Cara Menetapkan Hari Baik Untuk Melangsungkan Pernikahan

Cara Menetapkan Hari Baik Untuk Melangsungkan Pernikahan

Cara Menetapkan Hari Baik Untuk Melangsungkan Pernikahan

Menentukan waktu yang tepat untuk melakukan pernikahan terkadang menjadi suatu hal yang sangat penting dalam sebuah rencana pernikahan. Banyak pertimbangan yang perlu diambil sebelum memutuskan kapan tepatnya sebuah acara pernikahan akan dilaksanakan. Apalagi untuk orang-orang tua yang masih berpegang teguh pada adat, penentuan hari pernikahan yang baik bisa melibatkan banyak pihak, dari para keluarga besar, para tetua, atau orang-orang yang dianggap pintar dan mengetahui kapan waktu yang paling tepat untuk sebuah hari pernikahan. Sebenarnya semua hari dapat dipilih untuk melakukan sebuah pernikahan. Ada yang berkeyakinan bahwa hari apa saja tetap baik untuk melaksanakan pernikahan. Asal dipersiapkan dengan baik maka kapanpun pernikahan dilaksanakan, maka akan dapat berjalan dengan lancar.

Musim

Kapan musim yang tepat untuk sebuah acara pernikahan diselenggarakan? Untuk negara kita, sebaiknya pernikahan dilakukan pada musim kemarau atau musim jarang hujan. Ya, karena hujan dapat berpengaruh terhadap pelaksanaan sebuah resepsi pernikahan. Hujan dapat menghalangi para tamu untuk hadir, atau mengurangi kenyamanan tamu yang hadir. Bahkan di musim hujan yang sampai menimbulkan banjir, sebuah acara pernikahan akan harus di jadwal ulang. Nah tentunya kamu tidak inginkan hal ini terjadi. Ada juga keyakinan bahwa bulan-bulan tertentu adalah bulan yang sangat baik untuk melakukan pernikahan. Namun demikian sebaiknya kamu pilih bulan-bulan yang benar-benar kemungkinan paling kecil terjadinya hujan atau angin.  Dengan demikian,  acara pernikahan kamu nantinya bisa dihadiri oleh para undangan, dan semua acara dapat berjalan tanpa halangan yang berarti.

Anggaran

Anggaran pernikahan juga bisa mempengaruhi kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan sebuah acara pernikahan. Biasanya pada musim-musim  sepi order pernikahan, beberapa vendor dapat memberi harga khusus dan diskon yang menarik, tetapi tentu fasilitas yang disediakan tidak ikut didiskon. Jadi tidak ada salahnya kamu memasukkan pertimbangan ini sebagai masukan untuk penentuan hari pernikahan kamu. Selain harga diskon dari vendor, kemungkinan juga tempat pelaksanaan lebih banyak tserdia jika kamu memilih penyelenggaraan di venue tertentu seperti gedung atau hotel. Bulan Mei sampai September menjadi bulan-bulan yang banyak dipilih.

Baca juga, Tips Ampuh Gelar Pernikahan Minim Budget

Spesial Day

Kamu bisa menentukan hari pernikahan kamu mengikuti hari-hari yang kamu anggap istimewa untuk pernikahan kamu. Mungkin berupa hari kamu pertama kali bertemu, hari ulang tahun, atau bisa juga kamu mengkaitkan dengan hari-hari yang juga mempunyai event istimewa, misalnya pada tahun baru, atau ada acara khusus yang diselenggarakan secara nasional.  Hari-hari yang khusus ini memudahkan kamu mengingatnya.

Waktu Libur

Pernikahan kamu dapat juga diselenggarakan di hari-hari libur. Pada hari-hari libur tertentu mungkin waktu yang tersedia oleh undangan untuk menghadiri pernikahan kamu akan lebih besar. Selain hari Sabtu atau Minggu, hari-hari libur yang sifatnya tidak besar, dapat kamu pertimbangkan. Tapi sebaiknya tidak bersamaan dengan hari-hari libur besar, seperti Idul Fitri, Idul Adha atau Natal, biasanya itu waktu yang pas untuk berkumpul bersama keluarga, jadi mungkin tamu menjadi agak malas mendatangi acara pernikahan kamu.

 

Selain hal-hal di atas, kamu juga harus mempertimbangkan waktu yang tersedia untuk kamu dan pasangan kamu. Pilih waktu yang benar-benar luang yang dapat dipenuhi oleh kedua pasangan.  Pada waktu acara pernikahan tentunya tidak nyaman jika kamu masih juga memikirkan pekerjaan yang belum selesai, urusan yang masih harus dikerjakan dan hal-hal lain. Pastinya tidak oke kan?

Demikianlah cara menetapkan hari baik untuk melangsungkan pernikahan dari kami. Semoga bermanfaat, ya!

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp