Macam–Macam Jenis Kebaya Pengantin Yang Mungkin Kamu Belum Tau

Macam–Macam Jenis Kebaya Pengantin Yang Mungkin Kamu Belum Tau

Macam-macam Kebaya Pengantin

Salah satu identitas wanita Indonesia adalah pakaiannya, yakni kebaya. Macam-macam jenis kebaya pernikahan di Indonesia beragam. Tentunya hal ini akan menambah keanggunan para pengantin wanita Indonesia. Macam macam kebaya berikut ini dapat menjadi rekomendasi untuk anda kenakan, baik saat anda melangsungkan pernikahan atau anda sedang menghadiri acara resepsi pernikahan.

Macam-macam kebaya pengantin yang pertama adalah kebaya jawa, kebaya ini sering digunakan oleh para pengantin wanita Jawa dengan berbagai jenis bahan dan model. Biasanya pengantin jawa menggunakan kebaya Jawa menggunakan kebaya berwarna hitam dengan berbahan bludru berkombinasi dengan hiasan berwarna gold. Kebaya hitam bludru pengantin ini dipadukan dengan kain batik yang diikat dengan stagen yang dililit di pinggang sehingga kencang dan kain tidak mudah lepas.

Macam-macam kebaya Pengantin tradisional selanjutnya adalah kebaya kutubaru, kebaya ini juga identik dengan nuansa jawa. Namun, yang membedakannya dengan kebaya jawa adalah bentuk dan warnanya yang lebih bercorak dan colourfull. Kebaya kutubaru merupakan pakaian kebaya dengan kain penghubung antara sisi baju yang kanan dengan sisi baju sebelah kiri, biasanya kebaja kutubaru ini akan bertambah anggun dengan penggunaan stagen yang terlihat. Stagen selain untuk mengikat kencang kain tapi juga berfungsi untuk menambah terlihat langsing bagi para penggunanya. Para pengantin wanita, jarang menggunakan jenis kebaya kutubaru ini, namun kebaya jenis ini sering digunakan oleh para tamu undangan.

contoh foto pengantinwanita adat sunda jawa kebaya tradisional depok jakarta bogor
www.Alienco.net

Macam-macam kebaya Indonesia selanjutnya adalah kebaya bali, kebaya bali tidak jauh berbeda dengan jenis kebaya jawa yang membedakannya hanyalah adanya selendang yang melingkar di bagian pinggang. Hiasan selendang di pinggang penggunanya akan menambah kesan manis dan langsing. Biasanya kebaya jenis ini digunakan oleh masyarakat Bali dalam menghadiri berbagai kegiatan adat atau kegiatan spiritual.

Macam-macam bentuk kebaya yang terakhir adalah kebaya encim, yang merupakan perpaduan antara kebaya Indonesia dengan pakaian shanghai (Cina). Ciri khas dari kebaya ini adalah kerahnya yang berbentk V dan berhiaskan bordir. Kebaya Encim ini merupakan kebaya yang digunakan oleh nona none betawi.

Diantara macam-macam kebaya di Indonesia,  kini telah bermunculan macam-macam kebaya modern. Hal ini menyesuaikan dengan trend busana kekinian. Macam macam kebaya pengantin terbaru ini, biasanya memodifikasikan bahan dan aksesoris kebaya serta bentuk leher maupun bagian lainnya tanpa menghilangkan identitas kebaya yang ada.Selain memodifikasi hiasan pada kebaya, bawahan pasangan kebaya yang digunakan pun beragam dapat menggunakan jeans, kain berbentuk rok mini, atau berbagai bentuk rok lainnya.

Selain itu, hal yang terbaru dari kebaya adalah adanya macam macam kebaya muslim. Bentuk kebaya yang memang panjang dan menutup aurat tubuh wanita disesuaikan kelonggarannya agar tidak membentuk lekuk tubuh wanita muslimah yang menggunakannya.

contoh pose wedding photography aang n juwi kebaya muslim bogor depok bandung
alienco.net

Apapun macam bentuk kebaya anda, hal yang terpenting adalah perawatan kebaya tersebut. Setiap penggunaan kebaya selama tidak kotor dan bau maka kebaya tersebut  cukup anda dry clean. Anda harus menghindari mencuci kebaya dengan menggunakan mesin cuci terlebih jika kebaya anda memiliki banyak hiasan payet. Anda cukup mencuci dengan tangan dan diremas-remas dengan deterjen yang aman. Saat menyetrika kebaya anda, hindari melipat. Gantung dan gunakan plastic pelindung agar keindahan kebaya anda tetap terjaga.

Demikianlah artikel macam-macam kebaya pengantin, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda para pembaca alienco.net, selamat berbahagia. [LS]

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp