Arti di Balik Pasang Padi atau Tuwuhan di Dalam Prosesi Siraman

Arti di Balik Pasang Padi atau Tuwuhan di Dalam Prosesi Siraman

Arti di Balik Pasang Padi atau Tuwuhan di Dalam Prosesi Siraman

Dalam pernikahan banyak sekali prosesi yang akan di lalui oleh pengantin, disini kami akan mencoba mengulas mengenai Arti di Balik Pasang Padi atau Tuwuhan di Dalam Prosesi Siraman. Tumbuhan padai merupakan lambang dari kehidupan pokok dari masyarakat jawa yang memang sebagian besar hidupnya dari pekerjaan bertani. Di samping itu juga tumbuhan padi ini dalam adat kepercayaan jawa mempunyai hubungan yang erat dengan Dewi Sri yang di Anggap sebagai Dewi rumah tangga atau dewi kesuburan. Melalui simbol padi, orang tua disini mengharapkan kehidupan yang bahagia dari kedua mempelai tersebut.

contoh foto siraman jawa modern jasa tengah yogyakarta
alienco.net

Arti di Balik Pasang Padi atau Tuwuhan di Dalam Prosesi Siraman selain padi dalam Tuwuhan prosesi siraman tersebut bukan hanya pasang padi saja tetapi ada hal yang lainnya diantaranya:

Pohon pisang raja yang buahnya sudah masak. Maksud dari dipilih pisang yang sudah masak adalah, di harapkan dari pasangan tersebut setelah menikah telah memiliki pemikiran dewasa atau telah masak. Sedangkan pisang raja ini mempunyai makna pengharapan agar pasangan yang akan di nikahkan tersebut kelak mempunyai kemakmuran, kemuliaan dan kehormatan seperti halnya Seorang raja.

Simbolis berikutnya dalam acara tuwuhan dengan menggunakan Tebu wulung berwarna merah. Tebu ini di maknakan sebagai sumber rasa manis, ini di gunakan untuk melambangkan kehidupan yang serba enak. Sedangkan makna wulung bagi orang jawa berarti sepuh ataupun tua. Setelah memasuki jenjang perkawinan di harapkan kedua mempelai mempunyai jiwa yang sepuh yang selalu bertindak dengan kebijaksanaan.

Kemudian Cengkir Gading ,ini merupakan simbol dari kandungan sebagai tempat jabang bayi atau lambang keturunan, kemudian daun r

andu ini di simbolkan juga sebagai sandang dan juga pari sewuli yang memunyai arti pangannya selalu tercukupi, yang terakhir adalah gohong apa-apa ataupun bermacam-macam dedaunan seperti halnya daun beringin yang melambangkan pengayoman dengan harapan terbebas dari segala halangan.

Demikian Arti di Balik Pasang Padi atau Tuwuhan di Dalam Prosesi Siraman, yang banyak mengandung makna, semoga ini dapat menambah wawasan pengetahuan kita semua.

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp