Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Kamu Melakukan Foto Prewedding!

Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Kamu Melakukan Foto Prewedding!

Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Kamu Melakukan Foto Prewedding!

Berbicara tentang prewedding, pastilah akan ada persiapan yang harus dilakukan sebelum pemotretan berlangsung. Jika dilihat, melakukan pemotretan prewedding secara sekilas terlihat simple. Sebenarnya tidak ya, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan dengan matang. Pertama kali, kamu harus mencari referensi fotografer. Lalu setelah itu menentukan konsep apa yang akan diusung, dan juga menentukan busana yang sesuai dengan konsep yang dipilih. Belum lagi harus mencari berbagai tempat yang mendukung konsep kamu dan pasangan.

Tidak se-simple itu bukan? Begitu banyak hal yang harus dilakukan oleh kamu dan pasangan.  Jika semua itu sudah dilakukan, maka akan ada beberapa hal yang harus kamu lakukan lagi. Agar hasil dari foto preweddingmu terlihat bagus, karena usaha kamu dan pasangan yang maksimal. Berikut ada 7 hal yang harus kamu dan pasangan perhatikan sebelum melangsungkan foto prewedding.

Ajak Pasanganmu Untuk Melakukan Riset Terlebih Dahulu

Pertama kali yang harus kamu dan pasangan lakukan adalah melakuan riset terlebih dahulu.Mendengar kata riset, riset yang satu ini bukan riset karya ilmiah yang rumit ya. Riset ini sebenarnya mudah saja untuk dilakukan oleh kamu dan pasangan. Yaitu mencari beberapa referensi fotografer. Kamu bisa mencari referensi fotografer melalui rekan-rekanmu yang sudah pernah menggunakan jasanya. Atau bisa saja dengan mencarinya di internet melalui berbagai review. Untuk konsepnya kamu juga bisa mengkonsultasikan hal tersebut dengan fotografermu. Tapi, perlu diingat konsep ini harus yang bisa disetujui oleh kamu dan pasangan. jangan sampai ada salah satu diantara kamu atau pasanganmu merasa tidak nyaman dengan konsep tersebut.

Untuk mempermudah kamu dan pasangan memilih konsep, kamu bisa melihat-lihat portofolio fotografermu. Kamu bisa menandai foto-foto yang kamu suka untuk dijadikan referensi. Namun, kamu harus memilih fotografer yang sesuai dengan keinginanmu, juga sesuaikan dengan budget yang kamu miiliki. Dan yang terpenting adalah, pilihlah fotografer yang cocok denganmu, agar bisa menghasilkan foto yang sesuai dengan keinginan kamu dan pasangan. Karena, setiap fotografer memiliki ciri khasnya masing-masing.

foto preweddingv

Jangan Membuat Penampilanmu Menjadi Berbeda

Saat kamu dan pasangan sudah memutuskan akan mengusung konsep apa. Jangan sampai kamu dan pasangan membuat keputusan yang dapat merubah penampilanu secara drastis demi konsep tersebut. Meskipun kamu dan pasangan menginginkan hasil yang sempurna, bukan berarti penampilanmu berubah 180 derajat bukan? Tentunya foto yang dihasilkan nanti tidak akan terlihat seperti diri kamu dan pasangan yang sebenarnya. Usahakan tetap tampil dengan menggambarkan karakter diri sendiri.

Mematangkan Konsep Yang Menjadi Pilihanmu

Sebelum melangsungkan pemotretan, pastikan untuk mematangkan konsep yang sudah kamu dan pasangan pilih. Mengingat foto prewedding ini sudah menjadi tren di kalangan masyarakat sekarang, sama halnya dengan konsep-konsep  prewedding. Terkadang ada saja pasangan calon pengantin yang senangnya mengikuti apa yang sedang tren saat ini. Memang hal tersebut tidak salah ya. Namun tetap saja tren yang sedang digandrungi itu harus sesuai dengan kepribadian kamu dan pasangan untuk menghasilkan foto yang spesial. Maka dari itu kamu dan pasangan harus serius agar konsep foto preweddingmu memiliki persiapan yang matang. Jangan sampai kamu dan pasangan menyesal karena memiliki konsep yang tidak dipersiapkan dengan matang. Selain itu, agar persiapan semakin matang, periksa dan siapkan kembali tempat dan busana yang akan dikenakan saat pemotretan berlangsung.

Baca juga 5 Konsep Foto Prewedding Ini Bisa Jadi Pilihanmu

Ingat Bahwa Pasanganmu Juga Memiliki Keinginan

Jangan sampai kamu melupakan hal ini ya, perlu diingat kembali bahwa foto prewedding ini bukan hanya kamu saja yang melakukannya, tapi dengan pasanganmu. Disinilah kamu dan pasangan harus saling mengontrol diri, jangan merasa ingin diri sendiri sempurna dihadapan kamera. Pastikan pasangan kamu nyaman dengan foto prewedding ini. Mulai dari konsep yang diusung, tempat, dan juga busana. Bisa jadi pasanganmu merupakan orang yang tidak nyaman berpose dihadapan kamera. Maka, pr kamu adalah berdiskusi dan dan mencari solusinya bersama, agar foto prewedding ini bisa terwujud dengan baik. Buat kamu dan pasanganmu senyaman mungkin ketika menjalani proses foto prewedding ini.

Memilih Waktu Untuk Pemotretan

Setelah semua persiapan sudah dilakukan, waktunya untuk menentukan kapan pemotretan akan dilaksanakan. Untuk menentukan waktu yang tepat, diskusikanlah hal ini dengan fotografermu. Karena, seorang fotografer tentunya akan lebih paham soal waktu yang tepat untuk pemotretan. Cuaca juga bisa mempengaruhi hasil fotomu, maka kamu harus lebih memperhatikan waktu dan cuaca juga ya. Selain itu, jangan sampai kamu menginginkan waktu yang jauh ke hari-H pernikahanmu. Juga jangan sampai mepet ke hari-H pernikahanmu, waktu yang mepet akan membuat fotografermu kewalahan karena harus mengedit hasil foto-foto preweddingmu agar hasilnya lebih maksimal.

Menjaga Kesehatan Dan Lakukan Perawatan Kecantikan

Mengabaikan kesehatan ini kerap kali terjadi pada pasangan calon pengantin. Biasanya karena persiapan pernikahan yang begitu menguras tenaga dan pikiran, membuat calon pasangan tersebut lupa untuk menjaga kesehatannya. Hal ini jangan sampai terjadi pada kamu dan pasangan ya, kamu harus tetap makan dan minum vitamin c agar tubuhmu sehat. Apalagi jika akan melakukan sesi foto prewedding, makan dan sering minum air putih itu wajib kamu lakukan. Agar di foto nanti tubuhmu terlihat segar dan bugar. Hindari bergadang, atur pola hidupmu mulai dari sekarang, minum dan makan teratur dan beri vitamin untuk tubuh dengan minuman stamina. Selain itu, perawatan kecantikan juga jangan kamu tinggalkan, justru semakin dekat dengan sesi foto prewedding maka kamu harus lebih rajin lagi merawat kulit luarmu.

Baca juga Tips Foto Prewedding Outdoor Terbaik

Datang Tepat Waktu

Setelah menentukan hari kapan pemotretan akan dilaksanakan, cek kembali segala persiapan yang dibutuhkan dan datanglah tepat waktu. Jangan dibiasakan bahwa pemotretan akan mulai dengan jam yang ngaret karena kamu datang terlambat ya. Hal ini memang terdengar biasa saja, namun jika kamu datang tidak sesuai dengan jam yang sudah ditentukan, maka hasil dari foto preweddingmu juga tidak akan maksimal. Seperti, jika kamu ingin memulai pemotretan saat matahari terbit, karena kamu datang pada jam 8 pagi maka kamu akan kehilangan momen tersebut. Biasanya orang-orang datang terlambat karena persiapan diri mereka kurang, akibatnya meraka harus mempersiapkan segala kebutuhan sehingga terlamba datang. Untuk meminimalisir hal tersebut, kamu dan pasangan bisa mengecek kembali peralatan yang akan dibawa saat pemotretan pada malam harinya. Setelah dicek, satukan peratalan tersebut pada satu tempat atau bisa saja langsung masukan kedalam bagasi mobil. Jika semua sudah dilakukan, kamu akan merasa santai karena sudah mempersiapkan peralatannya semalam.

 

Bagaimana, sudah siap melakukan foto prewedding? Sebelum melakukannya, pastikan kamu membaca ke-7 hal yang harus kamu perhatikan di atas ya. Jika kamu memerhatikan ke-7 hal tersebut, maka hasi foto preweddingmu akan maksimal. Jangan lupa juga, Alienco Photo menerima jasa foto prewedding dan wedding di wilayah Depok, Jakarta, dan sekitarnya. Cek di website resmi Alienco Photo untuk promo menariknya! Hubungi Admin Alienco ya! Selamat mencoba!

Yuk Simak Informasi Lengkap Tentang Pameran Pernikahan Disini!

Yuk Simak Informasi Lengkap Tentang Pameran Pernikahan Disini!

Informasi Lengkap Tentang Pameran Pernikahan Ada Disini!

Informasi Lengkap Tentang Pameran Pernikahan – Mempersiapkan pernikahan hanya kamu dengan pasangan tentu sangat berat. Memilih wedding organizer dan vendor pernikahan gampang-gampang susah. Banyak aspek yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan. Semua itu demi kelancaran acara pernikahan kamu. Tentunya tidak bisa asal pilih kan?

Salah satu solusinya adalah Pameran Pernikahan. Pada pameran pernikahan biasanya hingga ratusan vendor hadir disana. Para vendor tersebut membawa berbagai pelayanan menarik untuk para calon pengantin. Biasanya juga disertai banyak promo yang sayang dilewatkan. Terutama bagi kamu yang tengah kebingungan mempersiapkan pernikahan.

Apa itu Pameran Pernikahan?

Pameran pernikahan merupakan suatu acara pameran dimana semua vendor yang berkaitan dengan pernikahan berpameran disana.

informasi pameran pernikahan

Ada apa aja sih di Pameran Pernikahan?

Tentu saja vendor yang berhubungan dengan pernikahan dan berbagai jasa layanannya. Jasa yang ditawarkan para vendor diantaranya adalah :

  • Wedding Organizer
  • Busana Pengantin
  • Bridal
  • Make-up atau Tata Rias
  • Foto dan Video
  • Cincin Pernikahan
  • Catering
  • Gedung Pernikahan atau Hotel Ballroom
  • Undangan Pernikahan
  • Souvenir Pernikahan
  • Dekorasi Pernikahan
  • Musik dan Hiburan / Entertainment
  • Master of Ceremony atau MC
  • Honeymoon Packages

Semua hal tersebut tentunya sangat berkaitan erat dengan sukses tidaknya suatu acara pernikahan. Berbagai vendor tersebut tentu punya pelayanan dan keunikan masing-masing. Tinggal bagaimana rencana pernikahan kamu dan pasangan. Saat hadir di pameran pernikahan, kamu dan pasangan bisa konsultasi dengan ratusan vendor tersebut.

Bukan hanya vendor-vendor saja lho. Pameran pernikahan juga pastinya memiliki rangkaian acara untuk meramaikan suasana pameran. Nah ini dia jadwal acara yang biasa ada di pameran pernikahan :

pameran pernikahan

Fashion Show

Acara ini sebagai tempatnya para vendor busana pengantin unjuk gigi. Mereka akan menyiapkan busana pengantin terbaiknya dan model pilihan untuk mempresentasikan produk mereka. Disini kamu bisa secara sekaligus melihat banyak busana pengantin dan bagaimana busana tersebut dipakai. Tak hanya bagi vendor, biasanya banyak fashion designer yang membawa serta koleksi busana pengantin mereka. Busana pengantin tersebut akan dipamerkan dengan model berjalan di catwalk. Seru banget lho.

Penampilan Hiburan

Sepanjang hari ketika pameran tentu suasana tidak boleh sepi dong. Tidak akan hanya ada suara orang bercakap-cakap dan saling menawarkan jasanya. Di event pameran pernikahan pun hiburan seperti musik diperlukan. Nah kalau ini biasanya diisi oleh vendor penyedia jasa hiburan pernikahan. Biasanya sih penampilannya diisi dengan nyanyian-nyanyian. Penyanyi dan band andalan vendor entertainment akan menunjukkan kebolehannya menghibur para tamu. Kamu jadi bisa melihat apakah penyanyi tersebut akan cocok dengan pernikahanmu atau tidak. Melihat dan mendengar secara langsung bisa membantumu mengambil keputusan lho!

Undian Doorprize

Promo vendor memang menarik, apalagi test food gratis. Tapi tentu saja yang tak boleh terlewatkan adalah doorprize. Penyelenggara pameran biasanya menyiapkan doorprize bagi pasangan yang melakukan transaksi di pameran. Terdiri dari grand prize dan hadiah hiburan lainnya. Biasanya sih grand prize yang disiapkan adalah mobil atau bahkan paket bulan madu yang tentunya menarik banget kan. Namun siapa sangka hadiah lainnya juga lumayan banget, beberapa unit motor, televisi, dan peralatan lain menjadi hadiah yang menarik. Hadiah-hadiah tersebut biasanya akan diundi di akhir acara tiap harinya dan grand prize di akhir pameran.

Kapan saja ada pameran pernikahan? Berapa lama setiap satu event pameran?

Tak terlewatkan juga di informasi lengkap tentang pameran pernikahan mengenai kapan dan waktunya nih. Sebenarnya pameran pernikahan selalu ada tiap tahun kok. Bahkan dalam satu tahun ada lebih dari 10 event pameran pernikahan di tiap kota. Dalam satu bulan saja bisa ada 2 atau 3 pameran pernikahan yang hanya berbeda tempat. Keikutsertaan vendor di tiap pameran tentu tak ada bedanya. Mereka selalu membawa penawaran menarik demi mewujudkan pernikahan impian kamu dan pasangan.

Kamu bisa mulai mencari di internet atau media sosial lho. Biasanya jelang diadakannya pameran pernikahan, penyelenggara pasti akan menginformasikannya. Begitu juga dengan para vendor yang berpartisipasi. Platform media sosial mereka pasti akan memberikan informasi mengenai waktu pameran pernikahan. Tak usah kecewa jika saat ada pameran pernikahan kamu tidak bisa hadir. Tidak perlu waktu lama pasti kamu akan mendapatkan informasi baru mengenai pameran pernikahan berikutnya.

Oiya pameran pernikahan tidak hanya ada di Ibukota Jakarta ya. Berbagai kota di Indonesia punya gelaran pameran pernikahannya sendiri. Jadi dimanapun kamu berada tenang saja. Pasti akan ada pameran pernikahan yang digelar. Dan biasanya pameran pernikahan digelar selama 3 hari. Penyelenggara biasa memanfaatkan waktu weekend, mengingat para calon pengantin pasti banyak memiliki kesibukan selama weekdays. Tak usah takut terlambat juga, kalau kamu kesianganpun pameran pernikahan bisa dihadiri di malam hari. Memulai pameran di pagi hari dan biasanya berakhir di malam hari.

@aliencophoto pernah pameran disini loh!

Dimana sih pameran pernikahan diadakan?

Kalau kamu tinggal di Jakarta, Alienco akan membagikan beberapa lokasi yang biasa menjadi tempat gelaran pameran pernikahan nih. Pada beberapa lokasi tersebut pun Alienco Photo sering ikut berpartisipasi sebagai vendor foto dan video. Tempat pameran pernikahan tersebut diantaranya :

  • Balai Kartini, Jakarta
  • Jakarta Convention Center
  • Grand Ballroom, Sheraton Grand Jakarta
  • JIExpo – PRJ Kemayoran Jakarta
  • Seasons City Trade Mall, Jakarta
  • Grand Ballroom, The Ritz Carlton Jakarta
  • Granada Ballroom, Menara 165, Jakarta
  • The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan & JW Marriott Hotel Jakarta

Tempat-tempat tersebut ada beberapa yang memiliki gelaran pameran pernikahan yang rutin tiap tahunnya. Seperti Balai Kartini memiliki Balai Kartini Wedding Expo, Gebyar Pernikahan Indonesia, dan Jakarta Mega Wedding Festival di JIExpo Jakarta. Untuk informasi lengkap tentang pameran pernikahan yang akan digelar oleh tempat-tempat tersebut pun kamu disarankan untuk selalu cek website mereka. Biasanya juga di media sosial sebelum event akan dibagikan infonya!

Beberapa pameran pernikahan yang pernah Alienco Photo ikuti, yaitu :

  • Balai Kartini Wedding Expo Jakarta
  • Gebyar Pernikahan Indonesia di Balai Kartini
  • dan pameran pernikahan lainnya.

Baca juga Hal Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Menentukan Wedding Organizer

Persiapan apa aja yang harus dilakukan sebelum ke pameran pernikahan?

Di bawah ini adalah tips dan persiapan yang perlu dilakukan :

Research Before Going

Memang sih semua pertanyaanmu akan terjawab jika kamu pergi ke pameran pernikahan. Para vendor tentu saja akan menjawab semua pertanyaanmu. Tapi lebih baik memang sebelumnya kamu melakukan riset terlebih dahulu. Penyelenggara pameran pasti memiliki website resmi terkait event tersebut. Biasanya akan berisi mengenai detil pameran, seperti nama vendor, layout lokasi, dan doorprize pameran. Informasi tersebut penting untuk kamu mengetahui lokasi booth vendor yang menjadi incaranmu. Kamu juga bisa mempersiapkan pertanyaan untuk mereka terlebih dahulu.

Datang Lebih Awal

Betul pameran pernikahan biasa dari pagi hingga malam hari. Tapi, lebih baik jika kamu dan pasangan tiba lebih awal. Karena yang akan menikah kan bukan hanya kalian berdua, ratusan bahkan ribuan pasangan juga dipastikan akan menghadiri pameran pernikahan. Meski banyak vendor yang bisa dipilih, datang lebih awal memberimu waktu lebih luang untuk berdiskusi dengan vendor-vendor. Memudahkan kamu untuk berpindah dari vendor satu ke yang lainnya karena belum banyak kerumunan.

Jangan Pergi Sendiri

Pernikahan tentu saja tentang dua orang yang menjadi satu dalam ikatan suci. Jadi tidak hanya kamu sendiri yang pergi ke pameran pernikahan. Kamu perlu mengajak pasanganmu agar diskusi lebih mudah. Yang mengetahui detil mengenai konsep pernikahan kalian tentu saja kalian berdua. Bisa juga mengajak keluarga atau seorang teman dekat. Selain saran mereka diperlukan, lebih safety bagi kamu untuk bepergian karena disana pasti ramai sekali.

Membawa Kartu Nama

Bukan hanya para vendor yang perlu memiliki kartu nama. Ada baiknya juga kamu dan pasangan membawa kartu nama kalian. Hal ini perlu karena nantinya disana kamu perlu untuk meninggalkan informasi kontak kepada vendor yang kamu ajak diskusi. Nantinya kamu bisa meminta vendor mengirimkan informasi mengenai jasa mereka jika kamu memiliki waktu terbatas disana. Jangan lupa juga minta kartu nama vendor pilihanmu.

Selalu Catat Hasil Diskusi

Sesudah catatan pertanyaanmu, tentu kamu akan membawa pulang jawaban dari vendor-vendor tersebut. Demi menghindari human error atau lupa, alangkah baiknya kamu membawa buku catatan atau sekedar notes di ponsel. Nantinya kamu akan mendapatkan banyak informasi dari berbagai vendor, tentu saja penting dicatat. Kalau lupa kan kunjunganmu kesana bisa saja sia-sia.

Memotret

Perlu juga mengambil foto benda-benda menarik di pameran pernikahan. Jika ada gaun pengantin yang menarik perhatianmu, sepatu pengantin, hingga aksesoris seperti perhiasan yang kamu taksir. Foto-foto tersebut bisa kamu kumpulkan dan dijadikan referensi di hunting berikutnya. Untuk pertimbangan di rumah jika kalau kamu masih belum bisa banyak memutuskan di lokasi.

Bawa Tas Tambahan/Goody Bag

Vendor-vendor yang berpameran selain membawa promo menarik, mereka juga biasanya menyiapkan sampel atau goodies. Kamu bisa mengambil hal-hal tersebut untuk referensi. Perlu juga mengumpulkan brosur berisi pricelist yang disediakan vendor. Jumlahnya sudah pasti banyak, jadi kalau bisa bawa tas yang besar ya!

Berburu Promo

Selesai di vendor 1 lebih baik jangan buru-buru memutuskan. Karena hampir semua vendor memiliki promo menarik yang sayang banget kalau kamu lewatkan. Meski tidak berarti kamu harus mengunjungi semuanya, setidaknya lebih baik. Kamu jadi memiliki pilihan dan bisa lebih mudah mempertimbangkan berdasarkan kemampuanmu dan pasangan. Biasanya juga aka nada doorprize menarik bagi kamu yang bertransaksi di lokasi pameran. Jadi, tak perlu segan untuk bertanya mengenai harga, demi mendapatkan kesepakatan terbaik dengan vendor pilihanmu!

Kenapa sih harus ke pameran pernikahan?

Bertatap Muka dengan Vendor

Browsing di internet dan berinteraksi di media sosialnya mungkin menurutmu sudah cukup. Tapi, pernah nggak sih kepikiran kalo itu suatu penipuan? Semeyakinkan apapun, ada lho kasus penipuan Wedding Organizer yang membuat pasangan pengantin merugi ratusan juta. Maka dari itu lebih baik bertatap muka langsung dengan para vendor. Salah satu caranya yaitu dengan datang ke pameran pernikahan. Kamu juga sekaligus bisa memperhatikan cara mereka dalam menghadapi calon kliennya. Melihat langsung cara mereka menjawab pertanyaanmu, bahkan menenangkan kekhawatiranmu tentang persiapan pernikahan. Dengan berkomunikasi secara langsung lebih mudah bagimu untuk memutuskan.

Artikel terkait Tips Terhindar Dari Penipuan Wedding Organizer

Menghemat Waktu

Calon pengantin tentu saja sibuk dengan persiapan pernikahan. Bagi kalian yang merupakan pekerja kantor tentu saja terikat dengan jam kerja kantor masing-masing. Baik kamu dan pasangan tentu mengalami kesulitan menemukan waktu untuk meeting dengan banyak vendor. Datang ke pameran pernikahan bisa menghemat waktumu. Tenagamu dan pasangan tidak akan terkuras dan biaya transportasi ke kantor vendor-vendor akan bisa dialihkan untuk keperluan lain. Karena di pameran pernikahan kamu bisa bertemu langsung dengan banyak vendor sekaligus dalam satu hari. Bahkan jika kamu dan pasangan datang di dua hari jika pameran selama tiga hari pun sudah sangat cukup lho.

Kompak Bersama Pasangan

Wujud pesta pernikahan tentu saja hasil dari diskusimu dengan pasangan. Pergi bersama pasanganmu sangat baik untuk hubungan kalian berdua. Walau mungkin kalian ke pameran pernikahan hanya iseng-iseng dan belum merencanakan pernikahan taka pa-apa lho! Kamu bisa menghabiskan waktu akhir pekan jalan-jalan ke pameran pernikahan. Saling bertukar ide dan berdiskusi tentang bagaimana pernikahan ideal bagi kalian berdua. Menyatukan selera dari dua orang tentu tak mudah. Datang ke pameran pernikahan bisa menjadi salah satu cara mengkompakkan kamu dan pasangan. Hubungan kalian jadi semakin erat deh!

Promo Pameran Lebih Hemat

Biaya yang diperlukan untuk pernikahan tentu tidak sedikit. Untuk menyewa sebuah gedung pernikahan, wedding organizer, vendor foto dan video, hingga souvenir sekalipun tentu besar sekali biayanya. Apalagi bagi kamu dan pasangan yang ingin mengundang banyak orang. Tentu kuota persiapannya lebih besar lagi. Nah di pameran pernikahan ini, biasanya vendor-vendor akan memberikan potongan harga lho. Potongan harga akan diberikan bagi calon pengantin yang melakukan transaksi di lokasi pameran. Maka dari itu setelah membaca tips dan persiapan sebelumnya tentu promo yang ada merupakan alasan harus datang ke pameran pernikahan. Meluangkan beberapa jam waktumu tak akan sia-sia jika berhasil mendapatkan transaksi memuaskan dengan vendor disana. Terlebih lagi vendor catering disana juga menyediakan test food lho! Asik banget kan, semakin meringkas waktumu untuk berburu catering dan pergi test food.

Upcoming Event!

Wah begitu membaca informasi-informasi di atas pasti kamu semakin tertarik untuk datang ke pameran pernikahan kan? Kapan lagi ya pameran pernikahan akan diselenggarakan? Nah, sepanjang tahun 2019 ini masih banyak event pameran pernikahan yang coming soon nih. Jadi bagi kamu yang baru tercerahkan mengenai pameran pernikahan tenang saja. Berikut ini adalah informasi tentang pameran pernikahan dalam waktu dekat ini. Segera raih notes dan catat event pameran yang akan digelar masih di awal tahun 2019 di bawah ini :

  • Jakarta Mega Wedding Festival 22-24 Februari 2019 di Hall D JIExpo Kemayoran, Jakarta
  • La Novia Traditional Wedding Exhibition – Katresna 29,30,31 Maret 2019 di Trans Convention Centre – The Trans Luxury Hotel Bandung

Nah itu dia semua informasi yang bersangkutan dengan pameran pernikahan. Jadi, penting sekali kan ke pameran pernikahan? Maka dari itu kalau kamu merupakan calon pengantin yang sedang mempersiapkan pernikahan. Tapi untuk vendor foto dan video Alienco Photo memiliki pengalaman mendokumentasikan pengantin hingga ratusan pasangan lho. Untuk informasi mengenai jasa foto prewedding dan wedding Alienco Photo hubungi Admin Alienco ya! Yuk segera agendakan jika ada informasi tentang pameran pernikahan di kotamu ya! Semoga bermanfaat! Selamat berbahagia!

5 Konsep Foto Prewedding Ini Bisa Jadi Pilihanmu

5 Konsep Foto Prewedding Ini Bisa Jadi Pilihanmu

5 Konsep Foto Prewedding Ini Bisa Jadi Pilihanmu

5 Konsep Foto Prewedding Ini Bisa Jadi Pilihanmu – Foto prewedding merupakan sebuah pemotretan momen sepasang kekasih sebelum melangsungkan pernikahan. Di indonesia memang dikenal dengan sebutan foto pre-wedding atau sering disingkat dengan foto prewedding. Lain halnya di luar negeri khususnya pada budaya barat, foto prewedding ini biasa disebut dengan foto engagement. Foto prewedding ini biasanya dilakukan 3-6 bulan sebelum hari pernikahan. Sekarang ini foto prewedding sudah menjadi sebuah keharusan bagi pasangan calon pengantin. Bagi sebagian pasangan mengangggap kegiatan prewedding ini sebagai kebutuhan sebelum pernikahan berlangsung. Namun, bagi sebagian pasangan lain menganggap foto prewedding ini tidak penting untuk dilakukan. Sebenarnya penting tidak sih melakukan foto prewedding itu?

Melakukan pemotretan sebelum pernikahan berlangsung, itu sah-sah saja ya. Bagi pasangan calon pengantin yang menganggap prewedding itu penting, mereka memiliki beberapa pertimbangan. Pertama, momen sebelum hari pernikahan merupakan momen indah yang sayang untuk dilewatkan. Kedua, mengingat sekarang ini sudah banyak pasangan yang melakukan foto prewedding, maka pasangan lain juga ikut berlomba untuk melakukannya. Dan terakhir merupakan kebutuhan, tentunya kebutuhan untuk pernikahannya ya. Foto prewedding yang dilakukan untuk kebutuhan bisa untuk mencetak kartu undangan, souvenir dan lainnya. Ketiga hal ini bisa menjadi pertimbangan namun, keputusan tetap pada kamu dan pasangan yang menjalaninya.

foto prewedding

Meski banyak pertimbangan diantara melakukan foto prewedding atau tidak, ternyata foto prewedding ini justru bisa membantu kamu dan pasangan dalam beberapa cara. Apabila kamu akan menggunakan jasa fotografer untuk resepsi pernikahanmu, ini akan sangat membantu. Sebelum hari-H berlangsung kamu sudah menjalin komunikasi yang baik dengan fotografer tersebut. Kamu juga akan merasa nyaman dengan fotografer tersebut karena sudah mengenal gaya fotografinya. Selain itu, bagi fotografer sendiri akan mengenal kamu lebih dalam. Mengenal karakter kamu dan pasangan, mengetahui cara kamu dan pasangan saling berinteraksi. Hal itu akan memudahkan fotografer untuk memotret momen kamu saat bersama pasangan.

Baca juga Irit Biaya, Ini Dia Tips Foto Prewedding Murah Meriah

Apabila kamu dan pasangan tertarik untuk melakukan foto prewedding, saat ini kamu dan pasangan pasti sedang bingung menentukan konsepnya. Saat ini sudah banyak pasangan calon pengantin yang memiliki konsep-konsep yang unik dan kreatif. Saking sudah banyaknya konsep, sampai kamu dan pasangan sulit untuk menenukan konsep foto prewed yang cocok untuk kamu dan pasangan. Berikut ada beberapa konsep dan contoh foto prewedding dari Alienco yang menarik untuk disimak :

foto prewedding

  1. Konsep Tradisional

Konsep traditional ini biasanya lebih memperlihatkan kultur yang kental didaerah masing-masing calon pengantin. Biasanya konsep ini dipilih oleh pasangan pengantin yang senang dan ingin melestarikan budaya tersebut. Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali budaya yang tersebar, di setiap budayanya juga terdapat adat pernikahan yang berbeda. Hal ini menjadi keuntungan bagi masyarakat Indonesia, calon pengantin bisa menggunakan konsep traditional dari berbagai daerah. Mulai dari adat minang, jawa, sunda, dan masih banyak lagi. Tentunya jika kamu dan pasangan memilih konsep traditional, maka hasil foto prewed pun akan terlihat klasik namun elegan.

Bagaimana, apa kamu dan pasangan tertarik untuk mengusung konsep traditional? Jika kamu dan pasangan berencana mengusung konsep traditional, sebaiknya pilihlah lokasi pemotretan yang memiliki suasana dari budaya yang kamu pilih. Pastikan lokasi yang kamu pilih terdapat sisi unik yang menggambarkan budaya tersebut. Setelah itu, kamu dan pasangan akan memilih busana traditional yang akan dikenakan saat pemotretan nanti tentunya. Biasanya pada busana traditional terdapat aksesoris yang banyak untuk digunakan. Nah, saat prewed nanti usahakan untuk tidak mengenakan aksesoris yang sekiranya rumit, agar terlihat sederhana. Kamu dan pasangan nanti bisa meminta fotografer agar hasil pemotretan tersebut diberikan filter hitam-putih atau tone vintage yang menggambarkan suasana jadul. Hal tersebut bertujuan agar hasil fotomu memiliki kesan klasik dan juga kental dengan budayanya, namun tetap tidak meninggalkan kesan elegannya.

foto prewedding

  1. Konsep Glamour

Biasanya, ketika orang mendengar kata glamour muncul dibenaknya hal-hal yang mewah dan megah. Konsep foto prewedding yang satu ini, memang merupakan konsep yang menonjolkan kemewahan dan kemegahan. Jika kamu dan pasangan memutuskan untuk mengusung konsep prewed glamour. Inilah saatnya kamu dan pasangan untuk tampil bak seperti raja dan ratu. Biasanya busana yang dikenakan merupakan gaun pengantin yang begitu dramatis, dan jas untuk calon pengantin pria agar tampil lebih gagah. Selain busana yang dramatis, lokasi pemotretan juga harus menampilkan kemegahan dan kemewahan ya. Dengan memilih konsep glamour ini, pastikan kamu dan pasangan berpose dengan tampilan berkelas saat permotretan berlangsung.

foto prewedding

  1. Konsep Casual

Teruntuk kamu dan pasangan yang senang dengan hal-hal santai dan juga sederhana. Ada konsep yang bisa kamu jadikan referensi yaitu, konsep casual. Konsep casual ini tentu saja berlawanan dengan konsep glamour tadi ya. Lebih menonjolkan konsep sederhana, yang lebih santai tentunya. Konsep casual ini bisa lebih diperdalam lagi oleh kamu dan pasangan. kebanyakan pasangan menikah mengusung konsep casual dengan mereka ulang kembali pertemuan mereka. Melakukan kegiatan yang sering mereka lakukan berdua. Berpose sambil melakukan hobi masing-masing. Atau kegiatan-kegiatan sederhana lainnya.

Kamu dan pasangan bisa membuat ide unik dan kreatif lain, jika konsep casual ini menjadi pilihan kamu dan pasangan. Dengan konsepnya yang mengedepankan hal-hal sederhana ini, tentunya untuk urusan busana juga sangat sederhana ya. bisa saja kamu dan pasangan menggunakan busana yang dipakai sehari-hari, sangat sederhana dan simple bukan? Namun, biasanya bagi pasangan yang belum terbiasa dengan pemotretan, seringkali berpose kaku dihadapan kamera. Usahakan kamu dan pasangan berpose santai dan senatural mungkin, yang artinya tidak dibuat-buat.

Simak juga Tips Foto Prewedding Outdoor Terbaik

foto prewedding

  1. Konsep Candid

Candid, kamu pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah fotografi yang satu ini. Apa kamu sudah tau pengertian candid? Nah, candid ini merupakan teknik pengambilan gambar pada suatu objek hidup tanpa diketahui oleh objek hidup itu sendiri. Jika kamu sering melihat foto seseorang sedang menguap, binatang yang sedang menyusui anaknya. Foto-foto tersebut merupakan foto candid. Istilah candid ini sudah cukup populer dikalangan masyarakat saat ini.

Konsep candid ini merupakan kabar gembira untuk kamu dan pasangan yang jarang atau tidak biasa berpose dihadapan kamera. Konsep ini bisa jadi pilihan yang cocok untuk kamu pilih. Kamu bisa memperdalam lagi konsepnya. Kamu bisa berpose candid dengan berlari bersamaan di pantai. Duduk sambil tertawa, atau kegiatan lain yang unik dan kreatif menurut kamu dan pasangan. Namun, terdapat pr untuk kamu dan pasangan jika memilih konsep candid ini. Prnya, kamu harus lebih berhati-hati dalam memilih fotografer yang akan memotretmu. Karena, ada beberapa fotografer kurang berpengalaman untuk memotret kegiatan candid ini. Sebelum menentukan fotografernya kamu bisa melihat portofolio fotografer tersebut. Hal ini, akan memudahkan kamu mempertibangkan untuk memilih fotografer tersebut.

Baca juga Tips Foto Prewedding Casual yang Simple dan Kekinian

foto preweddingv

  1. Konsep Tematis

Apakah kamu dan pasangan mengetahui konsep tematis untuk foto prewedding? Tidak banyak masyarakat yang mengenal konsep tematis. Konsep tematis ini merupakan konsep memiliki tema yang lebih spesifik yang diinginkan oleh pasangan calon pengantin. Seperti halnya ada pasangan yang mengusung tema musik rock dengan mengenakan busana seorang rocker dan lokasi yang mendukung. Juga ada yang memilih tema suasana di era 90-an, bohemian, atau hal-hal yang jadul. Dengan tema ini juga kamu bisa tampil sesuai yang kamu inginkan. Namun, jika ingin mengusung konsep tematis ini, pastikan untuk mengenakan busana dan lokasi yang mendukung dengan tema yang kamu pilih.

 

Itu dia 5 konsep foto prewedding yang bisa kamu jadikan referensi ya. Tentunya untuk jasa foto prewedding Alienco Photo selalu siap untukmu. Segera hubungi Admin Alienco ya! Sebelum menentukan konsep dari kelima konsep tersebut pertimbangkanlah dulu bersama pasanganmu. Diskusikan terlebih dahulu konsep mana yang cocok untuk kamu dan pasangan, agar tidak menyesal nantinya. Semoga bermanfaat!

Hal Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Menentukan Wedding Organizer

Hal Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Menentukan Wedding Organizer

Hal Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Menentukan Wedding Organizer

Bagi kamu pasangan yang akan menikah, apakah kamu sudah mengetahui apa itu wedding organizer? Jika kamu hanya mengetahui bahwa wedding organizer adalah jasa untuk pernikahan, itu memang tidak salah ya. Tapi, sedalam apa sih kamu mengetahui tentang wedding organizer. Berikut ini akan ada pembahasan mengenai hal-hal tentang wedding organizer. Sebelum kamu menentukan wedding organizer mana yang akan kamu pilih, ketahui dulu hal-hal berikut ini ya :

tim Davayu Wedding Services bersama Pengantin (@davayuweddingservices)

Pengertian

Wedding organizer merupakan suatu jasa yang dikhususkan untuk membantu calon pengantin dan keluarga, dalam mempersiapkan pernikahan sampai pada pelaksanaan pernikahan. Tentunya rangkaian acara pernikahan tersebut sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh calon pengantin dan keluarga. Wedding organizer juga dapat mengelola pesta pernikahan mulai dari akad nikah, upacara adat, catering, rias pengantin, dan lain-lain. Selain itu, wedding organizer juga memberikan informasi pada calon pengantin tentang segala hal yang berkaitan dengan pernikahan. Tugasnya adalah membantu dalam segala hal persiapan pernikahan sampai acara berlangsung seperti, memberi saran tentang konsep pernikahan.

 

Manfaat

WO atau wedding organizer dalam pengertiannya bersifat membantu bagi calon pengantin. Dengan bantuan yang diberikan wedding organizer, juga memiliki banyak manfaat bagi calon pengantin. Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan jasa wedding organizer.

  • Menghemat Waktu

Mempersiapkan pernikahan memang tidak semudah yang dibayangkan, banyak sekali hal yang harus kamu dan pasangan persiapkan. Apabila kamu dan pasangan merupakan pasangan yang sibuk bekerja dan kurang mempercayai kinerja keluarga kamu. Sehingga sulit bagi kamu dan pasangan untuk menyisakan waktu untuk persiapan pernikahan kamu dan pasangan. Menggunakan jasa wedding organizer merupakan hal yang tepat untuk dilakukan. Dengan begitu, ditengah kesibukan kamu dan pasangan, waktu mu juga tidak akan disita oleh pekerjaan dan persiapan pernikahan.

  • Mengurangi Stres

Dalam mempersiapkan pernikahan sudah tidak dapat dipungkiri bahwa hal tersebut akan menyita waktu, tenaga, dan tentunya pikiran. Perlu diingat kembali dalam mempersiapkan pernikahan banyak sekali hal yang harus dilakukan. Mulai dari mencari vendor, venue, mencari penanggung jawab atas tugas yang diberikan, sampai memikirkan anggaran yang dibutuhkan. Dengan banyaknya hal yang harus dilakukan, tentunya akan menguras tenaga dan pikiranmu. Bukan hal yang aneh lagi, apabila calon pengantin dilanda stres saat persiapan pernikahan. Maka dari itu dengan menggunakan jasa wedding organizer akan mengurangi beban pikiranmu. Karena, semua hal mengenai persiapan pernikahan sudah ditangani oleh wedding organizer.

  • Persiapan Pernikahan Akan Lebih Matang

Pernikahan merupakan acara yang besar, maka dari itu persiapannya pun harus dilakukan dengan maksimal. Seperti yang sudah diketahui, persiapan pernikahan merupakan proses yang panjang dan juga rumit. Maka dari itu, orang-orang yang bertanggung jawab dalam persiapan pernikahan mestilah orang-orang yang dapat diandalkan dan juga bertanggung jawab. Selain itu, pada saat hari-H berlangsung harus ada orang-orang yang sigap demi kelancaran pernikahan. Namun, orang-orang yang memiliki sikap tersebut sulit didapatkan. Maka dari itu menggunakan jasa wedding organizer dengan orang-orangnya yang professional dan bertanggung jawab akan membuat persiapan pernikahanmu lebih matang.

  • Persiapan Yang Matang Akan Mendapatkan Hasil Yang Maksimal

WO yang professional pasti memiliki sumber daya manusia yang sudah terlatih dan berpengalaman tentunya. Maka, dengan sumber daya yang dimiliki tersebut sudah dipastikan pihak wedding organizer dapat menanganinya dengan baik. Dengan pengalaman yang dimiliki sdmnya tersebut juga pasti dapat menangani segala hal yang berkaitan dengan pernikahan. Penanganan baik yang dimilikinya, akan menghasilkan persiapan pernikahan yang matang. Persiapan yang matang juga akan mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Fleksibel Mengenai Budget Yang Dimiliki

Setiap jasa wedding organizer yang professional, mengenai budget yang dimiliki calon pengantin sama sekali tidak jadi masalah. Budget yang dimiliki calon pengantin merupakan hal yang fleksibel. Itu berarti layanan jasa pihak wedding organizer akan menyesuaikan dengan budget calon pengantin. Wedding organizer yang professional akan menerima budget minim sampai tak terbatas. Namun, tentunya fasilitas yang diberikan juga sesuai dengan budget yang dikeluarkan calon penganti ya.

tim Davayu Wedding Services (@davayuweddingservices)

Tips Memilih Wedding Organizer

  • Mencari Referensi

Pertama kali yang harus kamu lakukan adalah mencari referensi tentang wedding organizer. Kamu bisa mencari referensi melalui internet atau menanyakan langsung kepada rekanmu yang sudah pernah menggunakan jasa wedding organizer. Hal ini sangat membantu kamu karena, dari pengalaman rekanmu juga akan mendapatkan review langsung dan tips dari mereka.

  • Melakukan Survey Langsung

Jika kamu sudah mendapatkan wedding organizer pilihanmu berasarkan referensi yang sudah kamu lakukan. Alangkah baiknya kamu melakukan survey langsung kepada wedding organizer pilihanmu itu. Kamu bisa meneliti dan mencari informasi yang kamu butuhkan mengenai wedding organizer tersebut. Mungkin saja ada informasi yang belum kamu ketahui dari pengalaman rekan-rekanmu.

  • Membuat Jadwal Untuk Meeting

Selanjutnya, apabila kamu dan pasangan sudah mantap dengan wedding organizer yang dipilih. Segera membuat jadwal untuk meeting. Jika sudah mengatur jadwal untuk meeting. Kamu juga akan segera berdiskusi langsung dengan pihak wedding organizer pilihanmu. Dengan begitu kamu juga akan langsung mengetahui mengenai kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi. Bahkan mungkin kendala yang dihadapi.  

  • Memilih Kru Yang Sigap dan Cekatan

Setelah melakukan meeting, langkah selanjutnya adalah memilih tim yang akan bekerja sama nantinya. Pastikan kamu mencari tim yang sigap dan memiliki komunikasi yang baik. Jangan sampai tim kamu nantinya susah dihubungi ya. Dengan komunikasi yang berjalan dengan baik juga akan membuat pernikahan kamu dan pasangan saat hari-H nanti berjalan dengan lancar dan baik.

 Baca juga 7 Tren Dekorasi Pernikahan 2019

 

Sistem Wedding Organizer

Perencanaan Pernikahan

Para calon pengantin biasanya akan mendatangi wedding organizer apabila akan melangsungkan pernikahan. Para calon pengantin ini tidak lain adalah untuk melakukan perencanaan pernikahan. Biasanya pihak wedding organizer akan memberikan pilihan paket untuk dipilih calon pengantin. Calon pengantin akan memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan pernikahannya. Dalam paket tersebut biasanya terdapat pilihan yang berbeda-beda. Setiap pilihan memiliki fasilitas yang berbeda seperti, ukuran tenda, jenis upacara adat yang akan digelar, gaun pengantin dan fasilitas lainnya. Setelah calon pengantin memantapkan pilihannya, maka pihak wedding organizer akan menentukan besaran harga yang dibutuhkan untuk paket tersebut. Berbicara tentang sistem paket yang sering menjadi pilihan calon pengantin. Sistem paket ini sendiri memiliki beberapa kelebihan seperti berikut ini.

  • Dapat Menghemat Waktu

Sudah menjadi hal yang biasa apabila kamu dan pasangan merupakan pasangan yang selalu sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Sehingga sulit bagi kamu dan pasangan menyisakan waktu untuk mempersiapkan pernikahan. Memanfaatkan sistem paket yang ditawarkan oleh wedding organizer tentunya membantu dan mempermudah mempersiapkan pernikahan, di tengah kesibukan kamu dan pasangan.

  • Harga Bisa Menjadi Lebih Terjangkau

Saat kamu mencari referensi dari rekan atau internet, sudah dipastikan kamu akan mendapatkan beberapa referensi wedding organizer untuk pernikahanmu. Setelah mendapatkan banyak referensi, kamu juga pasti sudah melakukan perbandingan harga yang ditawarakan setiap wedding organizernya. Namun, apabila kamu tidak sempat untuk melakukan perbandingan harga tersebut. Kamu bisa memilih alternatif lain dengan memilih sistem paket. Jika kamu memilih sistem paket, soal anggaran yang kamu miliki kamu bisa melakukan negosiasi dengan pihak wedding organizer tersebut. Tidak ada salahnya kamu meminta diskon atau bonus tambahan sampai kamu dan pihak wedding organizer tersebut merasa deal. Hal itu wajar saja ya.

  • 1 Orang Yang Mengkoordinasikan Semua Vendor

Kamu memilih sistem paket? Maka akan ada 1 orang yang akan mengkoordinasikan semua vendor. Satu orang ini merupakan orang yang bisa kamu dan pasangan andalkan. Kamu bisa mempercayai 1 orang ini untuk menangani segala hal tentang pernikahan kamu dan pasangan. kepada 1 orang inilah kamu dan pasangan mencurahkan segala keinginan dan kebutuhan yang ingin terpenuhi nanti.

Baca juga 5 Pernikahan Adat Yang Tren Tiap Tahun

Tahap Persiapan

Pada tahap yang satu ini, pihak wedding organizer akan melakukan segala persiapan untuk menyusun acara yang diinginkan calon pengantin. Tahap persiapan ini biasanya dimulai dari membuat organisasi dari pihak keluarga atau kerabat calon pengantin. Organisasi tersebut berguna untuk membantu dan menjadi pelengkap pada pernikahan calon pengantin tersebut, seperti menjadi pagar ayu, pengiring pengantin, atau lainnya. Setelah itu, pihak wedding organizer akan memulai pemasangan tenda, balon tenda, dinding kain, bunga-bunga, dan perintilan lain yang dibutuhkan. Tempat pelaminan dan persiapan untuk catering biasanya di mulai pada h-3 acara resepsi.

Acara Resepsi

Bagian tahap perencanaan usai dan melewati persiapan pernikahan yang panjang. Maka, tibalah saatnya hari-H yaitu pada saat resepsi berlangsung. Hal yang pertama kali dilakukan pada hari-H adalah menata rias wajah sang pengantin. Setelah make-up selesai pengantin mengenakan gaun yang sudah menjadi pilihannya. Hal ini tidak dilakukan pada pengantin saja, namun pada setiap pagar ayu, pihak keluarga, dan yang lainnya. Setelah semuanya selesai, maka kedua pasangan pengantin akan melakukan ijab Kabul atau saling mengucapkan janji ditempat yang sudah ditentukan. Ijab Kabul dilaksanakan dan pasangan pengantin sudah sah menjadi suami istri. Maka, tahap selanjutnya adalah melakukan upacara adat yang digunakan oleh pasangan pengantin tersebut.

Pihak wedding organizer akan mengabadikan setiap momen melalui gambar dan video mulai dari acara dimulai sampai berakhirnya acara. Selama acara resepsi berlangsung akan diabadikan untuk nantinya dikenang oleh pasangan pengantin agar menjadi kenangan yang indah. Suasana resepsi pernikahan yang disirami dengan kebahagiaan dan suka cita ini, juga akan diberikan acara hiburan pihak wedding organizer. Hiburan tersebut akan menambah suasana bahagia bagi pasangan pengantin beserta para tamu undangan yang hadir.

Lalu, telah sampailah pasangan pengantin pada sesi penerimaan tamu undangan di atas kursi pelaminan yang sudah disediakan. Mulai dari menyambut para tamu undangan, melakukan salam-salaman, bahkan berfoto bersama dengan para tamu undangan yang hadir. Setelah hal tersebut dilalui, setiap para tamu undangan akan dijamu dengan berbagai macan santapan catering yang sudah disediakan oleh wedding organizer. Proses ini akan berlangsung terus sampai acara selesai.

Akhir Acara

Tibalah pada akhir acara, setelah semua proses berjalan dengan baik dan juga lancar. Maka tahap selanjutnya adalah tahap terakhir yang dilakukan wedding organizer. Yaitu pelepasan tenda, dekorasi, semua peralatan yang digunakan pada saat hari-H, maka akan dilepaskan kembali oleh pihak wedding organizernya. Setelah itu, tak lupa untuk melakukan pencucian kain-kain dekorasi dan baju-baju yang dikenakan oleh pengantin beserta keluarga. Lalu sampai pada pelunasan pembayaran yang harus dibayarkan oleh pasangan pengantin kepada wedding organizer.

Fasilitas Wedding Organizer

Sebagaimana yang sudah diketahui, sebuah acara pesta pernikahan tentunya membutuhkan beberapa alat agar pesta pernikahan berjalan dengan lancar. Alat-alat tersebut bisa berupa tenda, gaun pengantin, dekorasi beserta perintilannya, dan alat lainnya. Nah, wedding organizer ini menyediakan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan alat-alat tersebut. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di wedding organizer.

  • Tenda

Ini merupakan salah satu alat yang penting di sebuah acara pernikahan. Tenda berfungsi melindungi dari cuaca yang panas ataupun hujan. Selain untuk melindungi tenda juga berfungsi untuk memperindah acara pesta pernikahan tersebut.

  • Gaun Pengantin

Urusan yang satu ini, biasanya gaun pengantin disesuaikan dengan upacara adat yang dipilih. Namun, apabila calon pengantin menginginkan gaun yang berbeda juga tidak masalah. Mengingat gaun pengantin saat ini sudah banyak modelnya, mulai dari tradisional, modern, bahkan perpaduan keduanya.

Simak juga Ini Dia Model Gaun Pengantin Untuk Semua Bentuk Tubuh

  • Tata Rias

Bukan hanya tentang gaun pengantin, tata rias wajah juga biasanya disesuakan dengan upacara adat yang dipilih. Namun, calon pengantin juga dapat memilih sendiri menginginkan riasan wajah yang seperti apa.

  • Upacara Adat

Pernikahan merupakan momen penting yang sakral dan juga khidmat. Maka dari itu sering diadakannya upacara adat yang diyakini oleh masyarakat setempat. Di Indonesia sendiri banyak sekali suku-suku, dan setiap suku tersebut memiliki adat pernikahannya masing-masing. Namun, calon pengantin juga bisa memilih menggunakan adat tradisional atau modern.

  • Hiburan

Hiburan ini, berguna untuk menghibur mempelai pengantin dan para tamu undangan yang hadir. Acara hiburan ini juga akan membawa suasana kegembiaraan juga suka cita pada acara resepsi.

  • Catering

Hal yang satu ini merupakan salah satu hal yang wajib ada di acara pesta pernikahan, yaitu catering. Wedding organizer akan menyediakan sajian makanan dan minuman untuk menjamu para tamu undangan.

  • Pelaminan

Nah, pelaminan merupakan satu hal yang penting di pesta pernikahan. Pelaminan ini biasanya terdiri dari bebrepa kursi, kursi tersebut untuk tempat duduk keluarga dan mempelai. Biasanya di sisi kiri dan kanan tersedia kursi untuk orang tua masing-masing mempelai. Lalu, ditengahnya terdapat kursi untuk kedua mempelai.

  • Dokumentasi

Ketika pesta pernikahan dimulai hingga berakhir, setiap momennya akan didokumentasikan oleh photographer atau videographer dari pihak wedding organizer. Semua momen indah yang terjadi akan diabadikan melalui gambar atau video.

  • Akad Nikah

Terakhir adalah akad nikah, akad nikah merupakan proses ijab qobul dalam pernikahan. Calon pengantin akan dikatakan sah setelah ijab qabul terlaksana.

 

Demikianlah informasi lengkap mengenai Wedding Organizer. Semoga bermanfaat!

Event Minggu Ini : Gebyar Pernikahan Indonesia 2019

Event Minggu Ini : Gebyar Pernikahan Indonesia 2019

Event Minggu Ini : Gebyar Pernikahan Indonesia 2019

Event Minggu Ini : Gebyar Pernikahan Indonesia 2019 – Teruntuk kamu dan pasangan yang akan menikah pada tahun 2019, ada kabar baik untuk kamu yang sedang mencari vendor untuk pernikahanmu. Jika kamu sudah menentukan kapan pernikahanmu akan digelar, namun masih bingung mencari vendor yang terbaik untuk pernikahanmu. Pameran ini menjadi hal yang wajib untuk kamu datangi bersama pasangan. Karena, dalam pameran ini kamu dan pasangan akan menemukan banyak rekomendasi vendor-vendor untuk pernikahan. Kamu bisa mendatangi pameran ini bersama pasanganmu, hal ini akan menjadi pengalaman yang seru untuk kamu dan pasangan. Jika sudah mengajak pasanganmu untuk datang di pameran ini, catat dan kosongkan jadwal kamu dan pasangan mulai dari 8-10 Februari 2019. Pameran pernikahan ini akan diadakan di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta Selatan.

Pameran Pernikahan Tradisional

Event pameran pernikahan tradisional ini merupakan pameran yang terbaik dan terbesar di Indonesia. Jadi, jangan sampai kamu dan pasangan ketinggalan untuk mendatangi pameran yang satu ini. Pameran pernikahan ini akan mendatangkan ratusan vendor pernikahan mulai dari venue, dekorasi, wedding organizer, dan masih banyak lagi. Pameran pernikahan yang akan digelar dalam waktu 3 hari ini akan mengadakan acara-acara yang menarik. Acaranya yang akan diadakan seperti fashion show, demo make-up, talkshow interaktif, demo membatik, dan masih banyak lagi acara menarik lainnya yang sayang untuk kamu dan pasangan lewatkan.

Selain terdapat banyak acara yang menarik, pameran yang diselenggarakan oleh Parakrama Organizer mengadakan Door Prize dan Grand Prize. Selain kamu akan mendapatkan informsi tentang vendor-vendor pernikahan. Apabila kamu melakukan transaksi di booth para peserta, kamu dan pasangan akan mempunyai peluang untuk mendapatkan Door Prize & Grand Prize 1 Unit mobil Honda All New Brio. Wah, menarik sekali ya pameran ini, kapan lagi kamu dan pasangan bertemu ratusan vendor pernikahan dan berpeluang mendapatkan hadiah-hadiah menarik. Gimana sudah semakin tertarik untuk mengunjungi pameran pernikahan ini? Jika iya, kamu dan pasangan bisa menghadiri pameran ini dengan membeli tiket yang tersedia di Go-Tix sebesar Rp 20.000. Selain itu juga terdapat tiket On The Spot, kamu dan pasangn cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp 25.000. Tapi, kamu juga bisa mendapatkan tiket secara gratis caranya kamu bisa mendaftarkan diri kamu dengan mencantumakn nama, e-mail, dan nomor handphone di web Gebyar Pernikahan Indonesia.

Layout GPI

sumber gebyarpernikahanindonesia.com

Perlu kamu dan pasangan ketahui, pameran pernikahan ini akan digelar di balai kartini yang tempatnya cukup luas. Maka dari itu berikut ada tata letak para peserta vendor yang akan hadir di Pameran Pernikahan Tradisional Terbaik dan Terbesar di Indonesia. Dan daftar vendor yang berpartisipasi pada Gebyar Pernikahan Indonesia 2019 kali ini :

Venue

  • Ambhara Hotel
  • Aryaduta Jakarta
  • BRP
  • Balai Kartini
  • Bellagio Ballroom
  • Bintaro White House ( BWH ) Wedding Hall
  • HIS Corporation
  • HPP Group
  • Harris Hotel Bekasi
  • Hotel Borobudur Jakarta
  • Ibis Styles Bogor Raya
  • Le Eminence Hotel
  • Convention & Resort Ciloto
  • Luminor Hotel
  • Margot Function Hall
  • Menara 165
  • Mercantile Penthouse Wedding
  • Novotel Bogor Golf Resort & Convention Center
  • PT. 1 – Eleven Group
  • Puri Gangga Resort & Spa
  • Raffles Hills Cibubur
  • The Atrium Sampoerna Strategic
  • The Golf Pondok Indah
  • United Tractors Grand Ballroom

Foto & Video

  • 3 Laras Photography
  • AA Foto
  • Fotomoto
  • JnB Photography
  • Little Story Photo
  • Lockomotion Pictures
  • Luna Digital Image
  • Maximus Pictures
  • Mirza Photography
  • Video Art
  • Welio Photography
  • Wong Akbar

Baca juga Wajib Baca! 7 Pertanyaan yang Harus Kamu Tanyakan ke Vendor Catering

Catering

  • Adhika Catering
  • Alfabet Catering
  • Arumdari Catering
  • Calyadeepa Catering
  • DTC Catering
  • Diamond Catering
  • Hendra Pelangi Catering
  • Ibu Djoko Catering
  • Kiki Catering
  • Madina Catering
  • Medina Catering
  • Nabilla Catering
  • Nendia Primarasa Catering
  • Perfect Catering
  • Puspa Catering
  • Puspita Sawargi
  • Resti Catering
  • Sawargi Catering
  • Sono Kembang
  • Taman Catering
  • Tunas Catering
  • Umara Catering
  • Vessa Catering
  • Yvonne’s Catering

Penting dibaca Tips Terhindar Dari Penipuan Wedding Organizer

Wedding Organizer

  • 165 Organizer
  • Agung WO
  • Budi Prayitno WO
  • Carlita WO
  • Manten Party
  • Pranatacara WO
  • Putra Mahkota WO
  • Rose Petal Weddings

Banyak sekali bukan? Tentunya masih banyak vendor lain dari list tersebut. Jangan sampai kamu melewatkan pameran pernikahan ini. Selain akan mendapatkan banyak informasi, kamu juga akan melewatkan akhir pekanmu bersama pasangan dengan hal yang baru. Info selengkapnya cek disini ya!

7 Pilihan Warna Yang Cocok Untuk Tema Pernikahanmu

7 Pilihan Warna Yang Cocok Untuk Tema Pernikahanmu

7 Pilihan Warna Yang Cocok Untuk Tema Pernikahanmu

7 Pilihan Warna Yang Cocok Untuk Tema Pernikahanmu – Hal pertama yang dilakukan pasangan calon pengantin dalam mempersiapkan pernikahannya pastinya menentukan tema. Akan mengusung tema seperti apa pernikahanmu nanti, tergantung pada keputusan kamu dan pasangan ya. Nah, setelah menentukan tema apa yang akan diusungkan pada pernikahan kamu dan pasangan. Selanjutnya, memilih warna-warna yang akan digunakan pada dekorasi tema pernikahanmu. Pada saat memilih warna, pastikan kamu sesuaikan dengan tema pernikahanmu, agar terlihat cocok dan menarik. Selain itu, pilihlah warna yang sesuai dengan karakter kamu dan pasangan.

Karena, setiap warna yang kamu pilih akan memiliki maknanya masing-masing. Bagi kamu mengusung tema rustic atau folk, alangkah baiknya kamu menggunakan warna-warna yang cocok pada aksen kayu seperti warna-warna pastel. Dan, apabila kamu ingin mengadakan pesta dengan tema yang megah dan mewah, kamu bisa menggunakan warna-warna silver atau gold. Warna-warna tersebut akan mendukung kesan mewah pada pernikahanmu. Apakah kamu masih bingung untuk menentukan warna yang akan digunakan dipernikahanmu? Jika iya, jangan khawatir ya berikut ini ada rekomendasi warna beserta maknanya untuk dekorasi pernikahanmu.

Putih

Jika kamu perhatikan, banyak sekali pasangan menikah yang menggunakan warna putih pada tema pernikahannya. Warna putih memang terkesan dengan romantis dan simple. Meski begitu bagi sebagian orang menganggap warna putih pada tema pernikahan dianggap monoton dan membosankan. Tapi, dibalik warna putih yang sering digunakan itu tersimpan makna tersendiri. Selain warna putih memberikan kesan romantis dan simple, ternyata warna putih memiliki makna yang baik yaitu kesucian dan ketulusan.

Oleh karena itu, jangan heran lagi, kenapa warna putih ini sering digunakan para calon pengantin yang menggunakan jas dan gaun pernikahan berwarna putih. Karena, pernikahan merupakan momen yang sakral, maka warna putih cocok sekali digunakan saat akad nikah. Agar terasa lebih khidmat dan sakral. Selain itu warna putih yang dikenakan oleh pasangan pengantin melambangkan kesucian dan ketulusan cintanya masing-masing.

Namun juga warna putih untuk tema pernikahan digunakan untuk warna dasar agar cocok apabila dipadukan dengan warna lain. Warna putih juga merupakan warna yang paling netral diantara warna lain, sehingga sering digunakan. Karena, warna putih ini akan cocok-cocok saja jika digabungkan dengan warna lain. Maka, warna putih bisa jadi rekomendasi untuk kamu ya yang ingin membukikan ketulusan dan kesucian cinta kamu pada pasanganmu.

Ungu

Mengenai warna ungu ini, biasanya bagi kebanyakan orang selalu diartikan warna janda. Apabila kamu mengetahui makna dari warna ungu, pasti tidak akan lagi tertanam pada benakmu bahwa warna ungu adalah warna janda. Warna ungu memiliki makna yang baik yaitu, kesetiaan, kekuatan, dan empati. Apabila kamu dan pasangan merupakan pasangan yang saling setia, warna ungu ini bisa jadi rekomendasi untuk tema pernikahanmu. Warna silver, dan warna merah muda biasanya sering dipadukan dengan warna ungu ini. Kamu bisa saling menunjukan kesetian kamu pada pasangan dengan menggunakan warna ungu ini.

pengantin palembang

Merah

Semisal kamu mendengar kata merah pada tema pernikahan, pasti terngiang pada benakmu warna merah ini merupakan warna pernikahan tradisi orang tiong hoa. Hal ini memang tidak salah ya, karena orang Tiong Hoa percaya bahwa warna merah dapat memberikan keberuntungan bagi mereka. Namun, berbeda maknanya jika digunakan pada tema pernikahan. Pada tema pernikahan warna merah memiliki makna seperti, kuat, semangat yang membara, keceriaan, kebahagiaan, suka cita, dan percaya diri.

Pilihan warna merah ini cocok untuk kamu dan pasangan apabila memiliki karakter yang ceria. Warna merah juga berarti kebahagiaan, cocok digunakan saat pernikahan yang mencerminkan kebahagiaanmu dan pasangan. Jika warna merah kamu pilih untuk tema pernikahanmu, maka kamu juga akan semakin percaya diri. Namun, kamu harus berhati-hati jika memilih warna merah ini. karena, terkadang warna merah tidak cocok jika dipadukan dengan lain. Tapi, bukan berarti merah tidak bisa dipadukan dengan warna  lain ya. warna merah bisa saja dipadukan dengan warna gold. Dengan begitu tema pernikahanmu akan terlihat megah dan mewah.

Baca juga 7 Tren Dekorasi Pernikahan 2019

Pink

Berikutnya pink atau merah muda, daripada merah muda sebagian orang lebih sering menggunakan kata pink kan. Warna pink atau merah muda ini identik dengan hal-hal yang berhubungan dengan perempuan. Bahkan ada juga orang yang menganggap warna pink ini adalah warna untuk perempuan saja. Tidak juga ya, warna pink sah-sah saja ko apabila dikenakan oleh laki-laki. Warna pink ini memiliki makna arti cinta, kasih sayang, dan kelembutan. Maka dari itu, hal-hal yang memiliki warna pink sering diberikan kepada perempuan. Karena sesuai dengan artinya, perempuan yang diberikan benda berwarna merah muda tersebut merupakan bentuk kasih sayangnya. Warna ini juga merupakan warna yang lembut, jadi akan cocok untuk tema pernikahanmu jika dipadukan dengan warna lain seperti abu-abu.

Biru

Kebalikan dari warna merah muda yang identik dengan perempuan. Warna biru ini juga selalu dikait-kaitkan dengan laki-laki, juga menggambarkan warna alam yaitu laut dan langit. Biru sendiri bisa kamu gunakan untuk tema pernikahan kamu dan pasangan. Warna biru juga banyak pilihannya ada biru tua dan muda. Jika calon pengantin wanita menginginkan warna merah muda, kamu sebagai calon pengantin pria bisa memilih warna biru muda. Dengan begitu perpaduan warna merah muda dan warna biru muda akan sangat cocok.

Hijau

Tidak hanya biru yang memiliki warna identik dengan alam, ada warna lain juga yaitu warna hijau. Warna hijau ini selalu memberikan kesan alam, seperti warna-warna dedaunan, pepohonan, tanaman yang memberikan kesan segar yang melihatnya. Selain itu bagi sebagian orang mempercayai bahwa warna hijau dapat membuat rileks, dan menenangkan pikiran yang melihatnya. Hal itu wajar saja ya, karena warna hijau memang salah satu warna yang dapat menyegarkan mata. Selain warna putih, warna hijau juga sering digunakan pada tema pernikahan pasangan menikah. Bagi kamu dan pasangan yang senang dengan alam, menyukai keindahan alam. Warna hijau bisa kamu jadikan rekomendasi untuk tema pernikahanmu.

Simak juga Ini Dia Model Gaun Pengantin Untuk Semua Bentuk Tubuh

Hitam

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata hitam? Kesedihan atau kejahatan? Tentu hal itu wajar muncul pertama kali dibenakmu ketika mendengar kata hitam. Kebanyakan orang menganggap warna hitam selalu berkaitan dengan hal-hal yang buruk seperti kejahatan, misteri, atau kemarahan. Ternyata, warna hitam sebenarnya memiliki makna yang bagus lho. Apabila kamu memilih warna hitam untuk tema pernikahan, maka pernikahanmu akan terlihat semaki elegan. Warna hitam bisa kamu jadikan warna utama, lalu kamu bisa memadukan dengan warna cerah seperti merah, emas, silver. Gabungan warna tersebut akan memberikan kesan elegan dan sexy. Atau jika kamu pecinta monokrom, kamu bisa memadukannya dengan warna putih.

 

Demikianlah rekomendasi warna-warna untuk tema pernikahanmu yang memiliki makna yang positif dibaliknya.

 

Sewa Studio Foto Jakarta Selatan? Ke Dharmawangsa Studio Aja!

Sewa Studio Foto Jakarta Selatan? Ke Dharmawangsa Studio Aja!

Sewa Studio Foto di Jakarta Selatan Yang Murah dan Akses Terjangkau

Sewa studio foto Jakarta Selatan, kalau kamu mencari studio foto untuk keperluan foto prewedding indoor tidak perlu bingung. Nah bagi kamu yang tinggal di Jakarta, khususnya Jakarta Selatan, Alienco punya rekomendasinya nih. Studio foto Jakarta Selatan yang mudah dijangkau salah satunya adalah Dharmawangsa Studio, alamatnya Jalan Dharmawangsa Raya No 50 Jakarta Selatan. Dharmawangsa Studio ini cocok sekali untuk berbagai macam pemotretan indoor lho. Foto prewedding, foto fashion, foto product, family photo, hingga maternity photo bisa di Dharmawangsa Studio.

Dharmawangsa Studio ini memiliki 2 studio yang bisa disewa untuk berbagai keperluan pemotretan. Peralatan lighting lengkap dan memadai, mulai dari artificial light seperti lampu studio, bahkan natural light matahari pun bisa masuk ke dalam studio. Yang perlu diketahui adalah Dharmawangsa Studio hanya menyewakan studio foto, property, serta peralatan lighting ya! Untuk fotografer, make up artist, dan wardrobe kamu harus mempersiapkannya sendiri.

foto prewedding

Fasilitas yang ada di Dharmawangsa Studio selain 2 studio pemotretan juga disediakan ruang rias lengkap dengan lampu kacanya. Toilet juga ada kok, jangan khawatir ya! Untuk studio fotonya ada apa aja sih? Nah berikut ini Alienco beritahu ya :

Studio 1

Disini memiliki berbagai macam set background foto yang beragam dan menarik banget. Lengkap dengan properti pelengkap seperti kursi-kursi kayu yang artistik. Di studio 1 Dharmawangsa Studio ini juga tersedia natural light yang datang dari atas. Pas banget untuk yang ingin hasil foto menjadi lebih lembut dan alami. Tentu saja perlengkapan lighting studionya juga komplit.

Studio 2

  • Untuk studio 2 ini set background fotonya lebih beragam lho, berikut list-nya :
  • Pastel plain background foto (pink, hitam, putih, dan abu-abu)
  • Motif bata putih yang dilengkapi jendela yang menjadi sumber cahaya natural
  • Colorful wall panels
  • Concrete grey plain dengan panel geometri
  • All black, concrete grey

Menariknya lagi nih, tanaman yang digunakan di studio 2 semuanya tanaman asli, bukan tanaman plastik sintetis. Menambah kesan asri dan segar di studio foto ini kan.

Selain berbagai macam kursi dan tanaman yang menjadi properti, Dharmawangsa Studio juga punya set lampu-lampu lucu serasa di malam hari. Ada juga set tenda dan berbagai kelengkapannya yang bagi kamu yang ingin melakukan pemotretan dengan tema camping. Tidak cuma untuk foto prewedding romantis bersama pasangan, memotret momen bersama keluarga juga pas banget dengan berbagai set tersebut. Oiya jangan khawatir dengan konsep pemotretan ya, karena mau menggunakan wardrobe outfit modern atau tradisional disini semuanya pas!

Baca juga Tetap Berkesan, Foto Prewedding di Studio yang Hemat Biaya

Sewa studio foto Jakarta Selatan, bagaimana dengan harganya? Sewa studio foto di Dharmawangsa Studio ini cukup terjangkau untuk berbagai kalangan kok. Cukup membayar sekitar 500 ribu rupiah saja per 3 jamnya. Waktu booking-nya pun bisa setiap hari, karena Dharmawangsa Studio buka setiap senin-minggu. Buka dari jam 9 pagi sampai 6 sore, jadi sesuaikan saja dengan waktu kamu ya! Langsung hubungi admin Dharmawangsa Studio melalui whatsapp ke nomor 0877-8866-4014, menurut review klien admin-nya sangat responsif.

foto prewedding

Bagi kamu yang ingin foto prewedding di Dharmawangsa Studio dan belum punya fotografer, bisa banget langsung kontak Alienco Photo. Sudah ada klien yang pernah menggunakan jasa kami untuk keperluan pemotretan foto preweddingnya di Dharmawangsa Studio. Nah untuk konsultasi dan memakai jasa kami, bisa menghubungi ke nomor 08128464361 (Renny). Nggak hanya foto prewedding, Alienco Photo juga pernah memotret maternity photo lho. Jadi segera hubungi kami untuk keterangan lebih lanjut. Jangan lupa cek juga instagram kami ya, Alienco Photo.

Ternyata Ini Lho Makna Dibalik Ritual Suap-Suapan!

Ternyata Ini Lho Makna Dibalik Ritual Suap-Suapan!

Makna Ritual Suap-Suapan Yang Wajib Kamu Ketahui!

Makna Ritual Suap-Suapan – Suap-suapan antara suami dan istri tentu sangat romantis. Apalagi dalam agama Islam suami istri yang saling mengasihi bahkan hanya dengan memandang saja mendapat pahala. Tau nggak sih kalau di Indonesia ini beberapa ritual pernikahan adat memiliki suatu tahapan ritual yang sama? Nah ritual ini adalah ritual suap-suapan. Beberapa daerah di Indonesia pada tahapan ritual pernikahannya melaksanakan ritual suap-suapan ini lho. Hamish Daud dan Raisa juga saat melangsungkan pernikahan melalui tahapan ritual ini.

Meskipun sama-sama ritual suap-suapan, nama penyebutannya di berbagai prosesi adat berbeda-beda.Salah satu bukti kebhinekaan budaya di Indonesia nih. Secara umum ritual suap-suapan ini meskipun berbeda daerah tetapi memiliki makna yang hampir sama. Harapan agar kedua mempelai saling mengasihi, bekerja sama, dan saling menjaga. Unik dan sangat menarik kan? Nah kali ini Alienco akan membahas secara lengkap ritual suap-suapan beserta makna filosofi yang terkandung di dalamnya. Yuk simak artikel di bawah ini :

Makna Ritual Suap-Suapan
Makna Ritual Suap-Suapan

Ritual Suap-suapan Jawa, Dhahar Klimah/Dulangan

Banyaknya ritual pada prosesi pernikahan adat Jawa tentu sudah menjadi hal yang umum diketahui. Tahapan demi tahapan dilalui pengantin selama prosesi pernikahan. Tentu saja dengan berbagai ketentuan yang harus dipatuhi dan makna filosofi mendalam pada tiap ritualnya, begitu juga dengan ritual suap-suapan. Ritual suap-suapan adat Jawa biasa disebut dhahar klimah atau dulangan. Ritual dhahar klimah ini dilakukan ketika kedua pengantin sudah duduk berdampingan di pelaminan, setelah dilakukannya prosesi kacar-kucur.

Pada ritual ini kedua pengantin saling menyuapkan nasi dan juga lauk pauknya. Nasi punar atau nasi kuning ini dilengkapi dengan lauk pauk seperti perkedel, ayam, tempe, dan juga hati ayam. Mulanya pengantin pria akan menyuapkan nasi dan lauk yang sudah dibentuk bulat/kepalan kemudian disuapkan pada pengantin wanita. Jumlah kepalan nasinya harus berangka ganjil ya. Hal ini memiliki arti bahwa suami akan selalu berusaha memenuhi segala kebutuhan jasmani dan rohani sang istri. Nasi dan lauk dikepal ada pada ritual aslinya, namun seiring berjalannya waktu banyak pasangan yang mengganti kepalan dengan menyuapkan menggunakan sendok.

Dilanjutkan dengan pengantin wanita yang juga menyuapi suaminya. Terakhir keduanya akan menyuapkan lauk hati ayam, sebagai tanda kedua mempelai telah menetapkan hati terhadap satu sama lain. Ritual suap-suapan ini juga berarti bahwa kedua mempelai akan saling mengasihi dan bekerja sama demi kehidupan rumah tangga mereka. Ditutup dengan meminum air putih atau teh.

kacar-kucur

Baca juga Urutan Lengkap Upacara Panggih, Ritual Khas Pernikahan Jawa

Ritual Suap-suapan Sunda, Huap Lingkung

Bagi masyarakat Jawa Barat terutama yang bersuku Sunda, ritual suap-suap pada pernikahan adatnya disebut Huap Lingkung. Huap berarti menyuapi, sedangkan lingkung memiliki mengelilingi jika dalam bahasa Sunda. Secara keseluruhan huap lingkung bermakna saling menyuapi dengan disaksikan oleh keluarga dan kerabat. Huap lingkung ini dilakukan dengan menyuapkan nasi punar. Bagi kalian yang belum tau apa itu nasi punar, nasi punar adalah nasi kuning ya! Dalam penyajiannya, nasi punar nantinya akan ditempatkan pada dua buah piring. Sebelumnya nasi punar dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil nasi punar. Jumlah tiap piringnya pun berbeda, yakni 7 buah nasi punar pada satu piring, sedangkan piring berikutnya berjumlah 8 bulatan nasi.

Urutan penyuapannya, pada piring memiliki 8 bulatan nasi, orangtua pihak wanita akan menyuapkannya terlebih dahulu. Dilanjutkan kemudian orangtua mempelai pria yang menyuapkannya, nasi juga diambil dari piring yang berisi 8 bulatan nasi. Nah selanjutnya bagaimana dengan piring yang memiliki 7 bulatan nasi? Nasi dari piring inilah kedua pengantin melakukan ritual suap-suapan. Kedua mempelai akan saling melingkarkan tangannya di atas pundak masing-masing. Suapan dilakukan sebanyak 3 kali oleh keduanya. Sisa 1 bulatan nasi ini nanti kedua pengantin akan saling memperebutkannya. Yang mendapatkannya diharuskan membagi bulatan nasi tersebut menjadi dua dan dimakan bersama pasangan. Makna dari ritual ini adalah rejeki yang pengantin dapatkan akan dibagi rata di antara keduanya.

Makna Ritual Suap-Suapan
Makna Ritual Suap-Suapan

Ritual Suap-suapan Cirebon, Adep-adep Sekul

Walaupun sama-sama di Jawa Barat, ternyata daerah Cirebon punya ritual suap-suapan sendiri nih. Biasa disebut adep-adep sekul yaitu suap-suapan nasi ketan kuning. Sama seperti pada adat Sunda, nasi ketan kuning disini juga dibentuk bulatan kecil terlebih dahulu. Yang membedakan adalah jumlahnya, pada ritual suap-suapan Cirebon, jumlah bulatan nasi adalah 13 butir. Ritual adep-adep sekul ini dipimpin oleh juru rias pernikahan.

Diawali dengan orangtua mempelai wanita, keduanya akan menyuapi pengantin sebanyak 4 butir nasi. Berikutnya orangtua mempelai pria yang juga menyuapkan 4 butir nasi ketan kuning. 4 butir nasi berikutnya, kedua mempelai akan saling menyuapi masing-masing. Pada bulatan nasi terakhir, kedua pengantin juga akan memperebutkannya nih. Nantinya yang mendapatkan butiran nasi terakhir dipercayai akan diberkahi rejeki yang lebih banyak. Nah tentu saja sebagai suami istri, semuanya adalah milik bersama kan, bulatan nasi tersebut juga harus dibagi dua dan dimakan bersama-sama.

Tidak hanya ritual suap-suapan, setelah adep-adep sekul akan ada pabetot-pabetot bakak. Ini adalah acara dimana kedua pengantin akan saling memegang paha ayam dan kemudian saling menariknya. Pengantin yang mendapatkan bagian lebih besar setelah menariknya bermakna ia akan mendapat rejeki yang lebih banyak. Namun tetap, bagian paha tersebut akan dimakan oleh kedua pengantin bersama-sama sebagai tanda bahwa keduanya menikmati rejeki bersama.

Pada prosesnya, kedua mempelai akan duduk saling berhadapan, ritual ini memiliki makna bahwa kedua pengantin harus menjadi satu. Hati keduanya harus bersatu demi terciptanya rumah tangga yang sejahtera dan bahagia. Adep-adep sekul memiliki makna dan harapan demi kerukunan rumah tangga kedua mempelai. Salah satu selebriti tanah air yang melakukan adep-adep sekul di pernikahannya adalah Raditya Dika dengan Anissa Aziza. Menarik sekali ya!

Baca juga 5 Pernikahan Adat Yang Tren Tiap Tahun

pengantin palembang

Ritual Suap-suapan Palembang, Nasi Kunyit Ayam Panggang

Jika pada 3 ritual suap-suapan di atas dimulai dari kedua orangtua yang bergantian menyuapi, berbeda dengan di daerah Palembang. Hanya ibu dari masing-masing pengantin yang akan menyuapkan nasi kunyit ayam panggangnya. Kemudian salah satu dari kerabat juga menyuapkan nasi tersebut. Jumlah yang disuapkan pun harus dalam jumlah ganjil. Ritual ini aslinya dilakukan hanya di depan kerabat dekat saja. Namun pada prosesi pernikahan masa sekarang, masyarakat Palembang menggelarnya di hadapan tamu undangan. Berbeda dengan ketiga ritual suap-suapan sebelumnya, posisi kedua pengantin tidak duduk berdampingan di pelaminan ataupun berhadapan. Mempelai wanita akan duduk menghadap pengantin pria.

 

Wah meskipun penyebutannya berbeda, ternyata makna dan prosesnya hampir sama ya! Terlebih lagi beberapa telah beradaptasi dengan berkembangan jaman terkait proses pelaksanaannya. Yang jelas lebih memudahkan tanpa mengurangi makna yang terkandung dalam ritual tersebut. Nah bagi kalian yang ingin mengabadikan momen-momen pernikahan kalian, Alienco Photo akan selalu siap membantu! Untuk informasi lengkap terkait foto dan video yang pernah Alienco Photo buat, cek sosial media kami ya!

WAJIB BACA! 6 Tren Pernikahan Kekinian di Tahun 2019

WAJIB BACA! 6 Tren Pernikahan Kekinian di Tahun 2019

6 Tren Pernikahan Kekinian di Tahun 2019

Saat akan menikah, hal pertama yang kamu pikirkan adalah akan digelar seperti apa pernikahanmu nanti. Setiap orang pasti memiliki pernikahan impiannya masing-masing. Ada yang ingin digelar dengan megah dan mewah, ada juga yang ingin digelar dengan sederhana saja. Tergantung selera dan keinginan setiap pasangan saja ya. Pernikahan merupakan momen sakral yang terjadi sekali seumur hidup. Maka dari itu, kamu dan pasangan pasti tidak ingin momen pernikahanmu berjalan dengan biasa saja. Pasti kamu menginginkan pernikahan yang meninggalkan kesan terhadap para tamu undangan, dan khususnya untuk kamu dan pasangan. Biasanya kamu dan pasangan memiliki selera yang berbeda dalam mempersiapkan pernikahan. Hal itu wajar saja ya, kembar identik saja tidak pasti sama 100%  apalagi soal selera. Setiap pasangan tidak harus memiliki selera yang sama kok, justru dengan perbedaan tersebut akan menjadi warna dalam hubunganmu. Kamu juga pasti akan menemukan jalan keluar saat kamu dan pasangan berbeda pendapat.

Ditengah perbedaan pendapat antara kamu dan pasangan, hal yang harus kamu lakukan adalah bertanya kepada beberapa rekan kamu yang sudah menikah. Kamu bisa bertanya mengenai konsep, make-up, undangan, dan soal persiapan lainnya. Jika itu sudah kamu lakukan, dan malah membuat kamu dan pasangan menjadi bingung akan menggunakan konsep apa.  Pernikahan kekinian yang sedang tren ini bisa jadi rekomendasi untuk kamu dan pasangan. Jika kamu dan pasangan sudah menentukan tanggal di tahun 2019 ini, kamu bisa mengintip tren pernikahan 2019 yang kekinian di bawah ini :

kedua pengantin

 

  1. Tampil Memesona Dengan Make-up Natural

Salah satu yang menjadi impian para calon pengantin wanita adalah mendapatkan make-up yang sesuai dengan ekspektasinya. Ada yang menginginkan make-up agar dirinya terlihat seperti Barbie, ada pula make-up tebal yang biasa saja. Nah, di tahun 2019 ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun-tahun sebelumnya sering menggunakan make-up tebal sehingga membuat pangling orang-orang yang melihatnya. Di tahun 2019 ini, para calon pengantin akan tertarik dengan make-up yang lebih tipis, sehingga tampak natural.

Dengan mengaplikasikan make-up natural tidak akan membuatmu menjadi terlihat pucat ya ladies. Sebaliknya, dengan make-up natural akan membuatmu tampil memesona. Tampil dengan make-up tebal yang membuat tamu undangan pangling melihatmu itu sudah biasa saja. Akan berbeda jika kamu tampil dengan make-up yang natural, akan membuatmu menjadi pusat perhatian tamu undangan. Karena, berani tampil beda juga akan terlihat kekinian dan elegan.

  1. Buket Bunga Asimetris

Jika biasanya kamu sering melihat pengantin yang memegang buket bunga tengan bentuk membulat dan diikat dengan rapi itu sudah biasa. Kali ini, buket bunga tidak akan lagi tampil dengan bentuk yang rapi seperti itu. Bentuk lain seperti bentuk asimetris akan menyita perhatian tamu undangan. Bunganya pun tidak akan memakai bunga-bunga biasa seperti bunga lili atau bunga mawar dengan berbagai macam warna. Di tahun ini, buket akan tampil dengan tampilan asimetris dengan bunga yang ditambahkan aksen dedaunan dan juga ranting-ranting kecil. Buket seperti ini akan terlihat elegan bagi siapapun yang memegangnya. Selain itu, buket bunga asimetris ini sedang digemari oleh orang-orang saat ini, hingga membuatnya menjadi kekinian.

rustic wedding

  1. Menggelar Resepsi Yang Ramah Lingkungan

Apabila kamu memerhatikan pernikahan-pernikahan yang sudah banyak digelar. Pasti kamu akan memperhatikan tentang kebersihannya ya. Saat ini, masyarakat Indonesia semakin tersadar akan bahayanya sampah plastik bagi lingkungan. Maka dari itu, sedikit demi sedikit mereka melakukan perubahan-perubahan kecil. Sampai pada pernikahan pun menggunakan konsep ramah lingkungan. Namun tidak hanya soal plastik saja ya. untuk mewujudkan pernikahan yang ramah lingkungan ini kamu harus memerhatikan mulai dari pernak-pernik, undangan, menu yang akan disajikan, dan lain-lain.

Jika ingin menggelar pesta pernikahan yang ramah lingkungan, kamu bisa memulainya dari menentukan lokasi. Usahakan untuk memilih tempat lokasi yang mudah untuk dijangkau, akan lebih baik lagi jika lokasi pernikahanmu dapat diakses dengan kendaraan umum. Untuk undangan pernikahan, kamu bisa membuatnya secara digital dan mengirmnya melalui e-mail. Namun, jika dirasa perlu untuk membuat undangan secara fisik, kamu bisa memanfaatkan kertas yang didaur ulang. Kamu juga bisa menggantikan plastik yang membungkus undangan dengan tali pita.

Baca juga 5 Pernikahan Adat Yang Tren Tiap Tahun

  1. Tampil Elegan Dengan Gaun Minimalis

Selain make-up yang natural dengan riasan tipis, gaun yang minimalis juga akan menjadi tren pernikahan yang kekinian di tahun 2019. Apabila kamu sudah mantap dengan tema pernikahan yang sederhana seperti tema folk dan rustic. Kamu seharusnya memilih gaun yang minimalis dipadukan dengan make-up natural, penampilanmu akan semakin elegan. Jangan sampai kamu memilih yang berat sampai membuatmu ribet sendiri. Tampil dengan gaun pernikahan minimalis, yang identik dengan polos dan tidak bayak aksesoris pada bajunya. Bukan berarti kamu tampil polos juga ya. tetap saja kamu harus mengenakan aksesoris lain.

pasangan pengantin

  1. Memberikan Atmosfer Alam di Dalam Ruangan

Apabila kamu sering mendengar kata garden party, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan atmosfer alam yang diberikan tema garden party. Namun, bedanya kali ini tema garden party tidak lagi digelar di luar ruangan, tapi garden party yang ini digelar didalam ruangan. Sekarang ini memang banyak pasangan yang mengusung tema rustic, folk, dan green botanical. Tema-tema ini biasanya digelar diluar ruangan ya, agar lebih terasa atmosfer alamnya yang diberikan. Namun, tema-tema seperti ini juga bisa saja kok dibawa kedalam ruangan. Hal ini bisa jadi alternatif kamu dan pasangan jika ingin mengusung tema alam, tapi ingin digelar didalam ruangan. Apalagi jika cuaca sedang musim hujan ya, hal ini bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu dan pasangan.

Baca juga 7 Tren Dekorasi Pernikahan 2019

  1. Mengusung Tema dengan Warna Coral

Kabar gembira untuk kamu yang menyukai warna-warna terang dan cerah. Karena, warna-warna seperi ini akan menjadi tren pernikahan di tahun 2019 ini. Warna coral ini juga cocok untuk kamu dan pasangan, apabila merasa bosan dengan warna yang sering digunakan. Resepsi pernikahan yang biasanya banyak ditemukan dengan tema berwarna putih atau abu-abu. Kamu dan pasangan bisa menjadikan warna coral untuk resepsi pernikahanmu. Warna coral ini memiliki kesan yang ceria, jadi warna seperti ini cocok untuk menggambarkan hati kamu dan pasangan. Warna coral juga merupakan warna yang lembut, selain memberikan kesan ceria coral juga memberikan kesan yang mewah. Apabila kamu berencana menikah saat musim panas tiba, cocok sekali warna ini kamu gunakan untuk resepsi pernikahan kamu dan pasangan. Selain pada dekorasi, kamu bisa mengaplikasikan warna coral ini untuk kue pengantin, gaun pengantin, bahkan kemeja pengantin pria. Pengantin pria nanti bisa menggunakan kemeja warna coral dengan balutan jas warna abu-abu.

 

Demikianlah, tren yang kekinikan pada tahun 2019 ini. Semoga tren kekinian ini bisa menjadi inspirasi kamu dan pasangan dalam mempersiapkan pernikahan.

6 Hal Yang Harus Diketahui Tentang Menikah Muda

6 Hal Yang Harus Diketahui Tentang Menikah Muda

6 Hal Yang Harus Diketahui Tentang Menikah Muda

Salah satu keputusan besar seseorang dalam hidupnya adalah memutuskan untuk menikah. Mengapa demikian? Karena, menikah membutuhkan keyakinan dan kemantapan diri seseorang. Menikah juga tidak hanya menyatukan dua insan yang saling mencintai. Tapi juga menyatukan dua keluarga yang awalnya tidak kenal satu sama lain, hingga menjadi satu keluarga besar. Memutuskan untuk menikah juga banyak hal yang harus dipertimbangkan. Mau tidak mau seseorang itu harus siap dengan segala pertimbangan tersebut. Siap secara mental, finansial, dan secara usia. Berbicara tentang usia, berapa sih usia ideal seseorang untuk menikah? Usia yang tepat untuk kamu menikahi pasangan, itu tergantung pada kesiapan kamu dan pasanganmu.

Saat ini, sudah banyak pasangan kekasih yang menikah muda, umumnya pada awal usia 20-an. Dengan penuh keyakinan dan hati yang mantap banyak dua sejoli yang memutuskan menikah di usia mudanya. Apakah kamu juga memutuskan untuk menikah di usia muda? Nah, berikut ada beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang menikah muda.

foto prewedding

  1. Melalui Masa Muda Dengan Pacar Halal

Menikah di usia muda akan menjadikan kamu dan pasanga sebagai dua sejoli yang masih pacaran. Bedanya kali ini kamu dan pasangan sudah resmi halal menjadi suami istri. Kamu dan pasangan masih bisa mengikuti kegitan-kegiatan yang diperuntukkan untuk kaum muda. Seperti nonton konser, mendaki gunung, motoran, atau kegiatan lainnya. Hal itu masih bisa kamu lakukan bersama dengan pasangan, tanpa mengkhawatirkan orang tua, dan jam berapa harus pulang. Kamu tidak akan lagi memikirkan hal tersebut karena, kamu dan pasangan sudah bebas pacaran dimanapun dan kapanpun sesuka hatimu.

Semua hal yang dilakukan anak muda lainnya, masih bisa kamu rasakan bersama dengan pasangan halalmu. Selain itu, kamu juga bisa bebas mengekspresikan rasa cintamu terhadap pasanganmu. Tanpa merasa khawatir akan melanggar norma yang berlaku dimasyarakat. Toh kamu sudah halal jadi kamu bisa bebas berekespresi dengan pasanganmu. Sampai membuat para jomblo iri melihat betapa romantisnya kamu dan pasangan itu sah-sah saja yaaa.

Baca juga 4 Hal Yang Menandakan Pria Sudah Siap Menikah

  1. Masanya Wanita Untuk Produktif

Menikah memiliki banyak tujuan, yang salah satunya adalah untuk memiliki keturunan. Pada usia 20-an, merupakan usia yang produktif bagi seorang wanita. Di usia 20-an wanita memiliki banyak potensi untuk memiliki seorang anak. Dan yang lebih penting lagi, di usia 20-an wanita akan memiliki resiko kelahiran yang semakin kecil.  Berbeda dengan wanita yang melahirkan pada usia 30-an, biasanya proses melahirkan akan beresiko. Jadi, usahakan tidak menunda ya ladies.

  1. Menjadi Orang Tua Yang Kekinian

Jika pada usia 20-an kamu sudah melahirkan seorang anak, otomatis kamu juga akan menjadi mama muda ya ladies. Kamu dan suami akan menyandang status baru sebagai orang tua muda yang kekinian. Karena kamu dan pasangan masih memiliki jiwa muda, kehidupanmu juga pasti mengikuti perkembangan zaman. Hal ini, akan membuat pola asuhmu menjadi orang tua yang kekinian. Biasanya, orang tua sering dianggap kuno atau kolot oleh anaknya. Tapi, jika kamu menjadi orang tua muda, anak-anakmu akan merasa orang tuanya kekinian dan gaul.

Jika nanti kamu berumur 40-an dan anakmu menginjak usia 20 tahun. kamu akan terbiasa dengan mengikuti perkembangan zaman. Bisa jadi, jika kamu sedang menikmati weekend di mall bersama anakmu, kamu akan dianggap kakak adik oleh orang-orang yang melihat. Terbayang sekali ya betapa serunya jika kamu dan anakmu memiliki umur yang tidak terlalu jauh jaraknya. Satu hal lagi yang paling penting, di usiamu yang sekarang ini, kamu sudah melek akan teknologi. Hal ini, bisa kamu manfaatkan untuk mengawasi anak-anakmu nanti ketika sudah mengerti teknologi.

  1. Bebas Melakukan Apapun

Salah satu kesempatan yang diberikan pada pasangan menikah muda, adalah kesempatan melakukan apapun dengan bebas bersama-sama. Sebagai pasangan menikah muda, kamu dan pasangan pasti memiliki keinginan atau impian masing-masing. Dengan jiwa muda yang masih kamu dan pasangan miliki, hal tersebut tidak menjadi penghalang untuk mewujudkan impian. Kamu dan pasangan akan saling mengerti, tentang keinginan masing-masing. Biasanya, pada usia 20-an masih banyak hal-hal baru yang ingin dicoba. Kamu bisa melakukan hal-hal baru tersebut berdua dengan pasanganmu.

Travelling ke suatu tempat, biasanya menjadi salah satu impian yang ingin diwujudkan oleh kaula muda. Apabila kamu salah satunya, kamu bisa langsung menjadwalkan untuk travelling bersama pasanganmu. Mengabadikan momen bersama, menjelajahi tempat baru, menonton acara kebudayaan, dan masih banyak lagi. Lalu, momen-momen yang sudah kamu dan pasangan lewati disimpan pada album foto, akan menjadi kenangan manis untuk masa tua nanti.

foto prewedding

  1. Menjadi Lebih Bertanggung Jawab

Sebagian anak muda zaman sekarang, merasa ingin menikmati masa mudanya sendirian tanpa terbebani apapun. Masih banyak yang ingin menikmati jerih payah dari hasil kerjanya sendiri. Ingin berlibur kesana dan kemari, membeli barang ini itu, menghabiskan untuk kepuasan diri sendiri, berumah tangga belum terfikirkan olehnya. Dengan menikah muda, akan membuatmu lebih bertanggung jawab terhadap hidupmu. Ketika sudah menikah kamu dan pasanganmu sudah bukan tanggung jawab orang tua lagi. Dengan begitu kamu akan merasa keluarga kecilmu adalah tanggung jawabmu sendiri.

Setelah menikah, kamu dan pasangan akan melakukan kegiatan-kegiatan yang orang tua kamu lakukan dulu. Seperti, belanja bulanan, menata rumah, membersihkan rumah, memotong rumput, memasak dan masih banyak lagi. Semua itu sudah menjadi tanggung jawabmu sebagai seorang suami dan istri. Kamu harus menafkahi istrimu sebagai seorang suami, dan kamu harus memasak untuk suamimu sebagai seorang istri. Dengan menikah muda, kamu tidak akan larut dalam memuaskan keinginanmu saja. Kamu akan memikirkan kebahagiaanmu dan pasanganmu, maka kamu akan lebih bertanggung jawab demi rumah tanggamu.

Baca juga 8 Hal Yang Penting Dilakukan Setelah Menikah!

  1. Menjadi Pribadi Yang Lebih Dewasa

Menikah memang tidak hanya mengenai hal-hal yang indah saja. Seperti halnya kehidupan, menikah juga pasti akan didera berbagai macam permasalahan. Tidak peduli pada usia berapa kamu menikah, masalah pasti akan muncul dalam pernikahan. Hal ini menjadikan kamu dan pasangan menjadi pribadi yang lebih dewasa lagi. Menikah muda berarti membangun semuanya dari nol, melewati masa-masa muda bersama. Maka dari itu, kamu akan lebih mengerti pasangan masing-masing sejak awal. Salah paham, perbedaan pendapat, atau kesalahan lainnya yang dapat memicu permasalahan bisa kamu hadapi dengan baik.

Walaupun suamimu memiliki kebiasaan kentut sembarangan, suamimu tetap seseorang yang mendampingimu dan selalu menjagamu. Atau, istrimu yang terkadang masih menyimpan barang kesayanganmu di tempat yang salah. Istrimu tetaplah orang yang sama, yang selalu mendoakanmu di setiap langkahmu. Semua hal itu bisa mengingatkanmu pada setiap momen yang sudah kamu lewatkan bersamanya. Maka dari itu, kamu dan pasangan akan lebih bijak dalam menyikapi berbagai permasalahan yang menerpa rumah tanggmu. Dengan begitu kamu dan pasangan bisa dikatakan tumbuh dewasa bersama.

 

Jadi, setelah membaca apakah kamu siap untuk menikah muda? Perlu diingatkan lagi ya, jika kamu akan menikah pastikan kamu siap dan mantap untuk berumah tangga. Berapapun usiamu asalkan hatimu sudah mantap dan siap tunggu apa lagi. Abadikan momen prewedding dan pernikahanmu bersama Alienco Photo ya! Semoga bermanfaat!

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp