Menikah Tahun 2020? Harus Tau Tentang Aturan Baru Ini!

Menikah Tahun 2020? Harus Tau Tentang Aturan Baru Ini!

Aturan Baru Jika Menikah Tahun 2020

Apakah kamu termasuk calon pengantin yang akan menikah tahun 2020 ini? Saat mempersiapkan pernikahan bukan hanya pernak-pernik pernikahan yang perlu direncanakan dengan baik. Kamu tentu tau ada syarat administrasi yang harus dilakukan. Persyaratan administrasi ini penting agar pernikahanmu dan pasangan menjadi sah dan legal di mata hukum. Ada yang perlu kamu ketahui nih, bahwa persyaratan untuk pasangan yang akan menikah tahun 2020 sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Persyaratan tambahan tersebut adalah Sertifikasi Pranikah, yaitu pasangan yang akan menikah harus melakukan bimbingan pranikah terlebih dahulu. Program ini berupa konseling mengenai berbagai hal terkait pernikahan. Pasangan juga harus melakukan pemeriksaan kesehatan, nah untuk pemeriksaan kesehatan ini bukan hal baru ya. Karena memang diwajibkan, untuk menghindari penyakit-penyakit yang bisa menular atau faktor lain yang merugikan jika diketahui setelah menikah. Program Bimbingan Pranikah ini merupakan bentuk kerjasama beberapa kementrian. Adapun kementrian yang terlibat, yaitu Kementrian PMK, Kementrian Kesehatan, Kementrian Agama, dan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Program Bimbingan Pranikah

Jika biasanya kamu langsung mengurus administrasi di kantor KUA atau catatan sipil dengan membawa KTP, KK, dan lain-lain. Berbeda dengan tahun ini. Sebelum mengurus lebih lanjut persyaratan nikah yang lain, utamanya kamu harus punya sertifikat pranikah. Kamu bisa mendapatkannya setelah melakukan konseling selama 3 bulan. Konseling tersebut berisi mengenai pengetahuan tentang pernikahan. Jika salah satu dari kamu dan pasangan tidak lolos konseling tersebut, sangat disayangkan tidak bisa lanjut menikah.

menikah tahun 2020

Fungsi Program Bimbingan Pranikah

Proses untuk menikah tahun 2020 karena Program Bimbingan Pranikah ini mungkin bagi beberapa pasangan cukup ribet ya. Apalagi bagi kalian yang sibuk dengan pekerjaan dan karir. Waktu 3 bulan tidak lah sebentar, terlebih masih banyaknya hal yang harus dipersiapkan untuk menikah.

Namun, Program Bimbingan Pranikah ini juga memiliki fungsi lain lho. Tidak hanya penting untuk pembekalan pernikahan saja, pembekalan mengenai kesehatan reproduksi pasangan juga didapatkan di bimbingan konseling ini. Hal ini diperlukan untuk para pasangan mengetahui kondisi kesehatan fisik dan mental sebelum memiliki anak.

Baca juga,

Menikah di Venue Outdoor saat Musim Hujan? Ini Dia Tipsnya!

Nah, sekiranya itu saja yang bisa Minco sampaikan tentang Program Bimbingan Pranikah untuk kalian pasangan yang akan menikah tahun 2020 ini. Apa tanggapan kalian tentang Program Bimbingan Pranikah tersebut? Yuk sharing pendapat kalian di kolom komentar ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

View this post on Instagram

Dua Insan Cinta bukan hanya tentang bersatunya antara tuan dengan puan Namun tentang rasa, yang tersampaikan secara jujur entah tersirat maupun tersurat Terima kasih untuk segala rasa yang telah hadir Terima kasih sudah mengizinkan kami menjadi menjadi saksi kisah antara keduanya Melalui canda, tawa, dan tangis Terima kasih telah berbagi rasa Semoga kau, aku, dan kita menjadi lebih baik di awal yang baru Thank you to all lovely couples // to all team// to all vendor // to all memories Selamat datang 2020 . Puisi @kata.puan . #bridestory #weddingku #thebridedept #junebug #weddingphotography #happynewyear #welcome2020 #lovestory #weddingvideo #weddingphotographer #aliencophoto #aliencopictures #aliencovideo #katapuan #kitadanmakna #jakartaweddingvendor #showreel2019 #photoreel2019

A post shared by Wedding photographer jakarta (@aliencophoto) on