ATURAN SANGJIT DALAM ADAT CINA? YUK SIMAK PENJELASANNYA!

ATURAN SANGJIT DALAM ADAT CINA? YUK SIMAK PENJELASANNYA!

Aturan Sangjit Adat Cina

Aturan sangjit adat Cina memiliki makna yang dalam pada setiap tahapnya. Pengertian sangjit berasal dari kata sang jit-thau-a atau disingkat sang jit yang berarti dimana pihak keluarga pria mengirimkan surat kepada pihak wanita yang berisikan nama anggota keluarga. Juga tanggal menggunting pakaian, tanggal menjahit pakaian, tanggal menghantar panjar, tanggal merias kamar pengantin, dan tanggal menikah. Namun definisi sangjit saat ini lebih dekat maknanya kepada anter panjer (adat Melayu) atau seserahan (adat Sunda). Berarti memberikan hantaran uang dan barang kepada pihak wanita. Sangjit dan lamaran, kini pun memiliki arti yang berbeda tipis karena kerap kali dilakukan secara bersamaan.

Penjelasan Tradisi Chinese Sangjit

Hantaran Sangjit

Barang hantaran sangjit atau barang untuk sangjit yang dipersiapkan oleh mempelai pria adat cina yang ingin meminang mempelai wanita. Antara lain:

  • serangkaian perhiasan
  • peralatan kecantikan
  • pakaian mempelai wanita 1 stel
  • sepasang sepatu
  • uang angpao (uang susu dan uang pesta)
  • 3 buah nampan berisi buah apel, jeruk atau pear dengan jumlah mengandung unsur angka 8 (delapan). Dipercayai memiliki arti keberuntungan seperti 8, 18, 28, dst.
  • 2 pasang lilin besar motif naga atau burung yang diikat dengan pita merah agar dapat menghalau unsur negatif
  • sepasang kalengan kaki babi dan kalengan kacang polong dengan jumlah 8 kaleng
  • kue mangkok merah sebanyak 18 buah
  • 2 botol arak (champagne atau wine) yang nantinya akan ditukar dengan sirup merah oleh pihak wanita

Perlengkapan sangjit atau  Perlengkapan sangjit lamaran yang dihantarkan oleh pihak mempelai pria akan mendapatkan beberapa tindakan sambutan dari pihak mempelai wanita diantaranya adalah ketika mempelai pria pulang, pihak mempelai wanita akan memberikan satu stel pakaian untuk mempelai pria, dompet dan perlengkapan pria lainnya, diberikan pula permen atau coklat yang rasanya manis, ibu mempelai wanita akan memberikan angpao kepada para pembawa nampan dari pihak pria, memberikan kue-kue untuk dibawa pulang bahkan ada juga yang memberikan pakaian untuk orang tua, namun pemberian pakaian orang tua ini juga dapat diberikan saat tea pai.

Pada perlengkapan sangjitan atau perlengkapan untuk sangjit terdapat dua jenis uang angpao, yang membedakan antara uang susu dan uang pesta (sangjit) adalah kalau uang angpao diambil semua sedangkan uang pesta diambil sebagian oleh pihak mempelai wanita.  Itulah yang menjadi Aturan sangjit adat Cina dan menjadi Ketentuan sangjit. Anda dapat membeli Isi hantaran sangjit atau Isi seserahan sangjit tersebut secara terpisah (pada toko yang berbeda), namun kini telah banyak toko yang khusus Jual perlengkapan sangjit. Toko tersebut menjual beraneka ragam keperluan sangjit, bahkan toko tersebut juga menyediakan keranjang sangjit atau kotak sangjit.

Menghias Sangjit

Dan untuk menyempurnakan Sangjit ceremony anda, hantaran sangjit tersebut perlu diberikan hiasan dan untuk mengetahui cara menghias sangjit anda dapat melihat pada video tutorial menghias sangjit berikut ini. Selain mengikuti video tutorial menghias sangjit, anda juga dapat mencari berbagai inspirasi melalui contoh foto sangjit adat cina. Engagement sangjit merupakan moment yang menyenangkan dan menegangkan bagi kedua mempelai. Karena mempelai pria menanti jawaban lewat simbol penerimaan sangjit yang diberikannya.

Apabila sangjit diterima sepenuhnya atau seluruhnya hal itu berarti seluruh tanggung jawab atas mempelai wanita diberikan kepada mempelai pria. Dengan artian bila ada permasalahan rumah tangga nantinya pihak keluarga mempelai wanita tidak boleh ikut campur. Sedangkan bila sebagian dikembalian melambangkan pihak keluarga mempelai wanita masih diperbolehkan turun tangan saat ada konflik besar dalam rumah tangga mempelai.

Prosesi sangjit runtutannya adalah saat pihak mempelai pria datang membawa sangjit mempelai wanita tengah berkumpul bersama dengan kerabat dan sahabat wanita yang masih single. Setelah sangjit diterima, pihak mempelai wanita dipersilahkan makan sedangkan mempelai wanita disibukan dengan sangjit yang diberikan. Inilah jawaban dari pertanyaan kapan sangjit dibuka.

Itulah Aturan sangjit adat Cina yang telah menjadi bagian dalam kultur budaya Indonesia. Semoga bermanfaat dan selamat berbahagia.