Daftar Harga Aksesoris DSLR Untuk Pembuatan Video

Daftar Harga Aksesoris DSLR Untuk Pembuatan Video

Daftar Harga Aksesoris DSLR Untuk Pembuatan Video

Multifungsi, itulah kata yang tepat untuk menggambarkan kamera DSLR. memang tidak berlebihan, pasalnya selain berfungsi untuk mengabadikan foto / gambar kamera DSLR ternyata juga mampu dijadikan sebagai alat perekam/ video. Sudah banyak film pendek, dokumenter yang menggunakan kamera DSLR sebagai alat untuk merekamnya.

Tantangan Membuat Videografi Menggunakan Kamera DSLR

Karena fungsi utamanya untuk mengabadikan gambar, dalam membuat sebuah videografi dari kamera DSLR memang sedikit ribet. Ada banyak tantangan bagi sobat semua untuk membuat videografi dari kamera DSLR sobat. beberapa tantangan tersebut diantaranya adalah perubahan fokus pada lensa kamera DSLR yang memiliki settingan cepat, padahal untuk membuat video dibutuhkan lensa dengan perubahan yang halus dan lambat, ada beberapa kamera DSLR yang built in mic nya tidak terlalu bagus, dsb. Meski demikian sobat tetap bisa menghasilkan videografi yang bagus dengan menggunakan aksesoris yang dibuat khusus untuk pembuatan videografi

Fungsi dan Harga Aksesoris Videografi Pada Kamera DSLR

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, meski terdapat tantangan sobat masih bisa membuat sebuah karya videografi dari kamera DSLR menggunakan bantuan khusus. Berikut aksesoris yang digunakan beserta list harga dan fungsinya.

  1. Penstabil

Karena kamera DSLR tidak didesain khusus untuk membuat video maka body kamera DSLR tidak begitu stabil ditambah lagi dengan genggaman yang tidak stabil maka hasil rekaman sobat juga tidak akan maksimal hasilnya. Oleh karena itu sobat perlu yang namanya Penstabil, aksesoris ini sangat diperlukan agar sobat dengan mudah mengikuti objek yang sedang direkam. Untuk harganya, penstabil biasanya dibanderol dengan kisaran harga Rp 600 – Rp 800 ribuan.

  1. Aksesoris Kamera Bergerak

Untuk menghasilkan gerakan yang mulus tidak bisa hanya mengandalkan tangan, sehingga dibutuhkan aksesoris menunjang gerakan yang biasanya berupa slider, dolly track, atau porta jib. Aksesoris untuk DSLR tersebut biasanya dibanderol dengan harga Rp 900 ribuan.

  1. Mic dan Hadphone

Seperti yang sudah kita singgung diatas, ada beberapa kamera yang Mic nya kurang bagus. Oleh karena itu dibutuhkan mic serta Headphone eksternal sendiri dan biasanya kedua alat tersebut dijual dengan kisaran harga Rp 500 ribuan.

Itulah beberapa Daftar Harga Aksesoris DSLR Untuk Pembuatan Video, semoga betmanfaat.