangat tidak disarankan bagi kamu dan pasangan untuk menentukan ditanggal-tanggal sibuk seperti ini.

menentukan tanggal pernikahan

  1. Pertimbangkan Kembali Hari Libur Nasional

Jadikan hari libur nasional ini sebagai bahan pertimbanganmu. Tentunya untuk menentukan tanggal pernikahan. Biasanya mendekati hari libur nasional, banyak orang yang berbondong-bondong mengajukan cuti. Beragam ya, ada yang cuti pulang kampung, atau bisa saja untuk liburan. Karena cukup banyak orang yang mengambil cuti dihari libur nasional.

Apakah mereka bisa datang ke pesta pernikahanmu? Khawatirnya mereka tidak bisa hadir ya. Maka dari itu kamu dan pasangan haru mempertimbangkannya kembali.

Simak juga Tanggal Cantik dan Long Weekend 2019

  1. Diskusikan dengan Kedua Belah Pihak Keluarga

Lagi lagi pernikahan bukan hanya tentang kamu dan pasangan saja ya. Ada masing-masing pihak keluarga yang akan terlibat. Nah, sebaiknya kamu dan pasangan mendiskusikan hal ini dengan mereka yang akan terlibat. Hal ini penting sekali untuk dilakukan ya. Kamu pasi menginginkan kehadiran keluarga kamu di hari istimewamu kan? Nah, jika kamu melakukan diskusi terlebih dahulu. Kamu jadi lebih tahu siapa saja yang bisa hadir ditanggal yang nantinya disepakati kedua belah pihak.

  1. Perhatikan Cuaca

Bagaimana dengan konsep pernikahan impian kamu dan pasangan? Jika kamu ingin pernikahan kamu dan pasangan digelar di luar ruangan. Maka, hindari tanggal-tanggal di musim hujan. Bisa dibayangkan ya saat pestamu digelar tiba-tiba hujan besar turun. Duh, jangan sampai itu terjadi di hari istimewa kamu ya.

Biasaya di Indonesia terjadi musim penghujan mulai dari bulan septermber sampai dengan februari. Namun, jika kamu kekeh menginginkan tanggal di bulan tersebut. Siapkan rencana cadangan ya jika pestamu digelar outdoor.

 

Apabila kamu memiliki tanggal istimewa. Seperti, hari pertama bertemu, hari jadi pacaran, atau hari isitmewa lainnya. Sah-sah saja jika kamu menentukan tanggal sesuai hari jadi tersebut. Namun, sangat disarankan untuk mempertimbangkan kelima tips diatas ya. Semoga bermanfaat!

 

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp