Ini Dia 5 Tips Agar Tetap Tenang Saat Ijab Kabul!

Ini Dia 5 Tips Agar Tetap Tenang Saat Ijab Kabul!

Ini Dia 5 Tips Agar Tetap Tenang Saat Ijab Kabul!

Salah satu acara yang sangat penting dalam sebuah pernikahan adalah acara ijab kabul. Ijab kabul merupakan kalimat suci yang akan menjadikan sesuatu yang semula tidak boleh menjadi sesuatu yang boleh. Menjadi pengikat bagi seorang wanita dan pria dalam sebuah perjanjian suci untuk hidup bersama.

Ketika ucapan ijab kabul telah dilakukan dengan lancar dan undangan, saksi serta penghulu mengucapkan “SAH!!!”, inilah saat yang paling dinanti-nanti, karena sesudah inilah, kamu dan pasangan kamu bisa menjalankan kehidupan selanjutnya berdua dengan keridhoan dari Tuhan.

Biasanya momen inilah yang paling membuat calon pengantin terutama calon pengantin pria merasa sangat gugup dan sering salah. Kesalahan sedikit saja tentu akan membuat calon pengantin harus mengulangi ucapan ijab kabulnya.  Meskipun seorang penghulu biasanya sudah menuntun atau membacakan sebelumnya ucapan tersebut, masih juga terjadi kesalahan dalam pengucapan. Nah  agar kamu dan pasanganmu nanti tidak mengalaminya, kamu bisa mencoba tips berikut ini:

Practise Make Expert

Meskipun para undangan kadang sangat memaklumi jika terjadi kesalahan dalam ucapan ijab dan kabul dari seorang pengantin, tetapi akan lebih afdol jika kamu dan pasangan kamu mengikutinya dengan lancar. Nah untuk itu kalian berdua  perlu juga mempertimbangkan untuk berlatih terlebih dahulu. Kamu bisa meminta kakak atau adik di rumah untuk membantumu berlatih, mendengarkan atau mengoreksi jika salah. Kamu juga harus membiasakan mengucapkannya agar kamu nantinya mungkin malah menjadi hafal, dengan demikian akan lancar nantinya ketika harus mengucapkannya di hari pernikahan.

Kongkow Dengan Teman

Tanpa kamu sadari ternyata hari H sudah akan tiba, mungkin kesibukan dan banyaknya hal yang harus kamu lakukan membuat kamu tidak menyadari berjalannya waktu. Nah, kamu agar kamu tidak menjadi gugup dan cemas atau panik, kamu bisa meluangkan waktu untuk bertemu dengan teman-teman kamu, berbagi rasa dan bercanda. Kamu nanti akan bisa lebih merasa tenang dengan motivasi dan optimisme yang mungkin diberikan oleh teman-teman baik kamu.

Santai dan Banyak Berdoa

Berdoa memohon keberkahan dan agar dimudahkan dalam melaksanakan ijab kabul adalah hal yang harus kamu lakukan. Kamu dapat berdoa di setiap waktu, memohon  bimbingan dari Tuhan agar semua yang akan kamu alami dapat kamu hadapi dengan baik, dan kamu akan diberi ketenangan. Kamu juga harus menjaga kondisi psikologismu agar tetap tenang, santai dalam menghadapi berbagai hal yang terjadi.

Positive Thinking

Kamu tidak perlu mencemaskan hal-hal yang sepele. Tetaplah optimis untuk meyakinkan diri bahwa kamu pasti bisa melaluinya dengan baik. Pemikiran positif ini akan berpengaruh pada kondisi psikologis kamu nantinya. Kamu akan menjadi lebih tenang ketika saatnya tiba untuk melafalkan ijab dan kabul.

Selain itu, buat calon pengantin wanita, yuk simak 4 Tips Tampil Cantik dan Fit di Hari Pernikahan

Cukup Istirahat

Walaupun banyak hal yang harus kamu lakukan dan banyak persiapan yang harus kamu kerjakan, kamu harus mempertimbangkan juga untuk memberi kesempatan tubuh kamu beristirahat dengan cukup. Kurangnya istirahat akan berpengaruh besar pada kondisi tubuh sehingga akan menurunkan performa penampilan, konsentrasi dan sebagainya. Akibatnya kamu menjadi kurang pede dan bisa berpengaruh pada saat kamu harus mengucapkan lafal ijab kabul.

 

Nah itu dia tips agar tetap tenang saat ijab kabul untuk kalian calon pengantin pria! Semoga tips tersebut bermanfaat, ya!

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp