Daftar Panitia dan Susunan Acara Lamaran (Part II)

Daftar Panitia dan Susunan Acara Lamaran (Part II)

Daftar Panitia dan Susunan Acara Lamaran (Part II)

foto-Lamaran-pernikahan-daftar-panitia-lamaran-alienco-photographyBila kelengkapan acara disiapkan oleh panitia acara lamaran seperti pada artikel Daftar Panitia dan Susunan Acara Lamaran (Part I), dan untuk kelancaran acara lamaran harus disiapkan dan disusun secara apik oleh seorang Pembawa Acara (MC). Sebelum MC mengambil alih acara lamaran anda, pastikan anda dan pasangan telah mendiskusikan deretan acara dalam acara lamaran. Dengan mengetahui susunan acara lamaran yang telah disepakati bersama, kedua belah pihak akan merasa lebih nyaman dalam acara lamaran. Berikut ini adalah Contoh Susunan Acara Lamaran.

Pkl. 19.00 -19.05:              Pembukaan Acara Lamaran

Acara Lamaran dibuka oleh Pembawa Acara, sesi acara ini merupa ramah tamah awal pembawa acara sebagai salah satu pihak dari mempelai wanita menyambut pihak mempelai laki-laki. Pembawa acara atau MC hendaknya mampu membawa susana hangat kekeluargaan sejak awal acara. Sehingga tidak ada suasana canggung dan kaku dalam pertemuan dua keluarga yang baru saling mengenal ini.

Pkl. 19.05 – 19.10:             Do’a Pembuka Dipimpin Oleh Pembawa Acara

Do’a pembuka di awal acara ini bertujuan agar acara lamaran yang akan dilangsungkan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Selain itu, do’a di awal acara ini merupakan wujud syukur atas kesempatan siltarurrahim dua keluarga dan wujud iman bahwa Tuhan ikut serta dalam setiap tindakan manusia.

Pkl. 19.10 – 19.20:             Sambutan Oleh Tuan Rumah (Ayah atau Wakil dari Mempelai Wanita)

Langkah selanjutnya dalam Daftar Panitia dan Susunan Acara Lamaran (Part II) adalah Sambutan dari ayah atau wakil mempelai wanita merupakan ucapan sambutan selamat datang atas kehadiran keluarga dari pihak mempelai pria. Dalam isi sambutannya selain mengucapkan kata-kata ramah tamah sebagai sambutan, sang tuan rumah juga memperkenalkan anggota keluarga besarnya, selain itu ayah atau wakil dari mempelai wanita juga mempertanyakan maksud dan tujuan kedatangan silaturrahim pihak mempelai pria.

Pkl. 19.20 – 19.30:             Sambutan Oleh Tamu (Ayah atau Wakil dari Mempelai Pria)

Orang tua atau wali dari mempelai pria mengutarakan maksud dan tujuan kedatangan mereka yang ingin melamar, mempersunting anak gadis di rumah tersebut sebagai pendamping anak mereka. Hal yang perlu diingat, dalam sambutan dari acara lamaran kedua belah pihak ini adalah apabila wakil dari kedua belah pihak yang memberikan sambutan adalah orang dengan pembawaan formal dan kaku, maka suasana acara lamaran anda akan terasa kaku dan ada jarak pemisah antara satu keluarga dengan yang lain. Selain untuk mengutarakan maksud kedatanganan mereka, pihak perwakilan mempelai pria juga memperkenalkan keluarga besar mereka yang turut hadir dalam acara lamaran tersebut.

Pkl. 19.30 – 19.50:             Sesi Jawaban Lamaran

Sesi ini merupakan sambutan pihak mempelai waniita sebagai jawaban dari lamaran yang disampaikan oleh pihak mempelai pria. Sesi ini dapat dilaksanakan dengan berbagai macam cara. Ada tradisi yang menghadirkan mempelai wanita dengan kostum yang sama dengan beberapa wanita lainnya seraya wajah wanita-wanita tersebut ditutupi kain, dan mempelai pria diminta untuk memilih wanita mana yang ia maksud untuk dilamar. Setelah terpilih dengan jawaban pilihan yang tepat, mempelai pria dipersilahkan langsung menanyakan jawaban lamarannya kepada mempelai wanita. Ada pula tradisi yang menghadirkan mempelai wanita memasuki ruangan dan menghantarkan jamuan, sekaligus untuk ditanya jawabannya.

Pkl. 19.50 – 19.55:             Sesi Penyematan Cincin

Cincin hanyalah sebagai simbolis wujud bahwa calon pengantin wanita telah dilamar seorang pria. Acara penyematan cincin ini dilakukan oleh ibu mempelai pria kepada calon mempelai wanita di jari manis tangan kirinya.

Pkl. 19.55 – 20.00:            Do’a Penutup

Sebelum acara ditutup oleh pembawa acara, dilakukan pembacaan do’a bersama-sama dengan harapan acara pernikahan yang akan dilaksanakan akan berjalan lancar sesuai rencana dan tidak ada suatu halangan apapun. Do’a penutup ini biasanya dipimpin oleh pemuka Agama setempat.

Pkl. 20.00 – 20.05:            Penutupan Acara oleh Pembawa Acara

Pada saat acara akan ditutup oleh pembawa acara, pada umumnya sang pembawa acara menyebutkan tanggal pelaksanaan pernikahan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Penentuan tanggal acara pernikahan tidak dilaksanakan pada saat acara lamaran dengan tujuan memfokuskan acara lamaran, karena penentuan tanggal dengan kepentingan atau kesibukan yang berbeda-beda memakan waktu yang cukup lama.

Pkl. 20.05 – Selesai:          Makan Malam Bersama

Demikianlah Daftar Panitia dan Susunan Acara Lamaran (Part II) semoga bermanfaat dan selamat berbahagia. [LS164]

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp