Hal Yang Dilarang Pada Pernikahan Menurut Islam

Hal Yang Dilarang Pada Pernikahan Menurut Islam

Hal Yang Dilarang Pada Pernikahan Menurut Islam

Hal Yang Dilarang Pada Pernikahan Menurut Islam sudah menjadi pakem yang wajib dihindari bagi kita kaum muslimin dan muslimat. Hal yang dilarang oleh Allah tentu akan mendatangkan mudharat baik saat itu juga ataupun dikemudian hari.

Hal Yang Dilarang Pada Pernikahan Menurut Islam adalah sebagai berikut :

  1. Nikah syghar

Pernikahan dengan menyebutkan sarat yang dilarang agama semisal nikahkan putrimu dengan aku lalu aku akan menikahkan kamu dengan putriku.

  1. Nikah tahlil

Pernikahan yang telah disetting dan terkesan mengakali hukum, misalnya seorang suami menceraikan istri supaya istrinya tersebut dapat menikah dengan mantan suami dahulu yang telah mentalak 3. Walaupun pernikahannya setelah masa iddah dan sarat rukunnya terpenuhi.

  1. Nikah Mut’ah

Kawin kontrak adalah nama lain, yakni mensetting pernikahan sesuai perjanjian awal hanya untuk tujuan bersenang-senang. Bila waktu kontrak habis maka dilakukan perceraian.

  1. Nikah yang calon istrinya masih masa iddah

Ada perbedaan lamanya masa iddah. Masa iddah bagi seorang permpuan setelah berpisah dengan suami dengan sebab perceraian atau ditinggal mati ialah 4 bulan sepuluh hari. Ada juga yang tiga bulan tergantung kondisi perempuan tersebut.

  1. Pernikahan dengan beda agama

Dihukumi haram dalam islam karena allah berfirman lebih baik menikah dengan hamba sahaya yang islam dari pada seorang perempuan musrik begitu juga sebaliknya. Apabila seorang calaon mempelai bersedia pindah agama islam maka diperbolehkan.

  1. Pernikahan dengan wanita yang diharamkan dalam nasab atau masih ada ikatan darah keluarga atau karena sebab pernikahan.
  2. Menikah dengan saudara sepersusuan
  3. Menikah dengan istri yang telah ditalak 3 oleh suami. Boleh menikah lagi asalkan sang istri telah menikah denga orang lain dan kemudian bercerai dengan sebab selain nikah tahlil yang telah dijelaskan diawal.
  4. Menikah saat Ihram

Diharamkan oleh hadist nabi bahwasanya orang yang sedang beribadah ihram dilarang melamar ataupun menikah.

Demikianlah Hal Yang Dilarang Pada Pernikahan Menurut Islam

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp