Hiburan Pesta Pernikahan Rakyat di Jawa Barat

Hiburan Pesta Pernikahan Rakyat di Jawa Barat

Hiburan Pesta Pernikahan Rakyat di Jawa Barat

Pesta pernikahan bukan hanya untuk masyarakat kota yang glamour dengan megah gedung beserta dekorasinya. Hiburan Pesta Pernikahan Rakyat di Desa Pamarican Banjarsari Jawa Barat adalah bukti bahwa suka cita pesta pernikahan juga hak dari warga desa. Hiburan pesta pernikahan masyarakat desa adalah hiburan yang sangat ditunggu dan disambut penuh dengan suka cita, dari anak – anak hingga orang dewasa. Hiburan yang tersedia pun beragam mulai dari hiburan khas masyarakat setempat hingga hiburan yang modern yang masuk ke desa. Apapun hiburan nya, satu hal yang sama yakni tujuannya sang pemilik hajat ingin berbagi kebahagiaannya dengan membuat masyarakat terhibur.

Di Desa Pamarican Banjarsari sendiri memiliki beragam hiburan yang dapat masyarakat nikmati. Bahkan,  setiap musim hajatan ada trend jenis hiburan tertentu yang sedang naik daun. Hiburan pesta pernikahan yang biasa menghibur masyarakat di Banjarsari antara lain adalah kuda lumping, wayang kulit, drum band, qasidah, organ dangdut, dan kentongan. Hiburan kuda lumping, wayang kulit dan kentongan masih dipertahankan kelestariannya sebagai hiburan tradisional, berbeda dengan layar tancep yang telah hengkang dari Pamarican. Sedangkan drum band, qasidah dan organ dangdut menjadi hiburan rakyat dari luar yang masuk ke tradisi hiburan rakyat Desa Pamarican. Di akhir tahun 2015 ini kuda lumping dan qasidah lah hiburan pesta rakyat yang sedang naik daun di Pamarican Banjarsari Jawa Barat.

Hiburan Pesta Pernikahan Rakyat di Jawa Barat: Kuda Lumpinghiburan rakyat jawa barat kuda lumping

Kuda lumping adalah tradisi aksi, gerak dan lagu yang menunjukkan keheroikan seseorang dalam atraksi memakan beling yang diselingi dengan tari dan diringi dengan lagu. Penonton yang merupakan warga masyarakat sekaligus tamu undangan pernikahan menikmati setiap tari irama musik dan tontonan membuat mereka takut, penasaran dan mengundang decak kagum. Awal pertunjukan kuda lumping adalah dengan tarian menari diatas kuda tiruan dengan musik khas jawa, kemudian ditengah atraksi tari dilakukan atraksi memakan beling dan atraksi-atraksi bahaya lainnya.

Hiburan Pesta Pernikahan Rakyat di Jawa Barat: Wayang golekhiburan-rakyat-jawa-barat-wayng-golek

Berbeda dengan kuda lumping yang semua usia dapat menikmatinya hingga selesai pertunjukkan hiburan. Hiburan wayang golek, pada umumnya hanya disukai oleh para orang tua yang memang mencintai tradisi wayang golek dan kuat menahan kantuk hingga malam hari. Wayang golek adalah hiburan yang dilaksanakan di malam hari hingga larut, dimana sederet tokoh wayang diperankan oleh seorang dalang dan disutradari oleh sang dalang itu sendiri.  Kisah-kisah wayang golek biasanya adalah kisah-kisah klasik jawa, atau kisah sejarah dari daerah jawa, atau kisah yang diadaptasi dengan zaman kini namun tetap memiliki nasehat bagi para penontonnya.

Hiburan Pesta Pernikahan Rakyat Jawa Barat: Kentongan

Kentongan adalah hiburan pesta rakyat berupa atraksi alat musik yang terbuat dari bambu seperti calung, angklung dan lain sebagainya. Irama musik yang indah melalui kentongan ini disuguhi bersama suara penyanyi nan merdu. Kentongan ini mengundang decak kagum para penonton karena irama lagu indah yang beragam bisa muncul melalui alat dari bambu.

Itulah beberapa Hiburan Pesta Pernikahan Rakyat Di Desa Pamarican Banjarsari Jawa Barat yang tetap ada bertahan di zaman ini, mampu bersaing dengan beragam hiburan yang baru. Semoga hiburan  tradisional tetap lestari menghibur masyarakat, sehingga anak cucu kelak tetap dapat turut terhibur dengan hiburan pesta rakyat. [LS 171]

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp