Contoh Timeline Persiapan Pernikahan dalam Satu Tahun

Contoh Timeline Persiapan Pernikahan dalam Satu Tahun

Ini Dia Timeline untuk Mempersiapkan Pernikahan dalam Satu Tahun!

Pasangan yang akan menikah, tentu saja wajar jika pada awalnya merasa bingung saat akan mempersiapkan pernikahan. Apa dulu yang harus dipersiapkan ya? Gedung atau gaun? Bagaimana memilih vendor pernikahan yang terpercaya? Terutama adalah kapan sih harus mulai mempersiapkan pernikahan? Nah, berikut ini Alienco punya Contoh Timeline Persiapan Pernikahan yang akan memudahkan kamu dan pasangan dalam mempersiapkan pernikahan! Yuk simak :

Contoh Timeline Persiapan Pernikahan untuk Pernikahan yang Berkesan

Contoh Timeline Persiapan Pernikahan

12 Bulan Sebelumnya

  • Booking Fotografer

Meskipun banyak sekali fotografer yang bisa di hire, namun menemukan yang style fotonya butuh waktu. Apalagi kalau ternyata yang kamu inginkan merupakan fotografer yang sangat laris, bisa-bisa dia full booked sampai tahun depan.

  • Mulai Browsing Wedding Dress

Menentukan wedding dress yang tepat butuh waktu. Alangkah baiknya dipersiapkan jauh-jauh hari. Mempertimbangkan bentuk gaun, warna gaun, dan model yang seperti apa yang pas untuk kamu. Bisa cari referensi dan coba-coba berbagai model gaun pengantin dulu.

  •  Memilih Tamu Undangan

Daftar tamu undangan adalah agenda berikutnya dalam 12 bulan sebelumnya. Kamu dan pasangan bisa mulai mengumpulkan data siapa saja yang akan kamu undangan. Perlu juga bertanya pada kedua orangtua kalian mengenai tamu mereka. Memilih hal ini meski sederhana namun juga perlu waktu untuk finalisasinya.

  • Finalisasi Tanggal Pada Wedding Venue

Pada contoh timeline persiapan pernikahan, sudah pasti soal wedding venue merupakan hal krusial. Terlebih karena sistem booking wedding venue adalah siapa cepat dia dapat. Wedding venue yang bagus biasanya menjadi favorit banyak pasangan. Tak jarang juga akan mengalami full booked kalau kamu terlambat memberikan kepastian tanggal.

  • Booking Kamar Hotel

Keluargamu pasti ada yang dari luar kota atau bahkan luar negeri. Jika kamu dan pasangan merasa tidak mungkin menginapkan saudara jauh yang datang di rumah, lebih baik segera persiapkan penginapan. Mulai booking kamar hotel untuk tamu luar kotamu ya. Karena kemungkinan tidak sedikit dan kamu bisa saja tidak akan mendapatkan kamar jika mem-booking saat mepet waktu pernikahan.

11 Bulan Sebelumnya

  • Rencanakan Acara

Mengolah ide dan menyiapkan urutan acara bukanlah hal yang mudah. Banyak pertimbangan yang harus dilakukan agar acara pernikahanmu berjalan lancar tanpa hambatan. Jika disiapkan jauh-jauh hari, kamu bisa lebih leluasa menimbang baik-buruknya urutan rencana acaramu. Mungkin saat ini kamu juga bisa minta bantuan Wedding Organizer dan Wedding Planner.

  • Booking Catering Pernikahan

Hal paling penting di pesta untuk menjamu tamu undangan adalah makanan. Tentukan menu dan jumlah sajian untuk menjamu tamu tidaklah mudah. Maka dari itu lebih baik segera dicari vendor catering paling pas untuk pernikahanmu ya. Mencari lebih awal bisa saja menghindari kenaikan harga yang bisa terjadi setahun kemudian.

10 Bulan Sebelumnya

  • Finalisasi Daftar Tamu Undangan

Sudah banyak diskusi dengan pasangan dan keluarga besar, kan? Saatnya membuat daftar final dari tamu yang akan kamu undang di pernikahan. Hal ini lebih baik dilakukan dengan cepat supaya kamu dan pasangan segera tau jumlah pasti tamu undangan.

  • Mulai Persiapkan Souvenir Pernikahan

Setelah tau pasti jumlah tamu undangan, lebih mudah bagimu untuk mulai masuk ke tahap mempersiapkan souvenir pernikahan. Tentukan souvenir yang akan kamu berikan untuk tamu undangan, setelah itu tentukan jumlahnya. Persiapan vendor souvenir pernikahan untuk memproduksi barang cukup panjang lho. Apalagi bukan hanya kamu dan pasangan yang mengorder souvenir ke mereka.

  • Bentuk Panitia Keluarga

Tidak yakin untuk menyerahkan sepenuhnya urusan persiapan pernikahan pada Wedding Organizer? Kamu bisa membentuk panitia keluarga yang terdiri dari anggota keluargamu dan pasangan. Cukup beberapa orang saja yang menurutmu paling bisa kamu andalkan dan cocok memegang tanggung jawab tersebut. Panitia keluarga setidaknya membantu mengurangi tekanan yang kamu rasakan saat persiapan pernikahan.

  • Buat Playlist Lagu

Memilah dan menentukan lagu yang cocok untuk pesta juga penting lho. Meskipun sederhana, dilakukan sesegera mungkin setidaknya mengurangi daftar hal yang perlu kamu pikirkan. Mengetahui lagu yang pas saat kapan untuk berdansa atau makan malam lebih cepat lebih baik. Jadi saat acara tidak akan tertukar dan salah putar lagu.

Baca juga.

9 Makanan Andalan Untuk Menjamu Tamu Di Lamaran

9 Bulan Sebelumnya

  • Pesan Gaun Pengantin

Sudah menemukan gaun pengantin yang diinginkan? Atau sudah mendapatkan inspirasi gaun pengantin impian? Kamu bisa mulai segera memesannya. Kalau kamu menginginkan gaun pengantin rancangan khusus untuk pernikahanmu, tentu waktu 9 bulan sebelum hari H sangat diperlukan. Para desainer gaun mengerjakannya tidak secara instan, apalagi jika mereka mengerjakan gaun orang lain juga.

8 Bulan Sebelumnya

  • Pesan Aksesoris Rambut

Kamu tentu tau ingin hairstyle seperti apa setelah menentukan gaun pengantin kan? Nah saatnya mulai memilih pernak pernik pelengkap untuk mempercantik tatanan rambutmu.

  • Pesan Perhiasan

Sekarang lah saatnya yang tepat untukmu dan pasangan mulai mencari cincin nikah yang akan digunakan untuk acara puncak dan selamanya. Jika memesan desain khusus tentu waktu 8 bulan cukup lama untuk vendor cincin memprosesnya. Persiapkan juga aksesoris perhiasan lain, seperti kalung atau pin dasi untuk calon suamimu.

  • Booking Paket Bulan Madu (Tujuan Luar Negeri)

Jika kamu memiliki rencana bulan madu ke luar negeri, tentu banyak sekali yang dipersiapkan. Kalau belum punya passport tentu saja penting membuatnya dulu, pengajuan visa juga tidaklah mudah. Terlebih jika kamu dan pasangan memilih waktu bulan madu yang mendekati atau sama dengan puncak liburan, pemesanan bisa penuh dimana-mana! Paket wisata dan hotel tentu harus jauh-jauh direservasi.

Kamu bisa sedikit bernafas lega di bulan ketujuh. Bisa sedikit melonggarkan jadwal persiapan karena hal-hal paling utama sudah mulai terkendali.

Contoh Timeline Persiapan Pernikahan

6 Bulan Sebelumnya

  • Desain dan Cetak Undangan

Inilah waktu yang tepat untuk mulai mendesain undangan. Jumlah tamu, tanggal pernikahan, dan lokasi sudah pasti, saatnya didesain segera ke dalam bentuk nyata undangan. Kalau bisa langsung lanjutkan saja ke proses cetak undangan ya. Karena jika ada salah warna cetakan, atau ada jumlah kurang, bisa segera diatasi.

  • Lakukan Test Make-up

Melakukan test make-up tidak bisa mepet dengan hari acara. Kamu perlu melihat cocok tidaknya produk make-up yang dipakai make-up artist-mu. Pastikan tidak ada efek samping dan alergi. Penting juga melihat gaya make-up yang pas dan waktu pengerjaannya.

5 Bulan Sebelumnya

  • Mulai Pesan Perlengkapan Acara

Meski Wedding Organizer akan membantumu dalam hal ini, mungkin kamu juga perlu terjun langsung untuk melakukan pemesanan. Hal-hal seperti meja, kursi, kain taplak, hingga peralatan sound system yang diperlukan juga perlu diawasi. Minta calon suamimu menemani karena biasanya laki-laki lebih paham peralatan seperti ini.

@aliencophoto

4 Bulan Sebelumnya

  • Memilih Jas Pengantin

Dari contoh timeline persiapan pernikahan di atas, gaun pengantin lumayan menjadi persiapan yang perlu waktu banyak. Setelah urusan gaun pengantin yang cukup memakan waktu dan persiapan, saatnya pengantin laki-laki juga memilih jasnya. Untuk tampil tampan di samping pengantin wanitanya, tentu pengantin laki-laki juga akan memesan jas khusus untuk hari H ya. Maka dari itu segera lakukan fitting jas pengantin.

  • Booking Paket Bulan Madu (Dalam Negeri)

Jika persiapan bulan madu ke luar negeri kamu harus mempersiapkan passport dan visa, tidak dengan tujuan di dalam negeri. Namun, penting juga untuk memilih lokasi, memesan hotel, dan penerbangan. Saat waktu-waktu tertentu tempat wisata dalam negeri juga punya musim ramainya.

  • Booking Akomodasi Jelang Hari H

Sebelum hari pernikahan agar tepat waktu sampai wedding venue, kamu bisa mulai memesan akomodasi untuk agenda persiapan di hari sebelum pernikahan.

Wah waktu semakin singkat! Contoh Timeline Persiapan Pernikahan di atas telah berjalan untuk 4 bulan nih! Berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan juga di 6 Minggu Sebelum pernikahan :

  • Lakukan pengiriman undangan pernikahan
  • Finalisasi menu catering
  • Melakukan reservasi Wedding Entertainment
  • Konfirmasi bunga dekorasi untuk buket atau dekorasi pelaminan
  • Selesaikan persoalan dokumen pernikahan
  • Adakan Technical Meeting dengan semua vendor yang berpartisipasi di pernikahanmu, lengkap dengan panitia keluarga
  • Finalisasi jumlah kursi di pernikahan, biasanya setelah tamu menjawab RSVP
  • Konfirmasikan waktu kedatangan atau pengiriman barang-barang dari vendor untuk hari H

Baca juga,

Persiapan Resepsi Pernikahan Yang Jangan Sampai Terlupa!

Nah, setelah itu kamu dan pasangan hanya perlu berdoa untuk kelancaran di Wedding Day kalian! Kalian sudah berusaha semaksimal mungkin dalam mempersiapkannya, bahkan dalam satu tahun sebelumnya. Saatnya kalian berusaha rileks dan percayakan pada segala elemen yang akan men-sukseskan acaramu. Nikmati pesta pernikahanmu! Setidaknya Contoh Timeline Persiapan Pernikahan di atas cukup membantu ya.

Demikianlah Contoh Timeline Persiapan Pernikahan dalam Satu Tahun dari Alienco. Jika memerlukan jasa dokumentasi untuk momen pernikahanmu, kamu bisa menghubungi Admin Alienco ya! Kami menyediakan jasa foto pernikahan untuk wilayah Depok, Jakarta, dan sekitarnya lho!

 

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp