Hal Menarik Pernikahan Adat Cina yang Mungkin belum Tahu

Hal Menarik Pernikahan Adat Cina yang Mungkin belum Tahu

Hal Menarik Pernikahan Adat Cina yang Mungkin belum Tahu

Dalam kebudayaan kita pernikahan adalah hal yang syakral dan tidak bisa dibuat main- main. Hal semacam ini kelihatanya juga berlaku bagi kebudayaan yang ada di luar sana yakni adat pernikahan Cina. Ini dapat kita lihat dari tata Cara pernikahan dalam adat Cina yang sangat menghormati upacara pernikahan yang ditunjukan melalui ritual- ritual yang harus dilakoani oleh para mempelai, meski beberapa tata cara pernikahan dalam adat Cina yang ada di Indonesia sudah teralkulturasi dengan adat pernikahan pribumi.

Ada Hal Menarik Pernikahan Dalam Adat Cina

Sama seperti halnya pernikahan adat yang ada di daerah- daerah lainya di Indonesia. Dalam tata cara pernikahan dalam adat Cina juga memiliki ciri khas dan keunikanya tersendiri. Tentu hal ini sangatlah menarik untuk kita ketahui, selain akan menambah wawasan kita tentang kebudayaan, dengan memahami ini kita juga akan mengetahui betapa kayanya kebudayaan yang dimiliki bangsa ini. ok, tidak perlu panjang lebar berikut tata cara pernikahan dalam adat Cina yang mungkin kamu belum tahu:

  1. Sangjit atau acara tukar baki

    foto serahan perkawinan pernikahan adat islam cina sangjit (1)
    alienco.net

Sesudah melakukan lamaran, calon mempelai pria datang ke rumah pihak calon mempelai wanita akan tetapi tidak disertai dengan orang tuanya, hanya mengirim perwakilan keluarga. Selain bersama perwakilan keluarga, calon mempelai pria juga mengajak gadis- gadis yang akan membawa baki dengan berbagai isian yang ada di dalamnya (isian baki biasanya berisi bahan makanan dan disesuaikan dengan kemampuan si pria), isian dari baki tersebut nantinya akan diberikan kepada keluarga pihak mempelai wanita.

  1. Acara Kirim Koper dan Pasang Sprei

Pada hari yang bersangkutan tersebut, pihak mempelai wanita akan mengirimkan wakil, biasanya perempuan yang sudah menikah dan memiliki dan anak laki- laki. Ia dikirim untuk membantu mendandani kamar calon pengantin.

  1. Cukur Kumis

Ritual ini dilakukan sebelum pernikahan. Yang dicukur disini adalah kumis/ bulu- bulu kasar yang ada di wajah calon mempelai wanita. Namun tradisi ini mulai ditanggalkan.

Itulah beberapa tata cara pernikahan dalam adat Cina yang perlu kamu tau, unik bukan. semoga informasi ini bermanfaat, terimakasih.

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp