Hal-Hal Penting Yang Jangan Sampai Terlupakan Di Hari H

Hal-Hal Penting Yang Jangan Sampai Terlupakan Di Hari H

Hal-Hal Penting Yang Jangan Sampai Terlupakan Di Hari H

Acara pernikahan merupakan salah satu momen yang sangat penting dalam kehidupan seseorang, karenanya persiapan yang harus dilakukan juga harus benar-benar maksimal. Namun kadang karena bermacam hal yang harus dikerjakan  dan banyak yang harus diurus, pada hari H ternyata masih terlewatkan, meskipun tampak kecil tapi bisa jadi sangat fatal atau paling tidak, akan mengurangi kesempurnaan momen indah tersebut. Karena itu agar hal tersebut tidak terjadi kamu tentu harus membuat daftar catatan apa saja yang benar-benar harus disiapkan sehingga semua sudah siap pada hari H nanti.

Persiapan Vendor

Kalau kamu menggunakan banyak vendor pada acara pernikahan kamu, jangan lupa semuanya kamu catat dan buatkan daftar cek apa-apa saja yang perlu kamu cek nanti. Minimal dua atau tiga hari sebelumnya kamu harus mengecek kesiapan dari semua vendor, agar kalau ada yang masih terlewat, masih ada waktu untuk menyiapkannya. Waktu dan tempat acara pernikahan harus benar-benar diketahui oleh vendor, apalagi jika pada musim tertentu di tempat sekitar kamu ada banyak yang melaksanakan hajatan pernikahan.

Untuk acara pernikahan yang kamu serahkan kepada EO tertentu, kamu juga harus benar-benar yakin bahwa pada hari H nanti semua akan berjalan lancar, jadi kesiapan dari panitia harus kamu cek minimal H-1. Semuanya dari hal yang kecil sampai yang besar harus benar-benar sudah siap.

Vendor mempunyai jadwal acara dan alokasi waktu yang disediakan

Agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan karena sesuatu hal maka kamu harus memastikan bahwa semua vendor mengetahui jadwal acara dan alokasi waktu yang disediakan. Jika terjadi keterlambatan oleh vendor tentunya akan menyebabkan anggaran tambahan yang sebetulnya tidak diperlukan.

Catat semua informasi kontak

Kalau kamu menggunakan Wedding Organizer kamu harus mencatat siapa yang harus dihubungi untuk keperluan apa. Jadi pada waktu pengecekan pada daftar cek yang harus kamu cek ulang, kamu sudah tahu siap yang harus dihubungi. Pastikan juga semuanya mudah dihubungi agar lebih mudah mengkomunikasikan hal-hal yang kurang atau belum dipersiapkan.

Tetapi jika kamu hanya membentuk panitia sendiri, pastikan juga kamu mempunyai nomor kontak masing-masing, baik dari keluarga dekat, tetangga atau teman-teman kamu, atau pihak-pihak lainnya yang juga terlibat seperti KUA, gedung/tempat, masjid atau gereja. Jangan lupa dishare ke semua panitia biar dapat saling berkomunikasi lebih mudah untuk mempersiapkan semua.

Pembacaan urutan acara hari pernikahan

Acara-acara yang akan dilaksanakan perlu kamu baca, jangan sampai ada acara yang terlewat. Meskipun dalam penyusunannya kadang-kadang sering terjadi perubahan, mungkin ada masukan-masukan dari panitia atau keluarga, pastikan kamu memiliki acara yang sudah fix pada hari H nanti.

Hal ini perlu dibicarakan dengan MC acaramu. Nah yuk simak juga Lakukan Hal ini Sebelum Menentukan MC Pernikahan!

Persiapkan anggaran untuk pembayaran dan tip jika perlu

Untuk anggaran acara pernikahan, kamu harus menyiapkannya dengan baik, alokasi untuk masing-masing pihak dapat kamu lakukan dengan memasukkannya dalam amplop. Kalau kamu sangat repot karena banyak hal yang harus kamu lakukan, mintalah seseorang yang kamu percaya untuk menjadi bendahara. Bisa dari keluarga atau teman kamu. Jangan lupa minta juga bukti pembayaran jika sudah ada pelunasan. Jangan sampai terjadi kamu jadi harus membayar dobel karena tidak ada bukti pelunasannya ya.

Checklist Pernik-Pernik Pernikahan

Hal-hal yang tampaknya kelihatan sepele benar-benar harus kamu perhatikan. Selain baju pernikahan, kamu juga harus mengecek yang lain yang akan membuat kamu tampil maksimal nantinya. Perhiasan yang akan dipakai, alas kaki, dan karangan bunga pastikan semua sudah tersedia.

Baca juga, 5 Tips Tetap Nyaman Memakai High Heels di Hari Pernikahan

Kelengkapan Dokumen Pernikahan

Karena kesibukan persiapan teknis untuk acara pernikahan, sering hal-hal yang justru sangat penting bisa jadi terlewat. Oleh karena itu masukkan kelengkapan dokumen untuk pernikahan dalam daftar utama yang harus kamu cek.  Sangat mengecewakan jika di hari H, masih ada dokumen yang ternyata terlewat, kan?

Kotak alat pengantin

Jangan lupa kamu menyiapkan kotak alat khusus untuk mengantisipasi hal-hal kecil yang terjadi di hari H yang terkait dengan kebutuhan pribadi. Misalnya obat-obatan, jarum, ikat rambut, gunting, tisu dan lain-lainnya. Di hari H nanti kamu telah jika terjadi hal yang membutuhkan penanganan khusus tersebut.

 

Nah itu dia hal-hal penting yang jangan sampai terlupa di hari H pernikahanmu! Semoga bermanfaat, ya!

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp