Biaya Penghulu Tangerang 50 ribu

Biaya Penghulu Tangerang 50 ribu

Biaya Penghulu Tangerang 50 ribu

Biaya Penghulu Tangerang – Kantor KEMENAG ( Kementerian Agama ) Kota Tangerang telah menjamin bahwa pihaknya tidak akan memberatkan anggaran biaya nikah khususnya bagi warga masyarakat yang tinggal di kota Tangerang. Hal tersebut sesuai dengan peraturan pemerintah yang telah mengatur ketetapa bahwa anggaran pernikahan yang masuk ke dalam khas negara sudah diatur secara jelas dan pasti.

prosesi akad nikah depok bogor jakarta

Kepala Seksi Pembinaan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang juga telah mengungkapkan bahwa mahalnya anggaran pernikahan bukanlah berasal dari kementerian agama, melainkan dari KUA (kantor urusan agama ). Biaya tersebut telah ditetapkan sebesar Rp. 50.000,00 dan tidak ada pihak penghulu yang boleh meminta lebih dari angka tersebut.

KUA tidak pernah meminta anggaran dana untuk biaya pernikahan yang lainnya, seperti : uang makan, biaya rokok, biaya administrasi dan yang lain sebagainya. Hal tersebut dikarenakan jenis – jenis anggaran itu tidak terdapat dan tidak diperbolehkan oleh Undang – Undang negara.

Biaya Penghulu Tangerang, dana sebesar Rp. 50.000,00 tersebut kemudian akan dimasukan ke dalam uang kas negara melalui PNBP ( Pos Pendapatan Negara Bukan Pajak ), lalu uang tersebut akan dikembalikan negara ke daerah yang bersangkutan dengan bentuk barang sesuai usuln pengadaan barang, seperti misalnya : buku catatan nikah, alat tulis kantor dan kebutuhan yang lain sebagainya.

KEMENAG kota Tangerang telah memberi larangan kepada seluruh warga masyarakatnya agar tidak memberikan uang transport dalam bentuk apapun kepada penghulu. Sebab, itu bukanlah sebuah kewajiban atau keharusan yang harus dilaksanakan. Namun, apabila pasangan yang bersangkutan memang berkenaan dan ikhlas dalam memberikan uang transport, maka hal tersebut diperbolehkan sebba juga bisa menjadi amal.

Para penghulu khususnya yang terdapat di kota Tangerang akan mendapatkan tunjangan dari pemerintah sebesar Rp. 125.000,00 sesuai dengan Perpres ( Peraturan Presiden ) No. 48 Tahun 2014 mengenai anggaran biaya pernikahan. Tunjangan tersebut akan diberikan kepada penghulu setiap kali mereka melakukan pencatatan nikah di KUA.

Itulah beberapa ulasan informasi yang semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi anda khususnya warga masyarakat yang tinggal di kota Tangerang mengenai Biaya Penghulu Tangerang.