Biaya Pernikahan di Anjungan TMII Jakarta

Biaya Pernikahan di Anjungan TMII Jakarta

Biaya Pernikahan di Anjungan TMII Jakarta

Biaya Pernikahan di Anjungan TMII Jakarta – Taman Mini Indonesia Indah, sebagai kawasan wisata miniatur kebudayaan Indonesia memang memiliki daya tarik tersendiri untuk dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan pernikahan. Setidaknya ada 33 miniatur rumah adat mulai dari anjungan Aceh, anjungan Jawa Tengah, hingga Papua.

Lalu berapa sebetulnya harga sewa anjungan di TMII? Berikut ini akan kami rangkum harga sewa anjungan TMII yang paling sering diminati, yaitu Anjungan Jawa Tengah TMII dan Yogyakarta.

  1. Anjungan Jawa Tengah

biaya pernikahan di anjungan jawa tengah taman mini (TMII) alienco photo

Ketika kita sewa anjungan di taman mini, rata-rata pengelola hanya memperbolehkan satu pesta dalam satu hari. Ini keuntungan tersendiri sehingga Anda tidak perlu terburu-buru untuk bergantian. Untuk anjungan Jawa Tengah, dibuka penyewaan gedung untuk pesta pernikahan di hari Minggu. Daya tampung anjungan Jawa Tengah ini adalah 800 orang.

Biaya yang harus Anda persiapkan adalah sekitar Rp 15.000.000 hingga Rp 16.500.000 sudah termasuk pajak. Biaya tersebut belum termasuk harga tiket tamu masuk. Konsep yang ditawarkan dari anjungan ini adalah semi outdoor dimana terdapat pendopo untuk pelaminan dan taman anjungan untuk area catering.

Anjungan Jawa Tengah ini memperbolehkan Anda untuk menggunakan vendor atau rekanan catering dari luar. Namun tentu saja akan dikenakan biaya tambahan sekitar 10%. Berikut ini detail yang akan Anda dapatkan:

  • Pendingin Ruangan (Standing AC) sebanyak 8 buah dan kipas angin besar.
  • Sound System
  • Kursi lipat Futura sebanyak 100 buah
  • 2 Ruang untuk rias
  • Karpet merah untuk kirab atau jalanan pengantin
  • Panggung untuk pelaminan
  • Perangkat gamelan untuk dekorasi. (Jika ingin dimainkan, dikenakan biaya tambahan sekitar 4-5 juta. Anda juga boleh membawa pemain gamelan dari luar)
  • Pencahayaan dan listrik (genset)

Uniknya, meskipun Anda tidak menggunakan adat jawa untuk tema pernikahan, anjungan Jawa Tengah ini boleh digunakan dengan tema lain. Beberapa pengalaman sebelumnya adajuga yang mengadakan pesta dengan tema tradisional cina dan juga adat Sumatera. Jika Anda tertarik, Anda bisa menghubungi contact person anjungan Jawa Tengah yaitu (021) 8400220.

Artikel terkait : Daftar Anjungan TMII Yang Paling Sering Dijadikan Lokasi Prewedding

  1. Anjungan Yogyakarta

biaya pernikahan di anjungan jogja TMII alienco photo

Biaya Pernikahan di Anjungan TMII Jakarta. – Sekilas, venue ini bisa dibilang mirip dengan anjungan Jawa Tengah. Dari segi harga sewa, anjungan Yogyakarta ini lebih terjangkau yaitu sekitar Rp 9.000.000 untuk seharian. Ya, anjungan ini pun hanya memperkenankan adanya satu penyewa dalam sehari. Konsep yang ditawarkan juga semi outdoor dengan pendopo di tengah-tengah lokasi.

Hal yang membedakan, anjungan Yogyakarta hanya memperbolehkan kita menggunakan jasa catering dari rekanan yang mereka sediakan. Kapasitas atau daya tampung area ini sama dengan anjungan Jawa Tengah yaitu 800 tamu undangan. Berikut ini detailnya:

  • Sound System
  • Kursi lipat Futura sebanyak 100 buah
  • Ruang untuk rias full AC
  • Karpet merah
  • Perangkat gamelan untuk dekorasi. (ketentuan sama dengan anjungan Jawa Tengah)
  • Pencahayaan dan listrik

Harga  dan biaya di atas belum termasuk untuk hiburan jika Anda ingin menampilkan tari Jawa. Pihak pengelola juga menyediakan daftar narahubung untuk para pemain gamelan atau tari jika Anda membutuhkannya. Berikut ini nomor kontak yang bisa Anda  hubungi untuk anjungan Yogyakarta, (021) 8400525 atau 021-8409348/9.

” Biaya yang kami infokan tersebut bisa saja berubah sewaktu – waktu, maka dari pada itu untuk lebih detailnya bisa langsung menghubungi pihak TMII.”

Demikian informasi mengenai anjungan Jawa Tengah dan Yogyakarta, semoga bisa memberikan inspirasi dan gambaran jika Anda ingin mengadakan resepsi pernikahan di atas. Jangan lupa, selain kedua anjungan tersebut, masih banyak gedung-gedung di dalam TMII yang bisa Anda survey lho! Selamat hunting ya!