Ini Dia 5 Penyebab Konflik Ketika Persiapan Pernikahan!

Ini Dia 5 Penyebab Konflik Ketika Persiapan Pernikahan!

Ini Dia 5 Penyebab Konflik Ketika Persiapan Pernikahan!

Persiapan pernikahan adalah salah satu hal yang cukup  menyibukkan. Dari mencari gaun yang pas, merancang tema pernikahan, serta memilih vendor serta lokasi yang tepat dan sesuai dengan keinginan kamu dan pasangan kamu. Tentunya semua ini memerlukan waktu yang khusus dengan harapan nantinya juga akan mendapatkan hasil yang sepadan berupa momen pernikahan yang mengesankan.

Perbedaan mungkin saja timbul dalam masa persiapan ini, wajar kok karena memang ini bukan hanya momen buat kamu saja, tetapi ini juga  berkaitan dengan pasangan dan juga keluarga besar. Yang perlu diwaspadai adalah jangan sampai hanya karena perbedaan ini akan menyebabkan terjadinya pertengkaran yang tidak diinginkan. Keinginan dan harapan yang berbeda tentunya masih dapat dijembatani asal kamu tahu apa saja yang dapat memicu terjadinya hal tersebut.

Cuek Tak Peduli

Cuek atau tidak peduli adalah salah satu pemicu yang paling banyak menyebabkan terjadinya perselisihan/pertengkaran. Di satu sisi kamu sangat bersemangat dengan semua pernik-pernik persiapan pernikahan, hampir sebagian besar waktu ketika kamu berjumpa dengan pasangan, topik pembicaraan hanya seputar hal tersebut. Ini tentu tak masalah jika pasangan kamu juga bersemangat, tapi jika ternyata dia hanya merespon dengan sekedarnya, atau hanya dengan anggukan kepala tanda sedikit kepedulian tentu akan membuat semangat kamu akan layu. Hal ini bisa jadi akan membuat kamu menjadi stress. Tapi jangan berfikir negatif dulu ya, bisa jadi ini adalah tanda bahwa ia sudah yakin bahwa kamu akan dapat memberikan yang terbaik untuk pernikahan nanti.

Tamu Undangan

Siapa saja yang akan diundang dan mengapa diundang? Hal ini mungkin menjadi pemicu lain timbulnya perbedaan.  Kamu mungkin ingin pernikahan yang simpel hanya cukup dengan kehadiran keluarga terdekat dan sahabat-sahabat akrab. Sedangkan pasangan kamu menginginkan sebuah acara pernikahan yang besar dan mengundang banyak tamu.  Lalu bagaimana menyikapinya? Sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah besar untuk jumlah tamu yang diundang. Bukankah yang paling utama adalah kehadiran orang-orang yang paling dekat dan sayang kepada kalian berdua, adapun jika ingin ada tambahan tamu undangan, cobalah untuk berkompromi agar dapat saling mengakomodasi keinginan masing-masing. Yang paling penting jangan sampai hal yang tak terlalu prinsip ini membuat pernikahan kamu menjadi momen yang membosankan nantinya.

Solusinya bisa cek disini 5 Cara Tentukan Tamu Undangan Pernikahan

Pemicu Dari Orang Tua

Orang tua adalah orang yang paling dihormati, dan untuk masalah pernikahan ini tidak jarang orang tuapun merasa sangat berkepentingan. Terkadang juga mempunyai keinginan atau kehendak-kehendak khusus. Apalagi jika orang tua yang masih berstandar tinggi atau berpola lama. Tentunya hal ini akan mengkaitkan lebih jauh dengan kerabat-kerabat lainnya.  Mungkin dari pihak orang tua ini berbeda dengan apa yang kalian inginkan berdua, atau mungkin berbeda juga dengan keinginan dari orang tua pasangan kamu. Jika ini terjadi, yang paling utama adalah mencari waktu yang tepat untuk dapat mempertemukan mereka satu sama lain. Kemudian melakukan musyawarah untuk mencari yang terbaik untuk kebahagiaan anak-anak.

Anggaran Pernikahan

Penentuan anggaran pernikahan ini dapat juga menjadi sebab lain yang akan memicu pertengkaran. Jika pasangan kamu ingin pernikahan dengan anggaran yang lebih besar, mungkin dengan tempat yang mewah atau dengan mencari vendor yang kelas 1. Sedangkan buat kamu hal tersebut mungkin tidak menjadi prioritas. Ini merupakan hal yang akan membawa pada perbedaan pendapat. Jika kalian memang benar-benar ingin kebaikan bersama, cobalah untuk berembug mencari solusi yang paling dapat diterima.  Kalau kamu dapat memberikan pengertian kepada pasangan kamu sebaiknya kamu juga dapat mencarikan jalan kemana sebaiknya anggaran yang berlebih itu dapat dialihkan.

Baca juga Waspada 4 Tanda Bahwa Persiapan Pernikahan Melebihi Anggaran!

Mengerjakan Semua Sendiri Saja

Untuk urusan mempersiapkan pernikahan adalah hal yang umum jika wanita berperan dengan lebih dominan. Apalagi untuk urusan persiapan hal-hal yang bersifat teknis. Biasanya memang wanita mempunyai konsep tertentu dan ingin mewujudkannya dalam pernikahan kalian. Ada saatnya juga hal ini membuat kamu menjadi terforsir sehingga merasa lelah. Capek memang hal yang lumrah, apalagi untuk sebuah persiapan pernikahan, jadi perhatikan juga persiapan fisik agar tidak terlalu lelah sehingga jatuh sakit. Selain itu berbagi adalah salah satu jalan yang terbaik agar tidak semua beban harus kamu tanggung sendirian. Mintalah pasangan kamu untuk memahami bahwa hal ini adalah untuk kebaikan bersama. Dengan begitu tentunya dia akan menjadi lebih perhatian dan tak ingin membuat kamu kelelahan sendirian untuk urusan ini.

 

Tak mudah mencari solusi untuk sebuah perbedaan, masalah akan selalu terjadi dalam berbagai hal, cara yang paling efektif adalah dengan melakukannya bersama-sama dan berbagi berbagai hal bersama. Saling pengertian dan memahami akan membuat semua permasalahan yang timbul menjadi sesuatu yang mudah diatasi. Komunikasi rutin dan intensif sangat diperlukan agar semua informasi selalu update dan tak timbul kesalahpahaman.

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp