Faktor Penting Persiapan Pernikahan Dalam Adat Cina

Faktor Penting Persiapan Pernikahan Dalam Adat Cina

Faktor Penting Persiapan Pernikahan Dalam Adat Cina

Tak bisa kita pungkiri bahwa masyarakat keturunan Cina yang ada di Indonesia terbilang banyak. hal ini tentu tidak hanya menambah keberagaman dari etnis kita, namun juga menambah warna tersendiri keberagaman kebudayaan yang ada di Indonesia. Hal ini terlihat dari budaya adat nikahnya, orang Cina memiliki adat menikah yang berbeda dari kebanyakan adat daerah asli pribumi.

Pernikahan Adat Cina Penuh Makna dan Simbol

Dalam adat pernikahan tradisi tingkok / cina dalam menghitung hari kapan waktu yang tepat untuk menikah tidak hanya dilakukan oleh calon si mempelai, namun kedua keluarga juga ikut menentukannya. Sama halnya dengan tradisi adat ketimuran, pernikahan dalam adat Cina juga penuh makna dan syarat dengan simbol- simbol tertentu.

Pernikahan Adat Cina Sebenarnya Tidak Jauh Berbeda Dengan Pernikahan Pada Umumnya

Sama halnya dengan pernikahan pada umumnya, pernikahan adat Cina pun tidak jauh berbeda dengan pernikahan pada umumnya. Meski demikian, ada beberapa hal yang sedikit berbeda dengan pernikahan yang ada di daerah- daerah lain. Oleh karena itu, sebelum melakukan pernikahan adat Cina sebaiknya anda mempersiapkan hal- hal penting berikut ini:

  1. Lamaran

Sama halnya dengan pernikahan pada umumnya, yang perlu anda lakukan adalah melakukan prosesi lamaran yang intinya pihak keluarga calon mempelai pria ingin/ meminta izin mempersunting anak gadis mereka.

  1. Menata Kamar Calon Pengantin

Ada tradisi di Cina sebelum melakukan pernikahan keluarga mempelai laki- laki mempersipkan kamar dan menghiasnya. Selain itu, ada tradisi yang unik juga dalam menata kamar ini yakni ketika proses penantaan kamar pada ranjang tempat tidur akan dibuat loncat- loncat oleh anak kecil. Ini bertujuan untuk menguji ketahanan dari ranjang tersebut dan mereka juga yakin cara itu akan cepat memberi momongan bagi si pengantin nantinya.

  1. Menyediakan lilin dan 12 macam sayuran

Ada kebudayaan dari kedua keluarga calon mempelai ketika menjelang sebelum hari H harus menyalakan lilin sebagai simbol untuk mengusir roh jahat. Selain itu pada waktu hari H pula pihak yang punya hajatan harus menyuguhkan makanan dengan 12 jenis sayuran.

Demikanlah hal- hal yang perlu dipersiapkan dalam pernikahan adat Cina, semoga artikel Faktor Penting Persiapan Pernikahan Dalam Adat Cina bermanfaat.

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp