Fotografi portrait yang natural, Baca tips ini sebelum anda memulainya

Fotografi portrait yang natural, Baca tips ini sebelum anda memulainya

Fotografi Potrait atau foto wajah sering kali kita temui di berbagai jenis foto yang kita ambil, baik itu foto keluarga, foto acara, foto prewedding, ataupun foto pernikahan. Sebagian orang mungkin menganggap fotografi portrait sangat mudah dan tidak perlu pembelajaran khusus untuk melakukannya. Tapi pernakah anda melihat sebuah fotografi portrait yang terkesan kaku, atau pernahkah anda merasakan kesulitan ketika harus mengambil gambar wajah seseorang namun terlihat tidak natural? Ini adalah beberapa tips sederhana untuk anda yang ingin mengambil fotografi portrait yang terlihat alami dan sempurna.

Ambilan Fotografi Potrait di tempat yang membuat objek anda nyaman

Pernahkan anda mengambil foto seseorang di studio dan terlihat kaku dalam bergaya? Mungkin mereka merasa tidak nyaman atau tidak tau harus bergaya seperti apa di depan kamera. Jika anda ingin mengambil foto Potrait, cobalah untuk mengambil gambar di tempat yang membuat objek anda merasa nyaman. Misalnya cobalah foto mereka ketika sedang beraktifitas sehari-hari, bisa di ambil di rumah, di lokasi kerja, atau di tempat-tempat yang biasa mereka kunjungi. Dengan rasa nyaman objek tentu dapat lebih mudah berekspresi lebih alami, dan ini akan lebih baik untuk fotografi portrait anda.

 

Hindari memakai Lampu flash yang berada di badan kamera

Jika anda mengambil gambar dengan kamera digital yang memiki lampu flash tambahan, hindari menggunakannya ketika anda mengambil foto Potrait. Karna cahaya yang keluar dari lampu tersebut sangat menggangu jika langsung terkena wajah atau mata objek anda. Cahaya dari flash yang ada di kamera anda akan keluar tegak lurus kearah wajah, ini akan menghasilkan cahaya yang bersifat keras dan datar.

pwedding outdor (3)

Berkomunikasi dengan objek, mengurangi kesan Kaku pada fotografi Potrait anda

Berhubungan dengan rasa nyaman yang sudah kita bahas sebelumnya, berkomunikasi dengan objek juga akan menambah rasa nyaman dan membuat sang objek tak segan-segan bergaya seperti yang anda inginkan. Ajaklah sang objek bercerita atau anda bisa melontarkan beberapa cerita lucu agar mereka bisa tertawa alami. Ini sangat penting untuk mendapatkan fotografi portrait yang baik, karna foto yang akan anda ambil berfocus pada wajah maka eskspresi yang alami dari wajah sang objek akan sangat menentukan.

 

Samakan Level anda mengambil foto dengan Mata objek anda

Di dalam dunia fotografi atau cinematografi level ini sangat sering ini di gunakan, Eye level atau tinggi mata akan membuat anda terlihat sejajar dengan sang objek. Jika anda menjadikan anak-anak sebagai objek fotografi portrait, maka buatlah anda sedikit merendah untuk menyamakan posisi kamera anda dengan mata sang anak. Begitu juga jika objek anda mengambil posisi duduk, maka samakan ketinggian anda dengan level mata sang objek. Hal ini berfungsi agar mata sang objek tidak terlihat ke atas atau kebawah.

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait