Contoh Foto Pernikahan Adat Melayu

Contoh Foto Pernikahan Adat Melayu

Contoh Foto Pernikahan Adat Melayu

 Foto Pernikahan Adat Penting Ga sih??

Penting banget!!! Karena melalui foto pernikahan adat melayu, anak cucu kita akan tetap mengenal bangsanya dalam era globalisasi ini. Mereka akan tau bahwa bangsanya, bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya, bukan hanya kaya akan kekayaan alamnya tetapi juga kaya akan budaya, bahasa, dan adat istiadatnya. Melalui sebuah prosesi pernikahan akan nampak kekayaan adat yang dimiliki oleh bangsa Indonesia (red. Pernikahan Tradisional Adat Betawi, Mengenal Tradisi Negri lewat pernikahan).

foto pernikahan adat melayu penari palembang balai samudra
alienco.net
inay pernikahan adat melayu padang
alienco.net
foto adat melayu baju biru balai samudra
alienco.net
foto pengantin wanita adat melayu palembang
alienco.net

Salah satu adat budaya yang dimiliki Indonesia ialah adat melayu. Pada artikel ini anda akan mengenal pernikahan adat melayu beserta contoh foto pernikahan adat melayu. Pernikahan adat melayu melalui tahap yang sangat panjang  mulai dari sebelum upacara pernikahan hingga setelah upacara pernikahan. Pernikahan menurut orang melayu adalah sejarah kehidupan seseorang.  Karena itu, masyarakat melayu merasa penting untuk melaksanakan prosesi pernikahan sesuai dengan adat yang berlaku, dengan tujuan mendapatkan restu.

Pernikahan Adat Melayu: Upacara Pernikahan

Upacara Menggantung-Gantung. Upacara ini merupakan upacara persiapan hari H pernikahan. Kegiatan yang dilakukan dalam upacara ini adalah mulai dari dekorasi tenda, perlengkapan pelaminan, menghias kamar pengantin. Upacara yang dilakukan H-3 pernikahan ini, merupakan cerminan gotong royong yang sangat kental dalam adat melayu.

Upacara Berinai. pada pernikahan adat melayu Upacara ini juga dikenal upacara memerahkan kuku. Padahal dalam upacara ini bukan hanya memerahkan kuku tapi beragam kegiatan lainnya. Upacara yang merupakan pengaruh dari ajaran Hindu ini, ditujukkan agar pengantin siap menjalani pernikahan tanpa ada kendala masalah. Prosesi memerahkan kuku dilaksanakan secara bersamaan oleh kedua calon mempelai pengantin di tempat yang berbeda. Tapi, biasanya upacara berinai pada mempelai pria lebih didahulukan.

Upacara Berandam. Upacara yang bermakna membersihkan diri pengantin baik jasmani maupun rohaninya. Agar dalam  menjalankan hidup yang baru dijalani dengan jiwa yang bersih. Upacara ini dilakukan setelah waktu shalat Ashar, dipimpin oleh Mak Andam, didampingi orang tua dan kerabat. Diiringi dengan rebana prosesi berndam dilaksanakan, kedua pengantin harus mandi berlimau dan berganggang dahulu. Upacara berandam dilaksanakan di kediaman pengantin perempuan terlebih dahulu, setelah itu baru dilaksanakan pada pihak laki-laki. Kegiatan utama berandam adalah membersihkan rambut tipis di sekitar tengkuk, leher dan wajah; dengan menggunakan sirih pinang dan jampi serapah untuk menaikan seri muka; memperindah kening kemudian dilakukan mandi tolak bala atau dikenal dengan mandi bunga. Karena menggunakan 5 atau 7 atau 9 jenis bunga. Mandi ini bertujuan sempurnakan kesucian, menjauhkan bencana dan menaikan seri wajah.

Upacara Khatam Al Qur’an. Upacara ini mencerminkan bahwa pengantin wanita telah diajarkan dengan baik ajaran agama Islam. pada pernikahan adat melayu Sehingga pengantin perempuan akan siap berperan sebagai istri sekaligus ibu bagi anak-anaknya kelak. Pada upacara ini pengantin wanita membaca alqur’an surat Dhuha sampai dengan Al Fatihah yang diakhiri dengan do’a khatam Al Qur’an. Pengantin wanita di pelaminan didampingi orang tua atau guru mengajinya atau teman sebayanya.

Pernikahan Adat Melayu: Upacara Perkawinan

Upacara ini bukan hanya meliputi prosesi akad, tetapi serangkaian kegiatan lainnya. Dimulai dari kedatangan calon pengantin pria dan rombongan ke kediaman pengantin perempuan dengan membawa seserahan. Dan susunan upacara perkawinan antara lain upacara antar belanja (seserahan),upacara akad nikah, upaya menyembah, upacara tepuk tepung tawar,upacara nasihat perkawinan,upacara jamuan santap bersama.

Pernikahan Adat Melayu: Upacara Langsung

Setelah akad pernikahan dan upacara perkawinan selesai, selanjutnya adalah upacara hari langsung. Upacara langsung terdiri dari mengarak pengantin laki-laki, penyambutan arak-arakan laki-laki, upacara bersanding, upacara resepsi, upacara alu-aluan dan tahniah, upacara pembacaan do’a, upacara santap nasi hadap-hadapan, upacara memberikan ucapan tahniah (terima kasih) pada tamu undangan.

Artikel singkat tentang pernikahan adat melayu semoga menambah wawasan anda dan turut serta mempertahankan kekayaan bangsa.   Selamat Berbahagia [LS]

Artikel Terkait:

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp