Dampak Penggunaan Hand Sanitizer Pada Cincin Pernikahan

Dampak Penggunaan Hand Sanitizer Pada Cincin Pernikahan

Ternyata Hand Sanitizer Berdampak Ini Pada Cincin Pernikahan!

Beberapa minggu ini masyarakat sedang diresahkan dengan merebaknya Virus COVID-19 yang menyebabkan meningkatnya penggunaan hand sanitizer. Hal ini berdampak juga pada stok hand sanitizer di pasaran yang menyebabkan kelangkaan bahkan peningkatan harga jual yang drastis. Memang diperlukan untuk menjaga tangan kita dari kontaminasi bakteri, namun juga bisa merusak hal yang lain, yaitu cincin tunangan/pernikahan. Peningkatan penggunaan hand sanitizer tentunya berpengaruh pada cincin yang merupakan perhiasan berbahan logam mulia. Bahan-bahan yang terkandung di dalam hand sanitizer tentunya merupakan bahan kimia aktif dan alkohol yang kadarnya cukup tinggi.

Dampak Penggunaan Hand Sanitizer Pada Cincin Pernikahan

Meski tidak berdampak secara cepat terhadap cincinmu, zat seperti klorin, alkohol, dan sabun antibakteri bisa menurunkan kualitas dari logam seiring waktu. Hal ini biasanya berdampak pada kecerahan cincin, juga dapat menyebabkan cincin kehilangan kilaunya dan memungkinkan tidak dapat kembali. Bukan hanya mengenai kilaunya, zat-zat tersebut juga bisa menghancurkan setting cincin. Terkikisnya cangkang berlian pada cincin yang menyebabkan berlian tersebut bisa jatuh tanpa disadari.

Tetap Jaga Kebersihan dan Lindungi Cincinmu

Tentu saja kamu tidak bisa menghentikan penggunaan hand sanitizer dan sabun antibakteri begitu saja. Karena kesehatan dan kebersihan harus selalu diutamakan dan yang paling penting dari perhiasan apapun. Sangat lucu jika kamu sampai mengurangi atau bahkan menghentikan penggunaannyadi saat seperti ini hanya demi melindungi cincinmu. Duh, jangan deh, brides!

Baca juga,

Tips Mudah dan Tepat Saat Memilih Cincin Kawin

Ada cara untuk menjaga agar cincinmu tetap bersih dan berliannya dapat terjaga dengan baik. Jika memungkinkan kamu bisa mengusapkan hand sanitizer perlahan ketika mendekati cincinmu. Jadi meminimalisir cincinmu terkena langsung zat-zat yang terkandung di dalamnya. Meski cara terbaik tentu dengan melepasnya terlebih dahulu, menunggu hingga hand sanitizer kering baru memakainya lagi. Kilaunya terjaga dan berliannya pun aman pada tempatnya.

Cara Merawat Cincin Pernikahan

Bukan hanya menjaganya dari zat kimia dan alkohol, cincin pernikahan juga perlu dirawat lho. Disarankan untuk setidaknya seminggu sekali kamu merendam perhiasanmu di air hangat dan sabun cuci. Ya, kamu bisa tetap menjaga kebiasan higienismu tanpa perlu khawatir cincin pernikahanmu akan kehilangan kilaunya!

Semoga tips tersebut bermanfaat ya!