Ini Dia Prosedur Mengurus Pernikahan di Gereja Katolik!

Ini Dia Prosedur Mengurus Pernikahan di Gereja Katolik!

Ini Dia Prosedur Mengurus Pernikahan di Gereja Katolik!

Acara pernikahan merupakan acara penting bagi kedua calon pengantin. Semua persiapan telah dilakukan untuk menyambut acara ini. Gaun pernikahan, tema dan konsep pernikahan sudah ditentukan. Bagi yang beragama Kristen atau Katolik tentu juga harus mempersiapkan upacara pernikahan di gereja. Namun demikian untuk upacara pernikahan ini juga kamu perlu mengkonfirmasi dengan pihak gereja ya, karena tidak setiap saat gereja bisa dipakai untuk upacara pernikahan. Jadi buat kamu yang ingin mempersiapkan upacara pernikahan gereja, tips berikut ini dapat membantu kamu.

Mendaftar Kursus Pra Nikah

Sebelum menikah, pasangan pengantin katolik harus mengikuti kursus. Kursus ini dilaksanakan paling tidak pada waktu 6 bulan sebelum upacara pemberkatan. Tujuan kursus ini untuk menyiapkan pasangan pengantin menjalani kehidupan berkeluarga nantinya. Siapkan diri ya, datangi gereja katolik yang kamu pilih dan siapkan yatu:

  1. Surat pengantar dari gereja masing-masing : Surat ini dapat kamu peroleh dari gereja katolik yang kamu ikuti. Bisa jadi kamu berasal dari gereja yang sama, kalau demikian akan lebih mudah. Tapi kalau dari gereja yang tidak sama, kamu harus meminta surat pengantar ini dari masing-masing gereja yang diikuti.
  2. Salinan Surat Baptis
  3. Fotokopi akte kelahiran
  4. Salinan kartu KK dari gereja katolik masing-masing.

Setelah melakukan pendaftaran, petugas dari pihak gereja memilihkan jadwal yang kosong dan juga menentukan lokasi pelaksanaan kursus nanti. Oh ya kamu juga harus mempersiapkan biayanya ya, besarnya dapat kamu tanyakan ke gereja tempat kamu mendaftar.

Mengikuti Acara Kursus

Jadwal kursus biasanya ditentukan pada tiga hari weekend. Jadi kamu siapkan diri ya. Materi yang akan diberikan adalah beberapa hal yang terkait dengan kehidupan setelah pernikahan yang meliputi pengenalan diri, pengelolaan ekonomi, kehidupan sex dalam keluarga, kehidupan berkeluarga secara umum dan persiapan rencana untuk masa mendatang. Jika kamu selesai, gereja akan memberikan sertifikat kursus sebagai tanda kamu telah mengikuti kursus pra nikah ini. Sertifikat ini wajib dibawa ketika pendaftaran pernikahan nanti di gereja, jadi simpan baik-baik ya.

Simak juga, Mengurus Surat dan Dokumen Pernikahan Pada Beberapa Agama

Pendaftaran Untuk Penyelidikan Kanonik

Penyelidikan Kanonik ini adalah istilah dari pihak gereja untuk memastikan kalau kamu benar-benar siap memasuki masa pernikahan sebenarnya. Di sini hanya dilakukan wawancara oleh Pastur atau Romo jadi tidak perlu takut ya. Hal yang sangat ditekankan oleh Pastur atau Romo ini adalah apakah kamu memang benar-benar telah menyiapkan diri untuk membina kehidupan berkeluarga. Jangan sampai nanti setelah menikah ternyata salah satu dari pasangan tidak siap sehingga akan terjadi hal yang tak diinginkan. Untuk pendaftaran ini kamu bawa beberapa dokumen penting di antaranya :

  1. Surat pengantar dari gereja masing-masing yang asli
  2. Surat baptis yang asli, surat ini sudah diperbarui paling tidak 6 bulan sebelumnya.
  3. Selinan sertifikat kursus Pra Nikah untuk diserahkan kepada petugas gereja, sedangkan aslinya juga harus kamu tunjukkan ya.
  4. Fotokopi kartu KK Gereja katolik masing-masing
  5. Fotokopi akte kelahiran
  6. Fotokopi KTP pengantin
  7. Foto berdampingan 4 x 6 sebanyak 4 lembar dengan pengantin pria berdiri sebelah kanan.

Jika pasangan kamu tidak beragama katolik, siapkan juga 2 orang saksi untuk datang pada waktu penyelidikan kanonik. Kamu harus benar-benar hati-hati memilih saksi ini ya. Kenapa? Karena saksi ini nanti akan diminta penjelasan  mengenai pasangan kamu belum menikah dan tidak berhalangan untuk melakukan pernikahan dengan kamu.

Sedangkan bila kedua pasangan yang beragama katolik, Kursus Persiapan Pernikahan dan Penyelidikan Kanonik ini akan dilaksanakan di gereja paroki dari calon wanita. Jika nantinya kamu repot harus ke gereja masing-masing, mungkin karena kamu dan pasangan tinggal di suatu tempat sedangkan gereja asal jaraknya cukup jauh. Nah kamu dapat “menumpang” upacara pernikahan di gereja setempat. Tetapi kamu harus membawa surat pengantar dari pastor paroki di daerah tersebut untuk menikah di gereja pilihan.

Nah agar tidak repot-repot dua kali kerjaan, nih. Waktu pendaftaran penyelidikan katolik ini sekalian saja kamu daftarkan pernikahan kamu di kantor catatan sipil. Jadi lebih mudah, karena pihak gereja akan sangat senang memberikan bantuan. Beberapa dokumen juga kamu harus siapkan lagi ya:

  1. Surat baptis terbaru dan salinan surat nikah
  2. Salinan akte kelahiran
  3. Salinan KTP
  4. Salinan KK yang sudah dilegalisir
  5. Salinan surat keterangan menikah yang dikeluarkan oleh kelurahan
  6. Salinan KTP saksi pernikahan
  7. Foto Calon berdampingan ukuran 4×6 sejumlah 6 lembar

Mendaftarkan Tanggal Upacara Pernikahan

Waktu pendaftaran Kursus Persiapan pernikahan ini kamu juga bisa sekalian mendaftarkan tanggal pernikahan kamu. Nah untuk jadwal ini kamu tidak bisa menentukan sendiri ya, karena kamu juga harus konfirmasi ke pihak gereja kapan waktu yang tersedia untuk pelaksanaan acara pernikahan. Pada waktu perayaan Advent dan Pra paskah gereja Katolik tidak akan menerima upacara pemberkatan untuk pernikahan. Jadi pastikan kamu tidak memilih di tanggal-tanggal ini ya. Untuk pastinya, kamu bisa tanyakan dulu kapan waktu kosong yang bisa kamu pilih. Lalu, kamu kompromikan dengan jadwal rencana pernikahan kamu ya.

Baca juga artikel 8 Hal Wajib Kamu Ketahui Sebelum Tinggal Dengan Mertua

Biaya Pernikahan

Untuk melaksanakan upacara pemberkatan pernikahan di gereja ini tentulah kamu juga harus menyiapkan biayanya ya. Berapa besar biaya yang harus disiapkan bisa kamu tanyakan langsung ke pihak gereja. Karena memang tidak ada keseragaman untuk masing-masing gereja dalam menentukan besaran biaya ini. Yang pasti biasanya adalah biaya listrik dan AC, selain itu juga siapkan biaya untuk persembahan berupa buah, bunga dan bunga persembahan untuk Goa Maria, persembahan ini dilakukan pada waktu misa pemberkatan pernikahan.

Biaya lain adalah biaya untuk tempat, yang biasanya adalah tambahan untuk penataan ruang gereja dengan dekorasi khusus. Selain itu jika kamu mempunyai request khusus untuk acara pemberkatan ini, siapkan juga biaya-biaya yang diperlukan, agar nanti pada waktu pemberkatan, kamu sudah tenang karena semua sudah disiapkan.

 

Nah setelah semua persiapan ini, kamu juga perlu mempersiapkan buku misa untuk pemberkatan kamu. Tapi sebelumnya, kamu harus meminta persetujuan dari Romo/Pastur yang akan memberikan pemberkatan pernikahan. Saat ini ada peraturan baru yang harus diikuti, yaitu adanya pemilihan lagu-lagu gereja untuk mengiringi upacara pemberkatan.