Inilah Tata Cara Pernikahan Adat Betawi Yang Kalian Harus Tahu

Inilah Tata Cara Pernikahan Adat Betawi Yang Kalian Harus Tahu

Inilah Tata Cara Pernikahan Adat Betawi Yang Kalian Harus Tahu

Tentu sobat sudah akrab betul dengan kebudayaan Betawi. Ya, ciri khas ondel-ondel yang menjadi ikon kota Jakarta tersebut ternyata memiliki sejuta tradisi yang tak kalah uniknya, terutama dalam hal perkawinan. Dalam tradisi Betawi perkawinan merupakan hal yang sakral dan sarat penuh makna.

Tata Cara Pernikahan Dalam Adat Betawi Sangatlah Unik

Adat pernikahan Betawi merupakan adat pernikahan yang masih sering dilakukan. Untuk memperjelas bagaimana tata cara perkawianan dalam adat Betawi berikut kami berikan ulasanya.

  1. Ngedelengin

Ngedelengin merupakan proses mencari pasangan yang dapat dilakukan oleh siapapun. Apabila ia (laki- laki) merasa cocok maka proses  pun dapat dilanjutkan ke arah pengenalan yang lebih mendalam melalui mak comblang.

  1. Ngelamar

Dalam adat Betawi ngelamar ini merupakan permintaan orang tua pria kepada orang tua si gadis.

  1. Bawe Tande Putus

Dalam adat pernikahan adat betawi, tande putus adalah tanda yang menggambarkan bahwa anak wanita yang telah dilamar oleh laki- laki tidak boleh diganggu laki- laki lain, meski belum ada akad nikah diantara mereka.

  1. Akad Nikah

Sama seperti halnya akad pernikahan pada umunya, akad nikah merupakan pengukuhan secara resmi sahnya pernikahan.

  1. Acare Negor

Setelah akad nikah, pada adat Betawi mempelai pria diperkenankan untuk menginap dirumah mempelai wanita, akan tetapi mereka tidak diperkenankan untuk melakukan hubungan intim layaknya suami istri.

  1. Pulang Tige Ari

Ini ditujukan sebagai tanda kegembiraan dari mempelai pria. Orang tua pria akan memberikan hadiah kepada pihak orang tua mempelai wanita sebagai tanda terimakasih telah menjaga kesucian anak perempuanya.

  1. Palang Pintucontoh foto pernikahan depok bekasi adat betawi palang pintu

Palang pintu adalah acara adat Betawi yang sangat menghibur. Tradisi ini dilakukan sebelum akad nikah dilaksanakan, calon mempelai pria harus menembus penjagaan dari jawara Betawi yang ditempatkan di depan pintu masuk tempat mempelai  wanita.

Itulah tata cara pernikahan yang ada di dalam  adat Betawi, semoga artikel Inilah Tata Cara Pernikahan Adat Betawi Yang Kalian Harus Tahu ini bermanfaat bagi anda. terimakasih.

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp