Hal Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Menentukan Wedding Organizer

Hal Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Menentukan Wedding Organizer

Hal Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Menentukan Wedding Organizer

Bagi kamu pasangan yang akan menikah, apakah kamu sudah mengetahui apa itu wedding organizer? Jika kamu hanya mengetahui bahwa wedding organizer adalah jasa untuk pernikahan, itu memang tidak salah ya. Tapi, sedalam apa sih kamu mengetahui tentang wedding organizer. Berikut ini akan ada pembahasan mengenai hal-hal tentang wedding organizer. Sebelum kamu menentukan wedding organizer mana yang akan kamu pilih, ketahui dulu hal-hal berikut ini ya :

tim Davayu Wedding Services bersama Pengantin (@davayuweddingservices)

Pengertian

Wedding organizer merupakan suatu jasa yang dikhususkan untuk membantu calon pengantin dan keluarga, dalam mempersiapkan pernikahan sampai pada pelaksanaan pernikahan. Tentunya rangkaian acara pernikahan tersebut sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh calon pengantin dan keluarga. Wedding organizer juga dapat mengelola pesta pernikahan mulai dari akad nikah, upacara adat, catering, rias pengantin, dan lain-lain. Selain itu, wedding organizer juga memberikan informasi pada calon pengantin tentang segala hal yang berkaitan dengan pernikahan. Tugasnya adalah membantu dalam segala hal persiapan pernikahan sampai acara berlangsung seperti, memberi saran tentang konsep pernikahan.

Manfaat

WO atau wedding organizer dalam pengertiannya bersifat membantu bagi calon pengantin. Dengan bantuan yang diberikan wedding organizer, juga memiliki banyak manfaat bagi calon pengantin. Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan jasa wedding organizer.

  • Menghemat Waktu

Mempersiapkan pernikahan memang tidak semudah yang dibayangkan, banyak sekali hal yang harus kamu dan pasangan persiapkan. Apabila kamu dan pasangan merupakan pasangan yang sibuk bekerja dan kurang mempercayai kinerja keluarga kamu. Sehingga sulit bagi kamu dan pasangan untuk menyisakan waktu untuk persiapan pernikahan kamu dan pasangan. Menggunakan jasa wedding organizer merupakan hal yang tepat untuk dilakukan. Dengan begitu, ditengah kesibukan kamu dan pasangan, waktu mu juga tidak akan disita oleh pekerjaan dan persiapan pernikahan.

  • Mengurangi Stres

Dalam mempersiapkan pernikahan sudah tidak dapat dipungkiri bahwa hal tersebut akan menyita waktu, tenaga, dan tentunya pikiran. Perlu diingat kembali dalam mempersiapkan pernikahan banyak sekali hal yang harus dilakukan. Mulai dari mencari vendor, venue, mencari penanggung jawab atas tugas yang diberikan, sampai memikirkan anggaran yang dibutuhkan. Dengan banyaknya hal yang harus dilakukan, tentunya akan menguras tenaga dan pikiranmu. Bukan hal yang aneh lagi, apabila calon pengantin dilanda stres saat persiapan pernikahan. Maka dari itu dengan menggunakan jasa wedding organizer akan mengurangi beban pikiranmu. Karena, semua hal mengenai persiapan pernikahan sudah ditangani oleh wedding organizer.

  • Persiapan Pernikahan Akan Lebih Matang

Pernikahan merupakan acara yang besar, maka dari itu persiapannya pun harus dilakukan dengan maksimal. Seperti yang sudah diketahui, persiapan pernikahan merupakan proses yang panjang dan juga rumit. Maka dari itu, orang-orang yang bertanggung jawab dalam persiapan pernikahan mestilah orang-orang yang dapat diandalkan dan juga bertanggung jawab. Selain itu, pada saat hari-H berlangsung harus ada orang-orang yang sigap demi kelancaran pernikahan. Namun, orang-orang yang memiliki sikap tersebut sulit didapatkan. Maka dari itu menggunakan jasa wedding organizer dengan orang-orangnya yang professional dan bertanggung jawab akan membuat persiapan pernikahanmu lebih matang.

  • Persiapan Yang Matang Akan Mendapatkan Hasil Yang Maksimal

WO yang professional pasti memiliki sumber daya manusia yang sudah terlatih dan berpengalaman tentunya. Maka, dengan sumber daya yang dimiliki tersebut sudah dipastikan pihak wedding organizer dapat menanganinya dengan baik. Dengan pengalaman yang dimiliki sdmnya tersebut juga pasti dapat menangani segala hal yang berkaitan dengan pernikahan. Penanganan baik yang dimilikinya, akan menghasilkan persiapan pernikahan yang matang. Persiapan yang matang juga akan mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Fleksibel Mengenai Budget Yang Dimiliki

Setiap jasa wedding organizer yang professional, mengenai budget yang dimiliki calon pengantin sama sekali tidak jadi masalah. Budget yang dimiliki calon pengantin merupakan hal yang fleksibel. Itu berarti layanan jasa pihak wedding organizer akan menyesuaikan dengan budget calon pengantin. Wedding organizer yang professional akan menerima budget minim sampai tak terbatas. Namun, tentunya fasilitas yang diberikan juga sesuai dengan budget yang dikeluarkan calon penganti ya.

tim Amarta Wedding Organizer (@amarta.wo)

Tips Memilih Wedding Organizer

  • Mencari Referensi

Pertama kali yang harus kamu lakukan adalah mencari referensi tentang wedding organizer. Kamu bisa mencari referensi melalui internet atau menanyakan langsung kepada rekanmu yang sudah pernah menggunakan jasa wedding organizer. Hal ini sangat membantu kamu karena, dari pengalaman rekanmu juga akan mendapatkan review langsung dan tips dari mereka.

  • Melakukan Survey Langsung

Jika kamu sudah mendapatkan wedding organizer pilihanmu berasarkan referensi yang sudah kamu lakukan. Alangkah baiknya kamu melakukan survey langsung kepada wedding organizer pilihanmu itu. Kamu bisa meneliti dan mencari informasi yang kamu butuhkan mengenai wedding organizer tersebut. Mungkin saja ada informasi yang belum kamu ketahui dari pengalaman rekan-rekanmu.

  • Membuat Jadwal Untuk Meeting

Selanjutnya, apabila kamu dan pasangan sudah mantap dengan wedding organizer yang dipilih. Segera membuat jadwal untuk meeting. Jika sudah mengatur jadwal untuk meeting. Kamu juga akan segera berdiskusi langsung dengan pihak wedding organizer pilihanmu. Dengan begitu kamu juga akan langsung mengetahui mengenai kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi. Bahkan mungkin kendala yang dihadapi.  

  • Memilih Kru Yang Sigap dan Cekatan

Setelah melakukan meeting, langkah selanjutnya adalah memilih tim yang akan bekerja sama nantinya. Pastikan kamu mencari tim yang sigap dan memiliki komunikasi yang baik. Jangan sampai tim kamu nantinya susah dihubungi ya. Dengan komunikasi yang berjalan dengan baik juga akan membuat pernikahan kamu dan pasangan saat hari-H nanti berjalan dengan lancar dan baik.

 Baca juga 7 Tren Dekorasi Pernikahan 2019

 

Sistem Wedding Organizer

Perencanaan Pernikahan

Para calon pengantin biasanya akan mendatangi wedding organizer apabila akan melangsungkan pernikahan. Para calon pengantin ini tidak lain adalah untuk melakukan perencanaan pernikahan. Biasanya pihak wedding organizer akan memberikan pilihan paket untuk dipilih calon pengantin. Calon pengantin akan memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan pernikahannya. Dalam paket tersebut biasanya terdapat pilihan yang berbeda-beda. Setiap pilihan memiliki fasilitas yang berbeda seperti, ukuran tenda, jenis upacara adat yang akan digelar, gaun pengantin dan fasilitas lainnya. Setelah calon pengantin memantapkan pilihannya, maka pihak wedding organizer akan menentukan besaran harga yang dibutuhkan untuk paket tersebut. Berbicara tentang sistem paket yang sering menjadi pilihan calon pengantin. Sistem paket ini sendiri memiliki beberapa kelebihan seperti berikut ini.

  • Dapat Menghemat Waktu

Sudah menjadi hal yang biasa apabila kamu dan pasangan merupakan pasangan yang selalu sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Sehingga sulit bagi kamu dan pasangan menyisakan waktu untuk mempersiapkan pernikahan. Memanfaatkan sistem paket yang ditawarkan oleh wedding organizer tentunya membantu dan mempermudah mempersiapkan pernikahan, di tengah kesibukan kamu dan pasangan.

  • Harga Bisa Menjadi Lebih Terjangkau

Saat kamu mencari referensi dari rekan atau internet, sudah dipastikan kamu akan mendapatkan beberapa referensi wedding organizer untuk pernikahanmu. Setelah mendapatkan banyak referensi, kamu juga pasti sudah melakukan perbandingan harga yang ditawarakan setiap wedding organizernya. Namun, apabila kamu tidak sempat untuk melakukan perbandingan harga tersebut. Kamu bisa memilih alternatif lain dengan memilih sistem paket. Jika kamu memilih sistem paket, soal anggaran yang kamu miliki kamu bisa melakukan negosiasi dengan pihak wedding organizer tersebut. Tidak ada salahnya kamu meminta diskon atau bonus tambahan sampai kamu dan pihak wedding organizer tersebut merasa deal. Hal itu wajar saja ya.

  • 1 Orang Yang Mengkoordinasikan Semua Vendor

Kamu memilih sistem paket? Maka akan ada 1 orang yang akan mengkoordinasikan semua vendor. Satu orang ini merupakan orang yang bisa kamu dan pasangan andalkan. Kamu bisa mempercayai 1 orang ini untuk menangani segala hal tentang pernikahan kamu dan pasangan. kepada 1 orang inilah kamu dan pasangan mencurahkan segala keinginan dan kebutuhan yang ingin terpenuhi nanti.

Baca juga 5 Pernikahan Adat Yang Tren Tiap Tahun

Tahap Persiapan

Pada tahap yang satu ini, pihak wedding organizer akan melakukan segala persiapan untuk menyusun acara yang diinginkan calon pengantin. Tahap persiapan ini biasanya dimulai dari membuat organisasi dari pihak keluarga atau kerabat calon pengantin. Organisasi tersebut berguna untuk membantu dan menjadi pelengkap pada pernikahan calon pengantin tersebut, seperti menjadi pagar ayu, pengiring pengantin, atau lainnya. Setelah itu, pihak wedding organizer akan memulai pemasangan tenda, balon tenda, dinding kain, bunga-bunga, dan perintilan lain yang dibutuhkan. Tempat pelaminan dan persiapan untuk catering biasanya di mulai pada h-3 acara resepsi.

Acara Resepsi

Bagian tahap perencanaan usai dan melewati persiapan pernikahan yang panjang. Maka, tibalah saatnya hari-H yaitu pada saat resepsi berlangsung. Hal yang pertama kali dilakukan pada hari-H adalah menata rias wajah sang pengantin. Setelah make-up selesai pengantin mengenakan gaun yang sudah menjadi pilihannya. Hal ini tidak dilakukan pada pengantin saja, namun pada setiap pagar ayu, pihak keluarga, dan yang lainnya. Setelah semuanya selesai, maka kedua pasangan pengantin akan melakukan ijab Kabul atau saling mengucapkan janji ditempat yang sudah ditentukan. Ijab Kabul dilaksanakan dan pasangan pengantin sudah sah menjadi suami istri. Maka, tahap selanjutnya adalah melakukan upacara adat yang digunakan oleh pasangan pengantin tersebut.

Pihak wedding organizer akan mengabadikan setiap momen melalui gambar dan video mulai dari acara dimulai sampai berakhirnya acara. Selama acara resepsi berlangsung akan diabadikan untuk nantinya dikenang oleh pasangan pengantin agar menjadi kenangan yang indah. Suasana resepsi pernikahan yang disirami dengan kebahagiaan dan suka cita ini, juga akan diberikan acara hiburan pihak wedding organizer. Hiburan tersebut akan menambah suasana bahagia bagi pasangan pengantin beserta para tamu undangan yang hadir.

Lalu, telah sampailah pasangan pengantin pada sesi penerimaan tamu undangan di atas kursi pelaminan yang sudah disediakan. Mulai dari menyambut para tamu undangan, melakukan salam-salaman, bahkan berfoto bersama dengan para tamu undangan yang hadir. Setelah hal tersebut dilalui, setiap para tamu undangan akan dijamu dengan berbagai macan santapan catering yang sudah disediakan oleh wedding organizer. Proses ini akan berlangsung terus sampai acara selesai.

Akhir Acara

Tibalah pada akhir acara, setelah semua proses berjalan dengan baik dan juga lancar. Maka tahap selanjutnya adalah tahap terakhir yang dilakukan wedding organizer. Yaitu pelepasan tenda, dekorasi, semua peralatan yang digunakan pada saat hari-H, maka akan dilepaskan kembali oleh pihak wedding organizernya. Setelah itu, tak lupa untuk melakukan pencucian kain-kain dekorasi dan baju-baju yang dikenakan oleh pengantin beserta keluarga. Lalu sampai pada pelunasan pembayaran yang harus dibayarkan oleh pasangan pengantin kepada wedding organizer.

Fasilitas Wedding Organizer

Sebagaimana yang sudah diketahui, sebuah acara pesta pernikahan tentunya membutuhkan beberapa alat agar pesta pernikahan berjalan dengan lancar. Alat-alat tersebut bisa berupa tenda, gaun pengantin, dekorasi beserta perintilannya, dan alat lainnya. Nah, wedding organizer ini menyediakan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan alat-alat tersebut. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di wedding organizer.

  • Tenda

Ini merupakan salah satu alat yang penting di sebuah acara pernikahan. Tenda berfungsi melindungi dari cuaca yang panas ataupun hujan. Selain untuk melindungi tenda juga berfungsi untuk memperindah acara pesta pernikahan tersebut.

  • Gaun Pengantin

Urusan yang satu ini, biasanya gaun pengantin disesuaikan dengan upacara adat yang dipilih. Namun, apabila calon pengantin menginginkan gaun yang berbeda juga tidak masalah. Mengingat gaun pengantin saat ini sudah banyak modelnya, mulai dari tradisional, modern, bahkan perpaduan keduanya.

Simak juga Ini Dia Model Gaun Pengantin Untuk Semua Bentuk Tubuh

  • Tata Rias

Bukan hanya tentang gaun pengantin, tata rias wajah juga biasanya disesuakan dengan upacara adat yang dipilih. Namun, calon pengantin juga dapat memilih sendiri menginginkan riasan wajah yang seperti apa.

  • Upacara Adat

Pernikahan merupakan momen penting yang sakral dan juga khidmat. Maka dari itu sering diadakannya upacara adat yang diyakini oleh masyarakat setempat. Di Indonesia sendiri banyak sekali suku-suku, dan setiap suku tersebut memiliki adat pernikahannya masing-masing. Namun, calon pengantin juga bisa memilih menggunakan adat tradisional atau modern.

  • Hiburan

Hiburan ini, berguna untuk menghibur mempelai pengantin dan para tamu undangan yang hadir. Acara hiburan ini juga akan membawa suasana kegembiaraan juga suka cita pada acara resepsi.

  • Catering

Hal yang satu ini merupakan salah satu hal yang wajib ada di acara pesta pernikahan, yaitu catering. Wedding organizer akan menyediakan sajian makanan dan minuman untuk menjamu para tamu undangan.

  • Pelaminan

Nah, pelaminan merupakan satu hal yang penting di pesta pernikahan. Pelaminan ini biasanya terdiri dari bebrepa kursi, kursi tersebut untuk tempat duduk keluarga dan mempelai. Biasanya di sisi kiri dan kanan tersedia kursi untuk orang tua masing-masing mempelai. Lalu, ditengahnya terdapat kursi untuk kedua mempelai.

  • Dokumentasi

Ketika pesta pernikahan dimulai hingga berakhir, setiap momennya akan didokumentasikan oleh photographer atau videographer dari pihak wedding organizer. Semua momen indah yang terjadi akan diabadikan melalui gambar atau video.

  • Akad Nikah

Terakhir adalah akad nikah, akad nikah merupakan proses ijab qobul dalam pernikahan. Calon pengantin akan dikatakan sah setelah ijab qabul terlaksana.

 

Demikianlah informasi lengkap mengenai Wedding Organizer. Semoga bermanfaat!