Manfaat dan Makna Pingitan Sebelum Pernikahan

Manfaat dan Makna Pingitan Sebelum Pernikahan

Manfaat dan Makna Pingitan Sebelum Pernikahan

Tentu kamu pernah mendengar istilah ‘pingitan’ kan? Ya, memang sudah menjadi tradisi di sebagian besar masyarakat di Indonesia, terutama di daerah Jawa bahwa sebelum waktu acara pernikahan. Calon pengantin wanita harus mengikuti masa ‘pingitan’. Biasanya seminggu sebelum hari H, calon pengantin harus berada di dalam rumah, tidak boleh ditemui oleh calon pengantin pria. Tentunya bagi pasangan yang sudah benar-benar saling mencintai dan merasa dekat, masa-masa pingitan menjadi ‘siksaan’ tersediri, rasa rindu ingin bertemu, gelisah dan lain-lain sering bercampur aduk. Waktu yang seminggu terasa seperti setahun.

Namun ternyata, masa-masa ‘pingitan’ ini memiliki manfaat dan makna lho, yuk langsung simak saja

Menjaga Stamina Calon Pengantin

Acara di hari pernikahan biasanya memakan waktu yang cukup lama, apalagi jika menggunakan acara adat dengan berbagai kegiatan akan banyak membutuhkan tenaga dan stamina yang prima. Nah di masa pingitan ini, kedua calon pengantin diharapkan benar-benar mempersiapkan diri untuk kegiatan-kegiatan yang akan diadakan. Jangan sampai pada acara pernikahan justru pasangan pengantinnya malah jatuh sakit karena kelelahan.

Baca juga, Wajib Baca! 4 Tips Tampil Cantik dan Fit di Hari Pernikahan

Menjaga Aura Pengantin Wanita

Selain menjaga stamina dan kebugaran, masa pingitan bisa sebagai masa-masa untuk memanjakan diri dengan perawatan tubuh dan kecantikan calon pengantin wanita khususnya. Dengan berdiam di rumah, tubuh kamu akan terasa lebih segar, ditambah lagi dengan perawatan khusus akan membuat kecantikanmu lebih berpendar saat hari pelaksanaan pernikahan nanti.

Menjaga Rasa Rindu

Rasa  rindu ingin bertemu tentunya akan kamu rasakan di masa-masa pingitan ini. Makin lama waktu pingitan maka rasa rindu bertemu akan terasa lebih kuat, dan nanti akan terbayarkan ketika kamu bertemu dengan pasanganmu di pelaminan di hari pernikahan.  Hal ini tentunya akan terasa lebih membahagiakan bagimu, dibanding jika rasa rindu yang kamu rasakan hanya sedikit saja.

Melatih Rasa Saling Percaya dan Menjaga Diri

Kepercayaan dari kedua belah pihak calon pengantin merupakan hal yang sangat penting nantinya ketiga membina hubungan keluarga. Di masa pingintan ini calon pengantin tetap harus saling menjaga kepercayaan meskipun lama tidak berjumpa. Nantinya ketika benar-benar harus terpisah oleh karena keadaan, masing-masing pihak sudah benar-benar mampu mempercayai pasangannya yang mungkin berada cukup jauh di sana.

Hal-hal yang membahayakan atau merugikan bisa terjadi kapan saja, terlebih kalau kamu berada di luar rumah. Nah kamu dapat lebih menjaga diri jika kamu berada di rumah beserta keluarga. Kamu juga akan belajar menahan diri nantinya sehingga akan tahu mana yang layak kamu kerjakan nanti dengan statusmu yang bukan lajang lagi.

 

Nah, bagaimana? Ternyata manfaat dan makna pingitan sebelum pernikahan dalam juga, ya. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat, ya!

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp