Lamaran di Rumah? Ini Dia Kelebihan dan Kekurangannya

Lamaran di Rumah? Ini Dia Kelebihan dan Kekurangannya

Lamaran di Rumah? Ini Dia Kelebihan dan Kekurangannya

Acara pernikahan tentu tidak akan dilangsungkan begitu saja ketika kedua calon pengantin sudah sama-sama setuju untuk membina hubungan keluarga. Terlebih lagi di negeri kita, pernikahan sering merupakan acara inti yang didahului oleh acara sebelumnya yaitu lamaran atau pertunangan. Keluarga dari masing-masing calon akan bertemu dan saling berkenalan dalam acara resmi ini, juga hal-hal yang terkait dengan persiapan pernikahan seperti waktu, tata cara dan hal-hal lain yang bersifat teknis maupun teknis dirembug bersama.

Sudah menjadi tradisi dalam acara lamaran, biasanya pihak pria dan keluarga mendatangi tempat tinggal keluarga calon wanita untuk mengajukan lamaran dan melaksanakan pertunangan, namun tidak menutup kemungkinan acara pra pernikahan ini diselenggarakan di tempat yang sudah disediakan secara khusus atau memesan tempat tertentu seperti  hotel, rumah makan tentunya dengan pertimbangan masing-masing.

Nah mana  tempat yang ingin kamu pilih untuk menyelenggarakan acara lamaran yang akan kamu laksanakan?  Info berikut dapat menjadi masukan buat kamu-kamu yang masih bingung memilih yang mana, mungkin kelebihan dan kekurangan dari lamaran di rumah ini harus kamu simak

Lamaran di rumah mempunyai beberapa kelebihan yang diantaranya adalah :

Pertama, dari segi anggaran melaksanakan acara lamaran tentu akan mengurangi biaya pengeluaran yang cukup besar dari segi pengeluaran biaya untuk tempat. Meskipun kamu juga perlu mengeluarkan anggaran untuk mendekorasi rumah agar layak menjadi tempat untuk acara lamaran, tapi biasanya relative lebih ringan.

Kedua, penyelenggaraan acara lamaran yang dilakukan di rumah akan mengurangi kesan acara resmi atau formal, jadi kedua belah pihak akan lebih merasa informal dan akan lebih lepas dalam berkomunikasi maupun berinteraksi. Meskipun kadang tempat penyelenggaraan agak kurang representatif disbanding gedung khusus namun waktu yang tersedia tidak mengikat, dapat dilakukan dengan rentang waktu yang cukup lama jika mungkin memang ada hal-hal yang penting yang memang perlu dibicarakan secara lebih mendalam.

Ketiga, sudah menjadi tradisi turun temurun jika acara lamaran diselenggarakan di rumah calon pengantin wanita, acara ini merupakan acara yang dianggap sakral, sehingga pelaksanaannya pun diadakan dengan persiapan khusus baik dari segi tempat maupun makanan dan minuman  yang disediakan.

Lihat juga, Tips Menghias Hantaran Lamaran

Selain kelebihan di atas, pelaksanaan lamaran di rumah tentu juga ada kekurangannya,

Pertama, keluarga pengantin wanita yang menjadi tempat penyelenggaraan lamaran tentunya perlu mempersiapkan dengan baik agar nantinya acara lamaran dapat menjadi acara yang benar-benar seperti yang diharapkan. Nah tentunya perlu persiapan yang matang, dank arena banyak hal yang perlu dikerjakan baik dari segi persiapan tempat, menata dekorasi maupun mempersiapkan makanan atau minuman yang akan disediakan, sehingga akan lebih repot jika hanya sedikit yang dapat membantu.

Kedua, fasilitas untuk penerimaan pihak pelamar juga perlu dipertimbangkan, karena tentunya yang datang dari pihak pelamar tidak hanya orang tua dan calon pengantin saja, ada kemungkinan akan disertai juga dengan keluarga besar lainnya, atau mungkin juga tetangga atau kerabat jauh dari pelamar. Jadi perlu dipertimbangkan juga masalah luas tempat yang dipakai, parkiran, penerima tamu dll. Meskipun kadang tetangga memaklumi tentunya jangan sampai merepotkan atau mengganggu aktivitas mereka yang mungkin kepentingan dengan tampat atau area yang kita gunakan.

Ketiga, mungkin bagi calon pengantin yang terpisah jarak cukup jauh, penyelenggaraan acara lamaran di rumah agak merepotkan salah satu pihak, sehingga mungkin perlu disepakati tempat tertentu yang dapat dijangkau oleh kedua belah pihak.

 

Nah, kamu sekarang tentu akan lebih mantap akan memilih tempat mana utnuk penyelenggaraan acara lamaran kamu. Manapun yang kamu pilih, tentunya harus kamu pertimbangkan masak-masak ya.

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp