Fotografi Potrait dengan pencahayaan Alami, ini dia tipsnya

Fotografi Potrait dengan pencahayaan Alami, ini dia tipsnya

Fotografi Potrait dan Tipsnya

Seperti yang kita bahas sebelumnya, Fotografi portrait adalah foto wajah yang sering kita temui di banyak kesempatan. Selain kita membutuhkan ekpresi yang alami, penting juga untuk mempertimbangkan sumber cahaya untuk mendukung foto portrait anda. Berikut beberapa tips untuk mendapatkan cahaya alami untuk fotografi portrait anda.

Manfaatkan Pencahayaan alami dari jendela atau pintu yang terbuka

Jika anda memiliki keterbatasan dalam lampu tambahan atau flash ekternal, jangan khawatir karna fotografi portrait anda dapat di bantu dengan pencahayaan alami yang bisa di dapatkan dari jendela dan pintu yang terbuka. Carilah lokasi yang memiliki lokasi jendela yang baik, posisikan objek foto di samping jendela sehingga cahaya dari jendela dapat menerpa wajah dari arah samping bukan tegak lurus ke wajah.

Foto Potrait di siang hari tidak masalah, asal tahu triknya.

Banyak fotografer yang menghindari mengambil gambar di siang hari yang terik, karna cahaya yang terlalu keras dan mengganggu komposisi warna dari sebuah foto portrait. Namun kini kita bisa mencoba mengambil fotografi portrait di siang hari, tanpa harus khawatir cahaya yang terlalu keras jatuh ke wajah sang objek. Pertama-tama posisikan objek foto membelakangi matahari, lalu gunakan spot metering. ambil pengukuran di area wajah atau hidung lalu potret dengan cara ini background akan terlihat everexposed sedangkan di bagian wajah akan terlihat bagus.

 

Fotografi Potrait

Reflektor cahaya alami untuk Fotografi Potrait anda

Mungkin sebagian besar dari anda sudah tau manfaat reflector bagi pencahayaan fotografi portrait, namun tahukah anda ada beberapa benda di lokasi foto yang bisa di jadikan reflektor alami bagi pencahayaan foto. Jika anda mengambil lokasi di Pantai, pasir putih dapat di jadikan sebagai reflektor alami dalam fotografi portrait anda. jika lokasi foto portrait anda di perkotaan, kita bisa memanfaatkan mobil warna silver atau tembok berwarna putih untuk memantulkan cahaya. Dan jika anda memotret di area danau, air adalah pemantul cahaya alami yang baik. Dengan bantuan reflektor fotografi portrait anda akan semakin sempurna dengan pencahayaan yang rata dan alami.

 

Manfaatkan Golden Hour jika anda ingin foto portrait di luar ruangan

Golden Hour bisa kita temui di pagi hari sebelum jam 10, dan di sore hari setelah jam 3. Selain itu cahaya matahari setelah hujan juga bisa di jadikan golden hour, jika anda ingin mendapatkan cahaya matahari yang keemasan dan sempurna. Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan pencahayaan alami bagi Fotografi portrait anda yang di ambil di luar ruangan, posisi ini bisa di bantu dengan sedikit cahaya dari lampu flash agar foto objek dan backgroundnya dapat terlihat terang dengan baik.

 

 

 

 

 

Artikel Terkait