Cara Mengatasi Kekhawatiran Yang Berlebihan Menjelang Pernikahan

Cara Mengatasi Kekhawatiran Yang Berlebihan Menjelang Pernikahan

Cara Mengatasi Kekhawatiran Yang Berlebihan Menjelang Pernikahan

Memasuki usia dewasa, seringkali memiliki banyak kekhawatiran dalam menjalani hidup. Bahkan mungkin termasuk kamu, yang merasa khawatir tentang hari esok akan sepeti apa. Hal seperti itu memang wajar untuk usiamu, apalagi jika kamu akan menikah. Menjelang hari pernikahan, sudah dipastikan kamu dan pasangan akan dilanda perasaan resah dan gelisah. Dengan mempersiapkan acara pernikahan kamu, pertanyaan-pertanyaan seperti ini mungkin saja muncul di benakmu. Seperti,

“Apa budget yang aku punya cukup untuk pesta pernikahan?”

“Apakah makanan yang disajikan cukup untuk semua tamu undangan?”

“Jika nanti aku sudah berkeluarga, apa orang tuaku akan baik-baik saja?”

“Apakah nanti saat hari H semuanya akan berjalan lancar?”

“Apakah kehidupanku akan berubah setelah menikah?”

Masih banyak lagi pertanyaan dan kegelisahan yang melanda kamu dan pasangan saat mempersiapkan pernikahan. Jika pertanyaan-pertanyaan yang membludak di kepala itu mengganggu, dan menjadikan kamu berpikir yang tidak-tidak. Lebih baik kamu buang jauh-jauh pikiran seperti itu. Karena dengan berpikir negatif akan membuat kamu lebih resah dan menjadi tidak fokus dan tenang. Bahkan, konon katanya hal tersebut bisa membuat aura kecantikan dalam dirimu bisa memudar karena terlalu memikirkan hal negatif. Tapi jangan khawatir, kamu bisa mengikuti cara-cara di bawah ini, agar kamu bisa lebih mengontrol rasa resah dan gelisah menjelang pernikahan.

Buatlah Daftar Hal Apa Saja Yang Membuatmu Khawatir

Kamu bisa membuat daftar tentang semua hal yang kamu khawatirkan. Kamu bisa menuliskannya di laptop, smartphone, atau dalam buku, sesuai dengan kebiasaan kamu. Cobalah tuliskan dari hal yang besar sampai hal yang kecil sekalipun. Jika sudah kamu tuliskan, kamu akan menjadi lebih tenang, dan lebih tahu hal apa yang harus kamu tuntaskan terlebih dahulu. Dengan begitu, semuanya juga akan lebih teratur jika kamu menuliskannya. Setelah kamu tuntaskan kekhawatiran yang kamu tuliskan, jangan lupa untuk mencoretnya, menandakan kekhawatiran tersebut sudah kamu tuntaskan.

Lihat juga, 5 Tips Menabung Bersama Pasangan Untuk Pernikahan

Ceritakan Dengan Orang Yang Selalu Memberi Saran Positif

Jika kamu tipikal orang yang memiliki banyak teman, kamu bisa ceritakan kekhawatiran kamu kepada temanmu. Tapi, kamu harus hati-hati dalam memilih teman untuk berbagi cerita. Kamu pasti sudah tau teman mana saja yang selalu memberikan saran yang baik setiap kamu bercerita dengannya. Karena, jika temanmu memberikan saran yang baik dan selalu berfikir positif, otomatis secara tidak langsung temanmu akan memberikan energi positifnya kepada kamu. Selain teman, kamu juga bisa bercerita kepada keluarga atau saudara yang selalu berfikir positif.

Cerita Dengan Orang Yang Berpengalaman

Kamu pasti punya saudara atau teman yang sudah menikah kan? Kamu bisa menceritakan kekhawatiran yang sedang kamu alami kepada mereka. Karena mereka sudah melewatinya, mereka pasti pernah merasakan kekhawatiran yang sedang melanda kamu saat ini. Jadi, sudah dipastikan pula mereka puny acara sendiri untuk menghilangkan kekhawatiran tersebut, kamu bisa mendengarkan saran mereka selagi itu sesuai dengan kebiasaan kamu.

Diskusikan Dengan Pasangan

Jika sudah menceritakan kepada teman, jangan lupa untuk mendiskusikannya dengan calon suamimu. Sebaiknya jangan kamu pendam kekhawatiran kamu sendirian, tidak ada salahnya untuk berbagi kegelisahan dengan calon suamimu. Dengan begitu, kamu juga bisa mengetahui bagaimana cara calon suamimu bisa membuatmu lebih tenang dan tidak gelisah lagi. Usahakan disela-sela mempersiapkan pernikahan, kamu juga harus tetap memiliki quality time dengan pasangan. Kamu bisa mendiskusikannya dengan cara yang kalian suka, mungkin dengan makan malam atau hal lainnnya.

Baca juga, 5 Inspirasi Hobi Agar Makin Mesra Dengan Pasangan

Meditasi

Kamu bisa melakukan meditasi seorang diri, dengan meditasi kamu bisa mengontrol emosi yang ada dalam diri kamu. Kamu bisa melakukan meditasi ini setiap hari sebelum tidur. Jika kamu belum pernah bermeditasi sebelumnya, kamu bisa melihat di youtube tutorial untuk meditasi seorang diri. Dengan bermeditasi kamu akan lebih fokus dan lebih tenang

 

Jika semua cara sudah  kamu lakukan, jangan lupa untuk berserah diri pada Tuhan dan meminta pertolongan pada-Nya. Berdoalah sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan kamu. Karena, berdoa merupakan cara yang ampuh dan bisa membuat diri kamu menjadi lebih tenang. Selalu berfikir positif, dan yakinlah bahwa Tuhan kamu pasti memberikan hal yang terbaik untuk kamu. Baik itu untuk hari pernikahan kamu atau untuk kehidupan setelah kamu menikah dan berkeluarga. Semoga artikel ini bermanfaat!

 

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp