Do And Don’t : Ketika Kamu Menjadi Tamu Pernikahan

Do And Don’t : Ketika Kamu Menjadi Tamu Pernikahan

Do And Don’t : Ketika Kamu Menjadi Tamu Pernikahan

Diundang dalam sebuah pernikahan menjadi kegembiraan tersendiri. Ini berarti bahwa kamu menjadi orang yang dianggap perlu untuk menghadiri acara pernikahan seseorang atau sahabat atau keluarga kamu. Biasanya yang sering dipersiapkan adalah apa baju atau setelan yang akan dipakai nanti untuk menghadiri undangan. Selain itu juga mungkin kamu perlu membawakan hadiah/kado khusus untuk pengantin, nah ini juga harus kamu siapkan baik-baik ya. Dan yang paling penting kamu perhatikan adalah pada saat nanti kamu hadir di acara pernikahan tersebut. Ada beberapa etika yang wajib kamu perhatikan agar nanti kamu tidak dianggap sebagai tamu yang kurang sopan karena tidak mempunyai etika sebagai tamu undangan.

Yang perlu dilakukan :

RSVP

Memang istilah RSVP kurang dikenal di negara kita, hal ini karena acara pernikahan biasanya mengundang banyak tamu. Karena acara pernikahan memang dianggap sesuatu yang harus dirayakan secara besar-besaran, jadi tidak perlu RSVP.

Namun jika suatu saat ke acara pernikahan yang dipersiapkan secara khusus untuk kalangan terbatas, atau lebih sering dikenal dengan konsep warm and intimate. Disini kamu sebaiknya melakukan RSVP Ini agar host dapat mempersiapkan hal-hal yang perlu diberikan kepada para tamu. Terutama jumlah konsumsi yang akan dihidangkan nantinya.

On Time!

Acara pernikahan kadang memang tidak menentukan kapan jam kehadiran tamu, biasanya waktu yang disediakan cukup panjang. Jadi jika kamu diundang pada acara pernikahan seperti itu, kamu bisa menentukan kapan waktu yang sempat kamu ambil untuk mendatangi acara pernikahan tersebut. Apalagi jika pernikahan besar yang dilakukan sampai sehari semalam (sabtu sampai minggu biasanya). Kamu bisa memilih kapan akan mendatangi acara tersebut. Tetapi jika acara  pernikahan ini dilakukan pada rentang waktu tertentu mengingat terbatasnya waktu pemakaian tempat. Atau memang ada acara khusus. Jika kamu diundang untuk hadir pada acara ijab kabul atau pemberkatan di gereja, tentu kamu harus benar-benar memperhatikan waktu kedatangan kamu ya. Jangan sampai terlambat sehingga mengganggu kekhusukan acara yang sedang berlangsung. Kalau terpaksa terlambat, agar tidak menganggu, tunggulah sampai acara tersebut selesai.

Berpakaian yang ‘kondusif’

Kadang agak sulit memilih mana baju yang akan dipakai jika diundang  ke sebuah acara pernikahan. Tetapi usahakanlah kamu memilih pakaian yang memang benar-benar pas untuk acara pernikahan yang kamu hadiri nanti. Selain itu kamu juga bisa memperkirakan pakaian ini dengan melihat acara tempat  dan konsep yang diterapkan untuk acara pernikahan tersebut. Untuk pernikahan yang biasa atau berkonsep umum kamu bisa memakai pakaian mana saja yang pantas sebagai tamu undangan. Jika tuan rumah memakai adat tertentu untuk acara pernikahan yang diselenggarakan, kamu bisa juga mencoba memakai baju adat tradisional yang digunakan untuk acara pernikahan tersebut.  Yang perlu kamu perhatikan adalah bahwa pakaian yang akan kamu pilih nantinya terasa nyaman, ini menjaga agar kamu tetap merasa santai dan nyaman di acara tersebut.

Hadiah

Jangan lupa siapkan hadiah untuk pengantin. Kamu bisa menyiapkannya dengan membeli kebutuhan yang biasanya sering diperlukan setelah menjadi keluarga baru, misalnya seprei, handuk spesial, piring, dan lain-lain. Kalau tidak berupa hadiah barang, kamu juga bisa menyiapkan amplop sebagai angpao.

Baca juga Penuh Kesan! 5 Ide Kado Pernikahan untuk Sahabat

Jangan dilakukan ya :

Ajak teman

Kalau kamu diundang dalam acara pernikahan, sebaiknya kamu tidak mengajak orang lain yang itu meskipun teman tetapi tidak diundang dalam acara pernikahan tersebut. Apalagi yang kamu ajak jumlahnya heboh, tentu akan terasa sangat tidak pantas. Jadi sebaiknya kamu datang dengan pasangan kamu saja, atau jika kamu masih single, kamu bisa mengajak kakak atau adik untuk menemani.

Posting tanpa ijin

Kalau kamu ingin mengabarkan tentang pernikahan teman kamu, kan kamu undangan juga, memang tidak ada salahnya. Sebagai tanda ikut berbahagia dengan menyampaikan kabar gembira kepada orang yang kamu kenal dan juga mungkin dikenal oleh pengantin yang mengundang kamu.  Tapi ingat juga ya kamu perlu minta ijin dari pasangan tersebut, hal ini mengingat tak semua pasangan suka dengan penyebaran di media sosial karena pernikahan ini bersifat pribadi, sehingga tak semua orang harus mengetahuinya.

Sibuk Online

Datang ke acara pernikahan memang tidak lengkap jika tidak membawa gadget. Dengan perangkat ini kamu bisa juga ikut mengabadikan acara pernikahan untuk dokumentasi pribadi. Meskipun demikian kamu jangan sampai larut dengan gadget ya, kamu malah sibuk sendiri dengan gadget sehingga lupa kalau kamu sedang menikmati sebuah acara pernikahan.

Yuk simak juga Hindari 4 Sikap ini Saat Menjadi Bridesmaid

Menjadi pusat perhatian

Sebagai tamu yang baik, hal ini tidak layak dilakukan ya. Karena kamu hanya undangan sebaiknya berikan perhatian tamu undangan hanya kepada kedua pasangan yang sedang menikah. Kamu tidak perlu mencari perhatian lebih mungkin dengan cara berisik atau sok heboh.

 

Mungkin masih banyak hal lain yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan, tetapi setidaknya beberapa hal di atas merupakan hal yang cukup penting untuk kamu perhatikan ya. Semoga bermanfaat ya!

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp