Faktor Penting Persiapan Pernikahan Dalam Adat Betawi

Faktor Penting Persiapan Pernikahan Dalam Adat Betawi

Faktor Penting Persiapan Pernikahan Dalam Adat Betawi

Pernikahan adalah suatu prosesi yang sakral bagi kebanyak orang. Pesta pernikahan  yang digelar di tengah masyarakat mempunyai banyak tradisi yang  tentunya berbeda antara daerah satu dengan daerah lainya. Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri sesuai dengan adat masing- masing yang ada di daerah tersebut. Salah satu adat pernikahan yang menarik adalah pernikahan dalam adat Betawi. Ada banyak prosesi yang harus dilakoni oleh para calon mempelai mulai dari lamaran, pertunangan, sesarehan hingga pernikahan.

Pernikahan Dalam  Adat Betawi Harus Dipersiapkan Sejak Dini

Banyaknya prosesi yang harus dijalani oleh para calon mempelai dalam perhelatan pernikahan adat Betawi, oleh karena itu anda harus mempersiapkan pernikahan anda sejak dini. Hal ini penting dilakukan agar upacara pernikahan sobat dalam ada Betawi bisa berjalan lancar dan sesuai dengan rencana, berikut beberapa faktor penting yang kudu anda persiapkan:

  1. Melamar

Sebelum menikah yang harus dilakukan calon mempelai laki- laki adalah melamar si calon istri. Namun sebelum proses melamar ini terdapat sebuah ritual yang namany ngedelengin yang artinya upaya untuk menemukan kecocokan antara calon suami dan sitri. Apabila suda merasa cocok baru meningkat ke acara lamaran.

  1. Masa pertunangan serta penentuan hari pernikahan

Apabila lamaran sudah diterima oleh pihak perempuan, maka si pria dan perempuan pun masak ke tahap pertunangan. Pada pertunangan ini bisanya ditandai dengan diadakanya acar mengantar kue- kue atau buah- buahan dari keluarga calon mempelai laki- laki ke calon mempelai perempuan. Nah, pada acara pertunangan ini pula ditentukan hari pernikahanya.

  1. Seserahancontoh foto seserahan bogor depok

Seiring dengan perkembangan zaman, seserahan pun mengalami perubahan. Kalau dulu yang namanya seserahan adalah memberikan keperluan apa saja yang dibutuhkan keluarga mempelai perempuan yang diberikan oleh calon mempelai laki- laki, kalau sekarang calon mempelai laki- laki hanya memberikan uang sebagai seserahan.

Nah, sekarang anda sudah tahu bukan apa saja yang perlu diperhatikan tentang Faktor Penting Persiapan Pernikahan Dalam Adat Betawi. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda terimakasih.

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp