Daftar Panitia dan Susunan Acara Lamaran (Part I)

Daftar Panitia dan Susunan Acara Lamaran (Part I)

Daftar Panitia dan Susunan Acara Lamaran (Part I)

Daftar Panitia Acara Lamaran : Bagi kamu yang sudah memberikan jawaban yes I do untuk pasanganmu. Sekarang, waktunya kamu untuk dilamar oleh pujaan hatimu secara resmi ya. Saat ini kamu pasti merasa sangat senang karena, selangkah lagi kalian akan segera menikah. Tapi, bagaimana dengan persiapan acara lamaranmu, sudah siap semuanya? Jika belum, segera lah untuk mempersiapkannya ya.

Mempersiapkan acara lamaran, prosesnya memang tidak seperti mempersiapkan pernikahan yang membutuhkan waktu lama. Meski begitu, bukan berarti kamu leha-leha ya dalam mempersiapkan acara lamaran ini. Persiapan acara lamaran harus dilakukan secara matang. Hal ini penting agar acara lamaran dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Meski tidak serumit persiapan pernikahan. Persiapan acara lamaran tentu bukan hal yang mudah. Apalagi untuk menentukan daftar panita dan menyusun susunan acara lamaran. Karena, dibutuhkan kesepakatan dari kedua belah pihak agar acara lamaran yang dilaksanakan berkenan bagi semua pihak yang hadir. Nah, untuk kamu yang masih awam tentang persiapan acara lamaran. Artikel ini akan membantu kamu dalam mempersiapkannya. Simak baik-baik ya :

Daftar Panitia Acara Lamaran

Bagi kamu yang memiliki keluarga besar, libatkan lah keluarga besarmu dalam acara ini. Karena, dengan memberikan keluargamu peran, kamu sudah  menunjukkan betapa berharganya mereka di hari berhargamu itu. Minta tolong lah dengan sopan terhadap keluargamu. Sehingga mereka akan senantiasa dan merasa senang dapat membantu acara lamaranmu.

Lain halnya jika kamu tidak memiliki keluarga besar. Kamu pasti memiliki teman atau para sahabat dekat kan? Nah, tidak ada salahnya lho meminta bantuan ke para sahabatmu. Sahabatmu pasti akan merasa senang bisa terlibat di hari besejarahmu itu. Namun, pastikan tugas yang kamu embankan kepada mereka sesuai dengan kemampuannya. Sehingga totalitas dalam menjalankan amanah sebagai panitia lamaran nikah dapat terlaksana.

Panitia Penerima Seserahan

Biasanya acara lamaran ini akan dilaksanakan di kediaman mempelai wanita. Namun, tidak jarang pula ada yang melaksanakannya di tempat lain misalnya hotel atau café. Bagaimana dengan acara lamaranmu? Di mana pun acara lamaranmu digelar, pastikan kamu sudah memiliki daftar panitia yang memiliki tugasnya masing-masing. Begitu juga dengan panitia yang menerima seserahan.

Daftar panitia penerima seserahan ini, maksudnya adalah nama-nama pihak dari mempelai wanita. Nantinya bertugas untuk menyambut pihak mempelai pria dan menerima seserahan yang dibawanya. Untuk adat Betawi penerima seserahan juga bertugas mencatat apa saja hantaran yang diberikan mempelai laki-laki. Karena, pada adat Betawi, seserahan mempelai pria akan dibalas kembali dengan seserahan dari pihak wanita.

Panitia Dekorasi

Sama halnya dengan acara pernikahan, tempat yang dijadikan untuk acara lamaran ini perlu didekor. Selain untuk mempercantik tempat demi kenyamanan saat berlangsungnya acara. Mendekor tempat untuk acara lamaran juga merupakan penyambutan yang baik. Sehingga pihak mempelai laki-laki yang datang pun akan merasa terhormat. Karena, disambut dengan baik. Panitia dekorasi ini akan bertugas untuk mempersiapkan tempat yang rapi, indah dan nyaman. Mengatur tempat duduk dari masing-masing pihak, serta menyiapkan kelengkapan sound system.

Daftar Panitia dan Susunan Acara Lamaran

Panitia Make-up & Hair do / Hijab Styles

Pada acara lamaran nanti kamu harus tampil cantik, untuk menyambut calon suamimu beserta rombongannya. Kamu juga akan menjadi pusat perhatian. Maka, persiapkan dengan baik mulai dari busana yang akan dikenakan, tata rias wajah, dan hair do/hijab style. Pada acara lamaran ini kamu bisa membantu rekanmu yang memiliki skill merias wajah. Sehingga kamu tidak perlu menyewa jasa make-up artist hanya untuk acara lamaran. Namun, jika kamu merasa perlu menyewa jasa make-up artist, kamu harus tetap menyiapkan panitia make-up. Tugasnya adalah menghubungi, dan menyiapkan akomodasi untuk make-up artist nanti.

Panitia Konsumsi

Rasanya tidak lengkap jika mengadakan acara tanpa ada jamuan makan. Sama halnya dengan acara lamaran ini. Siapkan daftar namanya, siapa saja keluarga atau rekanmu yang jago dalam memasak untuk acara besar. Pada acara lamaran ini, panitia konsumsi bertugas menyajikan makanan untuk makan siang atau makan malam sesuai waktu acara lamaran dilaksanakan. Pastikan panitia konsumsi ini memang memiliki kemampuan untuk memasak. Supaya masakan yang dihidangkan nanti tidak mengecewakan pihak mempelai laki-laki. Makanan yang disajikan dapat sesuai dengan makan daerah mempelai wanita.

Panitia Dokumentasi

Acara lamaran ini tentunya menjadi momen bersejarah dalam hidupmu. Untuk itu, kamu juga tentu ingin mengabadikan momen bersejarah ini. Mengabadikan momen acara lamaran ini bisa berupa potret gambar atau video. Untuk mengabadikan momen bersejarah ini, tentu harus dengan kualitas yang terbaik ya. Untuk mendapatkan kualitas dokumentasi terbaik kamu dapat mempercayakan hal ini kepada Alienco Photography. Dalam dokumentasi biasanya terdapat dua bentuk yaitu foto dan video, berikut contoh video lamaran versi alienco photography.

Baca juga,

Perbedaan Upacara Panggih Jogja dan Panggih Solo

Selain keenam panitia di atas, masih ada lagi panitia lainnya yang bertugas pada acara lamaran. Cek segera artikel Daftar Panitia dan Susunan Acara Lamaran (Part II)Semoga bermanfaat.