Apakah Arti Dari Pelepasan Balon Pasca Pemberangkatan Pernikahan? Simak Ulasannya!!!

Apakah Arti Dari Pelepasan Balon Pasca Pemberangkatan Pernikahan? Simak Ulasannya!!!

Arti Dari Pelepasan Balon Pasca Pemberangkatan Pernikahan

Arti Dari Pelepasan Balon Pasca Pemberangkatan Pernikahan – Saat hadir ke suatu pernikahan setiap rangkaian acaranya menarik untuk disimak. Pada tiap acara memiliki makna yang dalam dan keunikannya sendiri. Pasti kamu pernah melihat pelepasan balon kan di akhir acara? Biasa dilakukan pasca pemberangkatan pernikahan. Tapi, tak sedikit dari kita yang kurang mengetahui makna dan maksud dari acara tersebut, kan? Kali ini Alienco akan menjelaskan mengenai arti dari pelepasan balon pasca pemberangkatan pernikahan, dan arti pernikahan itu sendiri. Yuk simak langsung penjelasan di bawah ini :

Makna Pernikahan

Apa sih artinya pernikahan?

Kebanyakan orang akan menjawab proses bersatunya dua hati menjadi satu. Ada juga yang menjawab pernikahan adalah resminya dua orang menjadi pasangan suami dan istri. Memang secara prosesnya memang itu artinya.

Namun, jika dimaknai secara harfiah, pernikahan adalah tentang kebersamaan, rasa hormat, menghargai, dan kerjasama. Dua orang yang benar-benar berbeda, tidak 100% sama secara sifat dan fisiknya pasti. Pada prosesnya keduanya perlahan saling membersamai, menghormati, menghargai, dan bekerja sama untuk rumah tangganya.

Pernikahan juga tentang pengertian dan memahami. Kedua pengantin saling mengerti perbedaan masing-masing. Memahami kekurangan satu sama lain. Saling menghargai atas waktu, perasaan, dan keinginan pasangan.

Tentunya setiap pasangan akan memaknai pernikahan mereka berbeda dengan pasangan yang lain. Semua makna tersebut seiring berjalannya waktu akan menjadi pegangan mereka dalam kehidupan berumah tangga. Ada yang memaknai pernikahan adalah komunikasi secara jujur dan terbuka. Sepasang pengantin harus bersedia membuka hati berbagi pemikiran terdalam dengan rendah hati dan leluasa.

Sedangkan pasangan lain memaknai pernikahan adalahberdoa kepada Sang Kuasa dengan bersama-sama. Ketika sudah menikah maka baik suami maupun istri harus dapat menjaga kesucian pernikahan. Diharapkannya tidak ada dinding pemisah dalam suatu kehidupan rumah tangga.

Ada juga yang memaknai pernikahan sebagai pengorbanan. Suami dan istri saling menjaga cinta mereka sampai kapanpun sehingga adakalanya salah satu dari mereka harus mau mengalah demi membahagiakan pasangannya.

Wah, dari arti pernikahannya sendiri banyak sekali makna mendalam yang sangat menarik ya. Begitu pula dengan arti pelepasan balon pasca pemberangkatan pernikahan. Untuk itu simak ya maknanya di bawah ini :

Makna Pelepasan Balon

Pasca pemberangkatan pernikahan, biasanya masih ada kegiatan lagi nih. Biasanya di akhir acara pengantin, tamu undangan, dan keluarganya akan berkumpul di halaman depan gedung pernikahan. Setelah itu akan ada pelepasan burung merpati putih oleh kedua pengantin. Diikuti dengan pelepasan balon yang dilakukan bersama dengan keluarga dan para tamu undangan.

 

pelepasan burung merpati

Balon yang dilepaskan pun tidak memiliki ketentuan kok. Warnanya boleh beragam, begitu pula bentuknya. Semua disesuaikan dengan selera pengantin dan dekorasi pernikahan. Jumlahnya biasanya cukup banyak. Sekerumun balon akan dipegang oleh pengantin. Beberapa buah balon satuan akan dipegang oleh keluarga dan beberapa tamu.

Makna dari balon sendiri hanya sebagai metafora. Menurut Terry Pratchett, seorang penulis dari Inggris, memaknai balon ini sebagai sesuatu yang harus dilepaskan. Sebuah analogi untuk menggambarkan seseorang yang akan melepaskan masa lalunya. Kemudian bergerak maju demi masa depan yang baru bersama pasangan hidup.

Arti lain dari balon ini adalah make a wish. Beberapa ungkapan mengatakan balon akan membawa harapanmu ke langit untuk dikabulkan. Jadi semua yang melepaskan balon di acara pernikahan, bersama mendoakan kebaikan pengantin. Meskipun hanya sebagai metafora, namun maksud baik dari hal ini tentu sangat baik.

 

Sebenarnya, pelepasan balon ini lebih seperti menjaga tradisi. Pelepasan balon pasca pemberangkatan pernikahan ini juga boleh kok kalau tidak dilakukan. Semua adalah keputusan pengantin masing-masing bagaimana akan menutup hari bahagianya tersebut. Toh peristiwa pelepasan balon pasca pemberangkatan pernikahan sangat cantik untuk diabadikan! Seperti beberapa foto klien Alienco di bawah ini :

Baca juga Hal Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Menentukan Wedding Organizer

Cek juga instagram @aliencophoto

Nah, menarik sekali kan arti pelepasan balonnya. Ternyata semendalam itu makna pernikahan dan arti pelepasan balon pasca pemberangkatan pernikahan. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp