Hati-hati! Ini 5 Kesalahan Ketika Menentukan Undangan Pernikahan

Hati-hati! Ini 5 Kesalahan Ketika Menentukan Undangan Pernikahan

Hati-hati! Ini 5 Kesalahan Ketika Menentukan Undangan Pernikahan

Undangan pernikahan adalah salah satu komponen penting yang harus disiapkan oleh calon pengantin, tentu saja sebuah pesta pernikahan akan terasa kurang lengkap jika tidak dihadiri oleh tamu undangan. Bagaimana tamu undangan akan datang jika tidak diberikan undangan khusus bukan? Meskipun hanya sekedar selembar kertas, namun undangan pernikahan membawa makna penting bagi pengundang maupun yang diundang. Bagi pengundang merupakan suatu harapan agar yang diundang hadir dalam acara pernikahan, sedangkan bagi yang diundang hal tersebut merupakan kehormatan dan juga informasi yang lengkap mengenai pesta pernikahan yang diadakan.

Meskipun pada saat ini undangan juga dikirim melalui email atau informasi elektronik lainnya, namun kehadiran undangan yang berupa amplop undangan khusus pernikahan masih tetap menjadi salah satu tolok ukur etis dan kurang etis. Oleh karena itu jangan sampai undangan pernikahan yang dibuat ada kesalahan.  Kesalahan memang bisa saja terjadi, nah kira-kira apa saja kesalahan yang sering terjadi dan bagaimana solusinya? Yuk simak saja Hati-hati! Ini 5 Kesalahan Ketika Menentukan Undangan Pernikahan di bawah ini :

Terlalu Berwarna

Undangan pernikahan berbeda dengan undangan ulang tahun anak-anak. Sebagai sarana resmi undangan memang tidak terlalu banyak memakai variasi warna.  Undangan yang telalu colourful akan tampak janggal, meskipun hal itu tidak terlarang. Sebaiknya gunakan warna yang sesuai dengan konsep pernikahan yang kamu selenggarakan. Kamu bisa memilih satu atau dua warna untuk mewakilinya.

Tidak Ada Contoh

Contoh undangan atau dummy sebaiknya harus dibuat dulu sebelum kamu mencetaknya dalam jumlah besar. Kesalahan kecil namun fatal, misalnya tanggal pernikahan yang harusnya tanggal 2 mungkin tercetak tanggal 7 karena dikonsep hanya dengan tulisan tangan dan percetakan mungkin kurang perhatian.  Selain informasi juga mungkin ada kata-kata yang salah tulis, mungkin salam, kutipan ayat, yang memang kadang-kadang kurang begitu diperhatikan. Meskipun tidak terlalu mencolok namun untuk yang teliti mungkin akan merasa janggal.

Jadwal Cetak Yang Terlalu Mepet

Menyiapkan undangan pernikahan juga tidak boleh terlalu mepet, namun demikian kadang karena suatu hal mungkin harus agak mepet. Bisa jadi tempat atau venue belum dapat ditentukan atau hal yang lain sehingga undanganpun belum dapat dibuat atau disebarkan. Tetapi sebaiknya memang tidak terlalu dekat waktu dengan hari H mengingat banyak hal yang harus dipertimbangkan, misalnya membuat konsep undangan, membuat disain, persiapan mencetak, waktu pengiriman, semua harus dipertimbangkan.

Baca juga 6 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Membuat Undangan

Menulis Daftar Undangan Sendiri

Menulis undangan dan alamat sebuah undangan pernikahan memang dapat dibuat sendiri. Memang tidak salah kok, tetapi jika waktu tidak terlalu banyak sebaiknya kamu pertimbangkan untuk meminta bantuan orang lain untuk menuliskannya. Kamu nanti tinggal mengecek mana-mana tamu yang belum dibuat undangannya mana yang belum, dari list daftar tamu undangan yang kamu rencanakan. Akan lebih enak lagi jika di percetakan tersebut juga sudah mempunyai paket denggan penulisan alamatnya sekaligus. Akan terlihat lebih profesional, namun demikian kamu harus memastikan bahwa daftar nama tamu undangan  dan alamatnya sudah benar-benar sesuai karena jika terjadi kesalahan penulisan percetakan tidak bertanggung jawab.

Kurang Teliti Dalam Pengecekan

Bukan hal yang jarang, undangan pernikahan ada kesalahan baik kesalahan berupa penulisan kata, kalimat atau angka-angka yang harusnya sesuai dengan informasi yang ingin disampaikan. Agar tidak terjadi dalam undangan pernikahan kamu, sebaiknya kamu mengecek ‘word by word’, dengan demikian kesalahan yang fatal tidak terjadi. Penulisan nama, gelar alamat, tempat dan tanggal pernikahan juga benar-benar harus valid. Jika ada disertakan peta lokasi sebaiknya kamu cek juga apakah sesuai dengan kondisi yang sebenarnya, sehingga tamu undangan akan mudah dipandu oleh peta tersebut.

 

Jadi itulah beberapa informasi seputar beberapa hal yang sering menimbulkan kesalahan dan bagaimana solusi untuk menghindarinya. Jikapun masih harus ada kesalahan dalam undangan pernikahan  yang kamu buat, sebaiknya tidak terjadi kesalahan yang berakibat cukup fatal. Pastikan semua hal sudah benar sesuai perencanaan. Dengan demikian kesalahan yang terjadi tidak menyebabkan tamu undangan sampai salah tempat atau salah tanggal.

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp