Biaya Penghulu Dan Surat Nikah hanya 600 ribu

Biaya Penghulu Dan Surat Nikah hanya 600 ribu

Biaya Penghulu Dan Surat Nikah hanya 600 ribu

Biaya Penghulu Dan Surat Nikah – Pernikahan merupakan sebuah ikatan janji antara dua manusia yang diramaikan dengan maksud untuk meresmikan hubungan yang syah sesuai dengan ketentuan norma yang ada pada setiap negara dan kepercayaan dalam agama masing – masing. Di Indonesia sendiri, pernikahan merupakan sebuah peristiwa yang wajib disambut dengan bahagia yaitu dengan mengadakan pesta atau resepsi atau hajatan sesuai dengan tradisi yang dianut oleh setiap masyarakat.

prosesi akad nikah depok bogor jakarta

Di era modern seperti sekarang ini, Indonesia telah memberikan ketetapan hukum dan aturan mengenai pernikahan kepada setiap warga masyarakatnya. Pemerintah telah memberikan ketetapan biaya pernikahan kepada setiap masyarakatnya, yaitu sekitar Rp. 50.000,00 jika mereka mengadakan pernikahan melalui KUA, dan memberi ketetapan dana sekitar Rp. 600.000,00 apabila ada masyarakat yang ingin melaksanakan pernikahan di luar ( tanpa melalui ) KUA.

Biaya Penghulu Dan Surat Nikah, besarnya biaya pernikahan yang telah ditetapkan oleh pemerintah tersebut telah ditetapkan dalam PP ( Pemraturan Pemerintah ) dan telah mendapatkan konfirmasi serta persetujuan dari KEMENAG ( Kementerian Agama ), KEMENDAGRI ( Kementerian dalam negeri ), KEMENKO KESRA ( Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat ) serta KEMENKEU ( Kementerian keuangan ) yang mana menurut keputusan yang telah disepakati bersama bahwa biaya nikah yang harus di keluarkan oleh pasangan calon pengantin apabila mereka menikah melalui KUA yaitu sebesar Rp. 50.000,00.

Apabila petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan sudah tersusun rapi, maka uang yang masuk tersebut selanjutnya akan digunakan untuk membayar biaya operasional di KUA dan sebagian di berikan kepada penghulu. Namun, untuk warga masyarakat yang berada dalam keadaan kurang mampu atau miskin, pemerintah juga telah menyiapkan anggaran dana tersendiri bagi siapa saja warga masyarakat yang memenuhi persyaratan dan kriteria sebagai masyarakat yang tergolong miskin.

Dana pernikahan masyarakat yang melakukan akad di luar KUA memang sengaja di tingkatkan menjadi Rp. 600.000,00 dari angka sebelumnya yang hanya mencapai Rp. 350.000,00 – Rp. 400.000,00. Hal ini bertujuan agar KUA yang terdapat di setiap wilayah masyarakat dapat melakukan renovasi pembangunan menjadi lebih baik lagi, guna meningkatkan fasilitas yang akan di gunakan dan di nikmati oleh setiap warga masyarakat itu sendiri.

Saat ini tercatat terdapat sebanyak 8.839 penghulu yang ada di seluruh wilayah di Indonesia. Dan 5.382 KUA yang terdapat di seluruh wilayah di Indonesia. Pembagian besaran wilayah operasional terhadap penghulu dan KUA nantinya akan ditetapkan oleh peristiwa di suatu wilayah berdasarkan kepada penggolongan wilayah, mulai dari daerah terpencil, pegungungan hingga kepulauan.

Dengan adanya pembaharuan biaya pernikahan tersebut, maka dapat dipastikan bahwa para petugas KUA atau penghulu akan mendapatkan upah atau imbalan jasa dari pencatatan pernikahan sebesar Rp. 7.000.000,00 setiap bulannya. Itulah informasi yang semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi anda mengenai Biaya Penghulu Dan Surat Nikah.

 

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp